0
Ada cukup banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menggunakan akun anonim di sosial media. Anda yang membaca artikel ini mungkin juga telah mengetahuinya. 

Dari analisa kami tentang hal ini setidaknya ada 4 alasan utama mengapa seseorang memilih menggunakan akun anonim di sosial media untuk mengekspresikan dirinya.

Rimba belantara internet yang terbuka lebar dan luas memberi kesempatan kepada siapa saja untuk dapat menunjukkan dirinya di beragam platform media sosial tidak pandang siapa.


Apakah kamu pernah mempunyai akun anonim di sosial media? Atau mungkin saat ini kamu masih menggunakannya??

Kami yakin, hampir setiap dari kita semua yang mempunyai akun di sosial media seperti facebook, twitter dan platform media sosial lain pernah melihat akun anonim kalau tidak memilikinya.

Pada kesempatan artikel kali kami akan memberikan opini tentang 4 alasan utama mengapa ada orang-orang memilih identitas anonim di sosial media.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang alasan menjadi anonim di sosial media mari ketahui terlebih dahulu definisi anonim itu sendiri.

Definisi Anonim 


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, KBBI, yang di maksud dengan anonim adalah tanpa nama, tidak beridentitas, tidak ada penandatanganannya.

Bila di jelaskan dalam konteks akun anonim di media sosial, akun anonim adalah sebuah akun yang di buat dan atau di gunakan oleh seseorang atau sekelompok orang dr dengan tidak menggunakan identitas sebenarnya.

Akun anonim di sosial media dapat menggunakan username, avatar, bio dlsbnya yang sama sekali tidak menunjukkan identitas riil pemiliknya.

Di dunia internet sebagaimana kita ketahui, Kita semua dapat menjadi apa saja dan siapa saja. Oleh karenanya menjadi seorang yang anonim merupakan sesuatu hal yang biasa saja. Setidaknya menurut kami pribadi.

Akan tetapi dapat menjadi sesuatu yang tidak biasa jika keanoniman tersebut di jadikan sebagai upaya untuk berbuat kejahatan kepada orang lain.

Inilah mengapa para ahli internet menyatakan, bahwa kehidupan di internet mengandung resiko. Semakin ingin merasa aman dan nyaman maka langkah yang di ambil berbanding lurus.

Artikel kali ini tidak membahas tentang resiko menggunakan internet, melainkan akan membahas tentang alasan-alasan individu tertentu untuk memilih indentitas anonim di sosial media. 

Di antara cukup banyak alasan pengguna akun sosial media memilih menjadi anonim kami yakini ada 4 alasan utama. 

4 Alasan Menjadi Anonim di Sosial Media


Alasan pertama:
Malu; Rasa malu yang cukup besar bagi individu-individu tertentu, membuat mereka yang ingin menggunakan sosial media menyembunyikan identitasnya dengan menggunakan identitas anonim.

Alasan Kedua:
Rendah Hati; Dalam hal-hal tertentu sikap rendah hati dari seseorang akan membuat seseorang memilih untuk menggunakan identitas anonim dalam melakukan interaksi dengan individu lain di sosial media.

Alasan KeTiga:
Rasa Aman; Terkadang melakukan interaksi di sosial media mengandung resiko-resiko tertentu yang mungkin di anggap akan dapat membahayakan jiwa pemilik akun.

Oleh karenanya ada sebagian individu yang memutuskan untuk menggunakan identitas anonim di sosial media dalam rangka untuk melindungi dirinya.

Alasan Keempat:
Ingin berbuat jahat; Alasan untuk memilih identitas anonim juga dapat di lakukan oleh seseorang, yang memang sejak awal mereka menggunakan sosial media, telah memiliki rencana untuk melakukan suatu perbuatan jahat kepada pengguna sosial media lainnya. 

Kejahatan yang mereka lakukan dapat berupa penipuan, penghancuran nama baik, maupun hal - hal lainnya.

Dari keempat alasan di atas, mengapa ada orang-orang tertentu yang memilih menjadi anonim, Alasan keempat lah, yang harus kita semua pengguna sosial media waspadai.

Alasannya adalah bahwa akun anonim ini sejak awal memang sudah memiliki rencana untuk mengambil keuntungan melalui identitas anonimnya. 

Alasan ke empat inilah yang seringnya membuat pengguna identitas anonim dengan alasan pertama sampai ketiga kena getahnya juga.

Pilihan menjadi anonim ataupun menggunakan identitas asli di sosial media pada dasarnya adalah menjadi hak masing-masing individu yang bersangkutam. 

Namun demikian janganlah menjadikan identitas anonim menjadi sebuah identitas yang dapat merugikan orang lain. 

Percayalah bahwa sekecil apapun kejahatan yang kamu lakukan, kelak kamu pasti akan mendapatkan balasan

4 alasan menjadi anonim di sosial media yang telah kami sebutkan di atas mungkin berbeda dengan apa yang telah Anda ketahui. 

Silahkan berikan  komentar anda pada artikel ini. Terima kasih

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top