0
Definisi komunitas secara umum adalah tempat berkumpulnya sekelompok orang di dalam suatu tempat atau lingkungan yang memiliki hobi, minat atau kesukaan yang sama, di prakarsai oleh seseorang atau sekelompok orang.

Cara membangun sebuah komunitas dapat di tentukan jenisnya dari komunitas apa yang ingin di bangun. Komunitas yang di peruntukkan secara offline tentunya akan sedikit berbeda cara membangunnya dengan komunitas online.
Baca juga 4 Alasan Menjadi Anonim

Sebagaimana telah di ketahui cukup banyak komunitas - komunitas yang ada di sekeliling kita. Baik yang bersifat offline, seperti komunitas motor besar atau komunitas yang bersifat online seperti komunitas blogger indonesia umpamanya.
Dari berbagai macam jenis komunitas ini, yang dapat kita temui persamaan mendasarnya adalah kesamaan minat atau hobi seseorang terhadap komunitas yang bersangkutan. Komunitas motor besar, tentu mempunyai hobi dan minat yang tinggi tentang segala pernak-pernik dunia motor besar. Begitu juga dengan komunitas blogger indonesia, tentu di dalamnya adalah orang-orang yang mempunyai minat yang sama tentang dunia blogger.

Hampir tidak mungkin seseorang yang menyukai tentang dunia motor akan bergabung ke dunia blogger, begitu pula sebaliknya. Namun tentu segala sesuatu memiliki perkecualian. Bisa saja penyuka motor, memiliki hobi membuat dan menulis di blog, sehingga bergabung dengan komunitas blogger, begitu pula sebaliknya.

Sebagaimana telah di sampaikan di atas, sebuah komunitas dapat di bangun atas prakarsa seseorang atau sekelompok orang. Sebuah komunitas dapat menjadi komunitas yang aktif di dunia offline atau online saja. Walaupun tentu tidak menutup kemungkinan komunitas offline dapat aktif di dunia online, begitu pula sebaliknya.

Di tengah berkembangnya kemajuan zaman saat ini, sesungguhnya sangat mudah sekali untuk membangun sebuah komunitas. Secara online, berbagai media sosial telah memberikan sarananya. Seperti facebook dengan membuat grup atau halaman dan google plus dengan membuat halaman. 

Begitu mudahnya membangun komunitas ini, membuat cukup banyak komunitas-komunitas yang akhirnya lahir di tengah-tengah kita, khususnya komunitas di dunia online. Dengan sarana yang telah di siapkan oleh berbagai macam media sosial, membangun komunitas nyaris tidak diperlukan pendanaan. Hanya rasa tidak ingin saja, yang membuat seseorang tidak mau bergabung ke dalam suatu komunitas atau bahkan membangunnya.

Sesugguhnya cukup banyak kelebihan-kelebihan yang dapat kita ambil, jika kita bergabung di dalam suatu komunitas. Kita dapat belajar sesuatu tentang hobi kita, dapat mengenal banyak orang lain di luar kehidupan biasa kita. Sekaligus dapat menimba pengalaman dari anggota-anggota lainnya di komunitas. Hal tersebut dapat kita temukan, tentu dengan catatan kita aktif di dalamnya.

Jika Anda belum bergabung di suatu komunitas, saran kami segera lah bergabung. Jika Anda mempunyai hobi dan minat yang mungkin banyak orang yang belum tau, tidak ada salahnya Anda membangun komunitas sendiri.

Yang perlu di perhatikan adalah jangan pernah bergabung ke dalam suatu komunitas yang kita tau komunitas tersebut menjalankan suatu kegiatan yang bersifat buruk.  Karena nantinya, alih - alih kita akan mendapatkan pengalaman yang berguna bagi hidup, yang terjadi adalah sebaliknya akan mendatangkan masalah. Jauhi masalah, tambahkan pengalaman. Niscaya kehidupan kita akan menjadi lebih baik.

Dengan mengetahui cara membangun sebuah komunitas, maka Anda akan dapat memiliki komunitas sendiri. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa simak juga Ketika Hidup Harus Memilih

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top