0
Cara membangun komunitas di era digital saat ini cukup mudah. Kemajuan teknologi sungguh banyak telah membantu manusia dalam beragam cara.

Termasuk di dalamnya membantu memberikan kemudahan kepada siapa saja yang ingin membangun komunitas sesuai dengan misi dan visi para anggotanya.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara membangun komunitas secara efektif dan efisien dengan bantuan teknologi internet.


Definisi Komunitas


Tapi sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu apa sebenarnya yang di maksud dengan komunitas? Apa definisi atau arti dari kata komunitas itu sendiri?

Secara umum arti atau definisi darai kata komunitas adalah tempat berkumpulnya sekelompok orang di dalam suatu tempat atau lingkungan yang memiliki hobi, minat atau kesukaan yang sama, di prakarsai oleh seseorang atau sekelompok orang.

Dengan demikian komunitas adalah tempat atau wadah bagi sekelompok orang untuk menyalurkan apa yang menjadi aspirasi sesuai dengan jenis komunitas yang bersangkutan.

Cara membangun sebuah komunitas dapat di tentukan jenisnya dari komunitas apa yang ingin di bangun. 

Komunitas yang di peruntukkan secara offline tentunya akan sedikit berbeda cara membangunnya dengan komunitas online.

Sebagaimana telah di ketahui cukup banyak komunitas - komunitas yang ada di sekeliling kita. 

Baik yang bersifat offline, seperti komunitas motor besar atau komunitas yang bersifat online seperti komunitas blogger indonesia umpamanya.


Dari berbagai macam jenis komunitas ini, yang dapat kita temui persamaan mendasarnya adalah kesamaan minat atau hobi seseorang terhadap komunitas yang bersangkutan. 

Komunitas motor besar, tentu mempunyai hobi dan minat yang tinggi tentang segala pernak-pernik dunia motor besar. 

Begitu juga dengan komunitas blogger indonesia, tentu di dalamnya adalah orang-orang yang mempunyai minat yang sama tentang dunia blogger.

Hampir tidak mungkin seseorang yang menyukai tentang dunia motor akan bergabung ke dunia blogger, begitu pula sebaliknya. 

Namun tentu segala sesuatu memiliki perkecualian. Bisa saja penyuka motor, memiliki hobi membuat dan menulis di blog, sehingga bergabung dengan komunitas blogger, begitu pula sebaliknya.

Sebagaimana telah di sampaikan di atas, sebuah komunitas dapat di bangun atas prakarsa seseorang atau sekelompok orang. 

Sebuah komunitas dapat menjadi komunitas yang aktif di dunia offline atau online saja. Walaupun tentu tidak menutup kemungkinan komunitas offline dapat aktif di dunia online, begitu pula sebaliknya.

Di tengah berkembangnya kemajuan zaman saat ini, sesungguhnya sangat mudah sekali untuk membangun sebuah komunitas. 

Secara online, berbagai media sosial telah memberikan sarananya. Seperti facebook dengan membuat grup atau halaman dan google plus dengan membuat halaman. 

Begitu mudahnya membangun komunitas ini, membuat cukup banyak komunitas-komunitas yang akhirnya lahir di tengah-tengah kita, khususnya komunitas di dunia online. 

Dengan sarana yang telah di siapkan oleh berbagai macam media sosial, membangun komunitas nyaris tidak diperlukan pendanaan. 

Hanya rasa tidak ingin saja, yang membuat seseorang tidak mau bergabung ke dalam suatu komunitas atau bahkan membangunnya.

Sesugguhnya cukup banyak kelebihan-kelebihan yang dapat kita ambil, jika kita bergabung di dalam suatu komunitas. 

Kita dapat belajar sesuatu tentang hobi kita, dapat mengenal banyak orang lain di luar kehidupan biasa kita. 

Sekaligus dapat menimba pengalaman dari anggota-anggota lainnya di komunitas. Hal tersebut dapat kita temukan, tentu dengan catatan kita aktif di dalamnya.

Teknologi internet sungguh sangat membantu untuk siapa saja dapat berkumpul dalam suatu komunitas tanpa harus hadir secara fisik.

Dengan bantuan teknologi internet siapa saja yang memiliki keinginan untuk membuat atau menciptakan sebuah komunitas dapat melakukannya nyaris tanpa biaya.

Namun demikian tidak mudah untuk membuat sebuah komunitas menjadi aktif, tumbuh dan berkembang dengan baik.

Di butuhkan sikap dari sosok seorang leader yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman dalam komunitas tersebut.

Menjadi seorang leader atau pimpinan dalam suatu komunitas bukan berarti memiliki sikap arogan, sok berkuasa.

Idealnya seorang leader adalah sosok yang mampu mengayomi segenap anggota untuk erat bersatu dalam bingkai kekeluargaan.

Jika Anda belum bergabung dalam suatu komunitas, saran kami segera bergabung dengan komunitas yang anda suka. 

Jika Anda mempunyai hobi dan minat yang mungkin banyak orang yang belum tau, tidak ada salahnya Anda membangun komunitas sendiri.

Yang perlu di perhatikan adalah jangan pernah bergabung ke dalam suatu komunitas yang kita tau komunitas tersebut menjalankan suatu kegiatan yang bersifat buruk.  

Karena nantinya, alih - alih kita akan mendapatkan pengalaman yang berguna bagi hidup, yang terjadi adalah sebaliknya akan mendatangkan masalah. 

Jauhi masalah, tambahkan pengalaman. Niscaya kehidupan kita akan menjadi lebih baik.

Dengan mengetahui informasi tentang cara membangun komunitas dengan bantuan teknologi internet maka Anda dapat memiliki komunitas sendiri sesuai dengan apa yang anda inginkan. Semoga bermanfaat

Posting Komentar Blogger

 
Top