0
Ada perbedaan yang cukup besar tentang arti hidup dan kehidupan. Hidup hanya bermakna sesuatu yang mengalami tumbuh dan berkembang. Sementara kehidupan mempunyai arti yang lebih luas lagi. Dalam hidup, setiap kita manusia memiliki banyak harapan dan cita-cita di dalam kehidupan. Namun demikian, di sadari atau tanpa kita sadari, bahwa dalam kehidupan, banyak impian dan cita-cita yang kita harapkan tidak menjadi suatu kenyataan.

Itulah hidup, menurut sebagian orang. Hidup adalah sesuatu yang sangat berarti, seorang penyair pun mengatakan "Aku Ingin Hidup 1000 tahun Lagi". Namun hidup bagimankah yang sebenarnya dapat di katakan benr-benar hidup? Seekor kambing dan ayam pun hidup. Lalu di manakah perbedaan kehidupan keduanya dengan kita, manusia?




Di sepanjang sejarah kehidupan, banyak manusia-manusia besar yang mampu memberikan nilai tambah kepada sebuah peradaban. Seorang Ibnu Sina memberikan persembahan yang berharga terhadap dunia kedokteran. Seorang Bill Gates dan larry Page menyumbangkan kemampuan berharganya di bidang teknologi. Banyak lagi mnusia-manusia hebat lainnya yang telah memberikan sesuatu untuk memperbaiki keadaan, di setiap zamannya.

Yang jadi pertanyaan adalah mampukah kita sebagai manusia yang sama seperti mereka, berbuat sesuatu untuk memberikan yang terbaik kepada dunia? Mampukah kita sebagai manusia kebanyakan, memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi manusia lainnya? Sebuah pertanyaan yang mudah, namun tidak mudah untuk menjawabnya.

Manusia di takdirkan untuk menjadi pemimpin di muka bumi. Tentu Bumi ini akan menjadi lain ceritanya, jika bangsa Ayam yang di takdirkan menjadi pemimpinnya. Manusia jelas berbeda dari bangsa Ayam, Manusia jelas lebih baik dari seekor ayam. Jelas sangat tidak tepat, jika seorang manusia mempunyai sikap dan sifat yang merugikan manusia dan bahkan makhluk lainnya, karena Manusia di karunia akal fikiran dan hati nurani, yang tidak Tuhan berikan itu kepada bangsa hewan.

Tidak pun kita dapat menjadi manusia sebesar mereka yang mampu memberikan sumbangan besar untuk peradaban. Setidaknya kita dapat menjadikan diri kita dapat membantu diri sendiri dan orang lain di sekitar kita. Bukan malah bertindak sebaliknya, merugikan orang lain, menyakiti orang lain. Melakukan hal-hal, yang sebenarnya hati nurani mengatakan, itu tidak baik untuk di lakukan.

Hidup ini singkat, hiduplah dengan memberikan manfaat. Jangan buat hidup menjadi lebih singkat dengan melakukan perbuatan yang sia-sia. Manfaatkan masa mudamu, sebelum datang masa tuamu. Manfaatkan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu. Perbedaan yang mendasar dari seorang manusia dan hewan adalah seekor hewan tidak pernah memikirkan kehidupan hewan-hewan lainnya, Manusia sangat berbeda. Jadilah manusia yang bermanfaat, bagi diri sendiri dan manusia-manusia lainnya. Jangan jadi manusia yang menghabiskan waktu dengan sia-sia.

Untuk menjalani hidup dan kehidupan bagi kita manusia, memang tidak mudah. Banyak halangan dan rintangan yang menghalangi jalan kita. Namun tidak berarti kita harus berputus asa. Karena yakinlah, Tuhan bersama kita. Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kita semua. Sepanjang kita sebagai manusia tetap berusaha dan berdo'a. Aamiin..

Semoga tulisan sederhana tentang arti hidup dan kehidupan ini dapat bermanfaat. Salam

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top