4
Blog campuran versus blog niche. Kok bisa berlawanan, ya..? Hehe.. Untuk kamu ketahui di dalam dunia blogging ada istilah-istilah tertentu yang mungkin kamu belum tau. 

Istilah-istilah itu seperti istilah blog campuran atau blog gado-gado dan blog niche.

Apa itu blog campuran? Blog campuran adalah sebuah blog yang membahas banyak topik atau tema. Sementara blog niche adalah sebuah blog yang khusus membahas satu atau dua jenis tema saja di dalam blog tersebut.


Untuk contoh blog gado-gado, ya.. seperti blog yang sedang kamu baca ini. Blog ini dapat di anggap sebagai blog campuran karena membahas beragam tema atau topik bahasan.

Sementara contoh untuk blog niche yang paling mudah dapat di kenali adalah toko online, sebuah toko maya yang menjual suatu produk atau barang di internet menggunakan format blog.

Blog seperti scriptcanggih.blogspot.com dan panjigame.blogspot.com adalah contohnya.

Bagi seorang blogger, menulis adalah suatu kebutuhan. Tidak saja untuk mengeluarkan ide atau gagasan penulisnya, melainkan juga untuk menjaga kesinambungan artikel yang berada di dalam blognya. 

Sekaligus juga untuk dapat mempertahankan dan kalau mungkin dapat untuk menambah jumlah pengunjung blog, seperti kamu yang sedang membaca blog ini.

Dalam dunia blogging, setidaknya sampai saat ini, masih belum ada kesepakatan tentang blog seperti apa yang paling mudah untuk di kerjakan, sekaligus kalau mungkin dapat lebih cepat menghasilkan. 

Jika kamu membaca blog ini, tentu kamu akan menemukan artikel-artikel yang cukup bervariasi temanya, seperti tema politik, bisnis online, tutorial dan lain sebagainya.

Oleh karena banyaknya tema yang di bahas di blog ini, maka blog yang sedang kamu baca ini di sebut juga dengan nama blog gado-gado atau blog campuran.

Sebagaimana gado-gado makanan yang terdiri atas berbagai jenis sayuran dan makanan, begitu juga dengan blog yang menganut blog campuran. 

Tema artikel yang di bahas dalam sebuah blog gado-gado atau di sebut juga sebagai blog campuran biasanya terdiri dari 3 tema atau lebih. Blog niche biasanya hanya terdiri atas maksimal 2 tema bahasan saja.

Blog Campuran VS Blog Niche. Mana Yang Lebih Baik??


Jika kemudian ada pertanyaan mana lebih baik antara blog campuran dan blog niche, kami pribadi berpendapat keduanya sama memiliki kekurangan dan kelebihan.

Para blogger yang menganut paham blog niche mengeluarkan alasan, mengapa mereka memilih blog niche untuk di kembangkan.

Alasan utama mereka mengembangkan blog niche adalah karena blog niche lebih mudah untuk di optimasi, dengan demikian kesempatan sebuah blog niche untuk dapat tampil di halaman pertama google lebih baik dari blog campuran. 

Mengapa hal ini dapat terjadi? Alasannya adalah karena secara umum robot google lebih menyukai blog tipe niche ini. 

Dengan dapat tampilnya sebuah blog di halaman pertama mesin pencari, maka secara otomatis pengunjung akan banyak datang dari mesin pencari. 

Dengan banyaknya pengunjung murni yang datang berasal dari mesin pencari maka potensi blog niche untuk mendatangkan penghasilan dari beragam cara monetisasi lebih besar.

Di sisi yang lain, para blogger yang menjalankan blog dengan tema campuran mempunyai pendapat lain. 

Mereka menyampaikan, di antaranya kami, bahwa blog campuran lebih mudah untuk di jalankan karena blog campuran relatif mudah untuk dapat memperbanyak artikel. 

Kecuali tema atau topik yang melanggar aturan google maka hampir semua tema atau topik bahasan dapat di buatkan artikel yang nantinya di posting di dalam blog campuran.

Untuk banyak blogger membangun sebuah blog niche di anggap cukup sulit. Alasan pentingnya adalah karena untuk menambah artikel kategori blog niche tidak mudah karena terbatasnya tema atau bahasan yang dapat di tuliskan.

Dengan banyaknya artikel yang dapat di tuliskan, di harapkan walaupun artikel tidak selalu dapat berada di posisi halaman pertama mesin pencari, kemungkinan pengunjung datang akan lebih banyak karena datangnya dari berbagai macam sumber traffic sesuai dengan tema tulisan dan atau cara promosi blog.

Dengan beragamnya pengunjung yang datang ke sebuah blog maka pemilik blog memiliki potensi untuk dapat memaksimalkan jumlah penghasilan dari beragam model monetisasi yang di gunakan.

Blog campuran atau blog Niche yang punya potensi mendapatkan pengunjung banyak?


Secara umum jika bicara tentang jumlah pengunjung maka untuk blog campuran maupun blog Niche pada dasarnya sama.

