0
Ternyata ada cukup banyak jenis asuransi dan manfaatnya. Setidaknya ada 10 macam jenis asuransi dan 10 manfaatnya yang di tawarkan kepada anda oleh perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Artikel tentang 10 jenis asuransi dan manfaatnya ini kami bagikan informasinya untuk anda guna menambah pengetahuan dan pengalaman tentang dunia asuransi.

Setelah mengetahui tentang 10 jenis asuransi yang ada di Indonesia ini kami harapkan Anda dapat mengambil keputusan di mana Anda akan mengambil asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena bagaimana pun "sedia payung sebelum hujan" sangat penting.

Sebagaimana telah di maklumi bahwa berjaga-jaga dari suatu keadaan yang tidak di inginkan adalah lebih utama di bandingkan menyesali suatu keadaan. Seperti menjaga kesehatan lebih penting dari mengobati. Asuransi ada untuk menutupi hal tersebut.
Memilih produk asuransi yang akan di gunakan tentu saja harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan premi asuransi yang nantinya harus Anda bayarkan kepada pihak perusahaan asuransi di mana Anda memiliki polis asuransi.

10 Jenis Asuransi dan Manfaatnya


1. Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan kesehatan bagi pemegang polis asuransi.

Tertanggung asuransi berdasarkan polis asurasi yang di miliki akan di berikan perlindungan biaya dari segala biaya berbagai macam penyakit dan perawatan ketika sakit.

Biasanya pembiayaan dan rumah sakit yang di tunjuk oleh pihak asuransi telah di tentukan sebelum polis asuransi di tanda tangani atau di sepakati oleh pihak pemegang polis asuransi dan pihak perusahaan yang mengelola jasa asuransi.

Beberapa jenis proteksi yang didapat oleh nasabah asuransi yang mengikuti program asuransi jenis kesehatan seperti kecelakaan, cedera, cacat permanen, sakit hingga terjadi kematian.

2). Asuransi Kendaraan, Mobil dan Motor
Jenis asuransi kendaraan ini sangat bermanfaat untuk Anda sebagai pemilik kendaran seperti mobil atau motor. Terlebih lagi saat ini di mana tingkat kejahatan pencurian mobil dan pencrian atau pembegalan motor semakin banyak terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan mengikuti jenis asuransi kendaraan mobil dan motor Anda dapat meminimalisir kerugian yang akan Akan alami jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan oleh kendaraan mobil atau motor yang Anda miliki.

Biasanya ganti rugi jenis asuransi kendaraan ini cukup luas. Meliputi kerusakan body kendaraan motor dan mobil seperti goresan di mobil dan kehilangan kaca spion. Kehilangan audio di dalam mobil dan kehilangan unit mobil atau motor yang di sebabkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan lain sebagainya.

Dengan memiliki jenis asuransi kendaraan Anda akan memiliki perlindungan dari kejadian-kejadian yang tidak Anda harapkan seperti apa yang telah kami gambarkan pada tulisan di atas.

3). Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti
Jenis asuransi kepemilikan rumah dan properti ini tidak kalah pentingnya di bandingkan dengan jenis asuransi lainnya.

Jenis asuransi ini akan memberikan perlindungan yang maksimal kepada aset rumah dan properti yang Anda miliki.

Dengan memiliki jenis asuransi kepemilikan rumah dan properti ini Anda akan terlindungi dari kemungkinan rugi dari bahaya yang mengancam rumah dan properti Anda.

Tertanggung sebagai nasabah jenis asuransi ini diberikan polis untuk ganti rugi ketika sebuah bangunan rumah atau properti lain yang di asuransikan di timpa musibah yang tidak di sengaja seperti kebakaran.

Maka dengan adanya jenis asuransi kepemilikan rumah dan properti anda akan aman ketika musibah datang, kekhawatiran tidak memiliki dana untuk membangun rumah yang baru akan di bantu oleh pihak asuransi bila terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan terjadi pada rumah atau properti lain yang Anda miliki.

4). Asuransi Jiwa
Di lihat dari jenisnya Anda pasti sudah dapat menebak jenis asurasi ini? Ya, Jenis asuransi jiwa adalah suatu jenis asuransi yang menawarkan proteksi atau perlindungan yang menitikberatkan kepada fisik dan jiwa nasabahnya.

Jenis asuransi jiwa menawarkan perlindungan dan proteksi kepada pemegang polis asuransi jiwa. Namun demikian jenis asuransi jiwa ini juga dapat di wariskan kepada ahli waris pemegang polis asuransi ini.

Asuransi jiwa memberikan proteksi sebelum atau sesudah kematian kepada tertanggung sebagai pihak pemegang polis asuransi.

Namun hal ini dapat terjadi tergantung kepada perjanjian awal apakah klaim asuransi dapat di ambil sebelum terjadi kematian atau sesudahnya.

Selain itu pemegang polis asuransi jiwa juga dapat memberikan polis asurasni untuk pemegang polis asurasni itu sendiri atau untuk orang ketiga seperti dari pihak keluarga istri atau anak.

Pencairan dana polis asuransi jiwa ini dapat di klaim untuk dirinya sendiri sebelum kematian.

Maksudnya bila perjanjian asuransi menyatakan bahwasanya klaim asuransi akan di bayarkan setelah pemegang polis asuransi berusia 60 tahun maka walaupun tidak terjadi kematian klaim asuransi dapat di terima oleh pemegang polis asuransi sesuai perjanjian yang telah di buat oleh pihak asuransi.

Apabila klaim asurani di lakukan setelah pemegang polis asuransi meninggal maka klaim asuransi dapat di lakukan oleh pihak keluarga tertanggung yang di tinggalkan. Seperti jika pemegang polis asuransi memberikan hak klaim asuransinya kepada ahli waris.

5. Asuransi Pendidikan
Asuransi jenis ini paling banyak di minati oleh tertanggung untuk pihak ketiga yaitu anak. Dengan asuransi jenis ini orang tua sebagai pihak tertanggung membayar premi bulanan untuk buah hatinya di tahun yang di tetapkan untuk dapat membiayai sekolah yang lebih tinggi.

Dengan kesadaran para orang tua yang semakin tinggi untuk dapat menyekolahkan anaknya pada tahun-tahun mendatang ke tingkat lebih tinggi yang telah di tentukan akan mahal. Maka para orang tua dapat mengambil jenis asuransi pendidikan ini untuk memberikan perlindungan pendidikan kepada anak sekalipun orang tua nantinya tidak ada/meninggal.

Dengan mengikuti asuransi pendidikan atas nama seorang anak maka orang tua akan mendapatkan polis berupa uang dana pendidikan untuk anaknya bila nanti di butuhkan untuk dapat menimba ilmu di jenjang yang lebih tinggi. Baik di dalam negeri maupun di luar negri.

Walaupun misalnya orang tua tidak memiliki umur panjang dengan mengikuti program asuransi pendidikan orang tua tetap dapat memberikan pendidikan kepada anak karena anak telah mendapatkan perlindungan dari pihak asuransi.

Polis asuransi pendidikan sendiri berbeda-beda tergantung dari premi yang di bayarkan tiap bulannya. Hal ini juga di sesuikan untuk jenjang pendidikan apa dan di mana tempatnya ( seperti pendidikan di luar negeri dan di dalam negeri ) .

6). Asuransi Bisnis
Jenis asuransi bisnis adalah salah satu layanan dari perusahaan asuransi yang memberikan proteksi atau perlindungan terhadap kemungkinan suatu kerugian, kehilangan, kerusakan terhadap suatu bisnis yang Anda asuransikan.

Perlindungan dari kerusakan yang di berikan dari jenis asuransi bisnis ini dapat berupa perlindungan dari kerusakan dan penggantian seperti di akibatkan oleh ledakan, gempa bumi, angin topan atau angin ribut, petir, dan kebakaran.

Di samping dapat memberikan perlindungan harta benda jenis asuransi bisnis ini juga dapat mencakup perlindungan terhadap karyawan perusahaan seperti untuk meningkatkan mutu kesehatan karyawan.

7). Asuransi Perjalanan
Jenis asuransi perjalanan cukup di butuhkan bagi Anda yang relatif sering berpergian jauh untuk memberikan proteksi bagi pemegang polis asuransi perjalanan.

Jenis asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan dari berbagai macam kemungkinan yang terjadi seperti kecelakaan.

Pertanggungan berupa perawatan yang di berikan oleh pihak perusahaan kepada pemegang polis asuransi biasanya hanya dalam jangka waktu yang pendek.

Jenis asuransi perjalanan ini hanya memberikan perlindungan dari mulai berangkat hingga pulang dari sebuah perjalanan.

Besarnya biaya perawatan yang akan di dapatkan oleh pemegang polis asuransi sesuai dengan perjanjian dan premi yang di bayarkan.

8). Asuransi Kelautan
Jenis asuransi kelautan ini dikhususkan untuk para pengangkut dan pemilik kargo. Dalam asuransi kelautan ini pertimbangan resiko sangat di utamakan.

Alasannya antara lain adalah karena lintas lautan dalam sebuah pelayaran kapal mungkin saja akan terjadi sebuah kecelakaan yang dapat terjadi pada penumpang kapal, kerusakan barang waktu pengiriman, atau kerusakan pada kapal.

Dengan mengikuti asuransi kelautan maka akan ada perlindungan yang akan di terima oleh pemilik polis jika ada suatu peristiwa yang tidak di inginkan..

9). Asuransi Umum
Jenis asuransi umum memberikan proteksi terhadap resiko kerusakan dan kehilangan yang di lakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Manfaat mengikuti jenis asuransi umum ini adalah pemilik polis asuransi akan mendapatkan adanya suatu jaminan perlindungan terhadap suatu resiko kehilangan dan kerusakan yang di buat oleh oknum orang-orang yang tidak bertanggung jawab selama kurun waktu tertentu seperti 1 tahun misalnya.

Asuransi umum ini terbagi atas asuransi jaminanan sosial dan asuransi sukarela.

10). Asuransi Kredit
Jenis asuransi kredit memberikan proteksi kepada pihak Bank atau lembaga keuangan dalam resiko kegagalan debitur untuk melunasi sejumlah uang yang di pinjam nasabah.

Jenis asuransi kredit ini memberikan perlindungan kepada pihak Bank atau lembaga keuangan lain untuk memberikan keamanan terhadap suatu bisnis keuangan seperti kredit yang di berikan pihak Bank kepada seorang nasabah.

Jika seorang nasabah misalnya tidak dapat mengembalikan dana yang di pinjamnya kepada pihak Bank maka pihak Bank akan mendapatkan perlindungan dari jenis asuransi ini.

Penyalur perkreditan untuk jenis asuransi kredit di Indonesia di pegang oleh PT Asuransi Kredit Indonesia.

Demikian artikel tentang 10 jenis asuransi dan manfaatnya ini kami buat semoga bermanfaat. Salam

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top