Cukup banyak hal yang harus terus di cari jawabannya. Termasuk kemauan, keberanian untuk melakukan trial dan error. 

Dari apa yang dapat kami pahami untuk dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke dalam suatu blog tidaklah mudah.

Untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang cukup baik di blog campuran maupun blog niche pada dasarnya adalah sama.

Bagaimana caranya? Pelajari riset keyword dan cara menerapkannya dengan benar. Itu saja. Terus dan terus belajar. Coba dan terus mencoba. Tidak ada jalan instan.

Kelebihan blog Niche dari blog campuran adalah bahwa blog Niche memiliki potensi untuk mampu mendapatkan penghasilan lebih besar dari blog campuran dengan beragam cara monetisasi yang di gunakan.

Hal demikian dapat terjadi karena pengunjung yang datang ke dalam sebuah blog niche secara umum benar-benar mencari informasi tentang sesuatu yang mereka butuhkan.

Yang pada akhirnya pengunjung blog Niche dapat lebih mudah untuk di konversi menjadi  pelaku klik iklan atau pembeli terhadap suatu produk atau jasa di blog Niche bersangkutan.

Kesimpulannya adalah blog campuran dengan blog niche sama saja, masing-masing sama memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Cara mengelola kedua model blog ini tidak jauh berbeda. Blog campuran maupun blog niche sama memiliki potensi untuk dapat memberikan penghasilan.

Dalam kesempatan kali ini yang dapat kami sampaikan adalah bahwa belajar dengan benar tentang cara riset keyword dan menerapkannya adalah hal paling utama dalam membangun sebuah blog terlepas dari model monetisasi apa yang akan di terapkan dalam suatu blog.

Dengan belajar riset keyword dan menerapkannya dengan benar maka potensi jumlah pengunjung blog campuran atau blog Niche akan menjadi lebih besar.

Jika Anda benar-benar menguasai akan satu, dua topik pembahasan secara mendalam, blog niche cocok untuk Anda. 

Namun jika Anda belum memiliki kemampuan seperti itu atau mungkin Anda memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu, maka blog campuran adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Bagi kami pribadi, ngeblog adalah sesuatu yang cukup menyenangkan untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat sekaligus menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan. 

Jika memang ada sesuatu yang menghasilkan dari aktivitas blogging, kami anggap itu adalah hadiah dari apa yang telah kami lakukan. 

Jadi menurut kami, tidak terlalu penting untuk memulai ngeblog dengan menggunakan tema campuran atau blog niche. 

Kecuali kegiatan blogging akan anda jadikan sebagai sumber penghasilan utama maka pemilihan tema, topik atau niche blog sangat penting untuk di perhatikan.

Yang menurut kami sangat penting adalah bagaimana caranya supaya dapat terus konsistens dalam menuliskan setiap ide atau gagasan yang ada, ke dalam bentuk artikel. 

Karena jujur saja, sebagaimana manusia biasa, rasa jenuh, tidak mood, masih cukup sering penulis rasakan.

Untuk kamu yang ingin memulai blogging, silahkan di fikirkan, ingin menjadikan kegiatan blogging sebagai sumber penghasilan atau sekedar menyalurkan hobi. Pilihan di tangan Anda.

Saran kami adalah coba saja dulu. kerjakan dahulu apa yang mungkin dapat anda kerjakan. Seiring waktu insyaallah pengetahuan dan pengalaman anda secara perlahan akan bertambah.

Jika anda cukup memiliki biaya, mengeluarkan dana untuk mempercepat proses belajar anda adalah pilihan bijak. Tentu saja di perlukan kehati hatian di dalamnya.

Semoga artikel blog campuran vs blog niche ini dapat bermanfaat. Salam

Posting Komentar Blogger

  1. Mas tolong kirimkan knp pengalaman mendaftar blog mas ini ke google adsense, Soalnya saya mau daftar google adsense pakai blog gado gado saya..., tapi takut di tolak. Kata org klo daftar blog gado" ke adsense sulit. Saya sempat ingin hapus blog ini dan buat baru dengan blog niche.

    Oleh karena itu saya minta motivasi dari mas agar lebih semangat

    blog aku pilingku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, Mas Luki. Untuk di ketahui iklan google AdSense yang tampil di blog ini di hasilkan dari blog kami yang lain dengan format blog niche dan menggunakan domain TLD. Cukup lama juga waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan akun tersebut sekitar 6 bulan an setelah 2 kali gagal mendapatkan. Terus berjuang.. Jangan menyerah! Salam

      Hapus
  2. Jika perbanding trafic.kalau boleh tau trafic blog niche dan gado gado lebih banyak mana y kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk pertanyaannya.

      jawaban kami adalah untuk jumlah pengunjung tidak bergantung kepada jenis blog tapi pada riset keyword dan lainnya. silahkan baca kembali artikel yang sudah kami update

      Hapus

 
Top