0
Ingin jadi diplomat? Sebuah pilihan karir yang cukup cemerlang. Sebuah pilihan karir yang cukup bergengsi dan prestisius. Tentu saja membutuhkan perjuangan. Dulu kami pun pernah mempunyai cita-cita itu. Namun ternyata suratan nasib berkata lain :)

Diplomat adalah seseorang yang di anggap mempunyai kemampuan diplomasi (seni dan praktek bernegosiasi) yang tinggi untuk melakukan negosiasi-negosiasi dengan para diplomat lainnya. Biasanya diplomasi ini menyangkut dengan sebuah kebijakan  suatu Organisasi atau Negara.

Seperti telah di ketahui, menjadi seoarang diplomat adalah tidak mudah. Karena jabatan tersebut adalah suatu jabatan yang cukup bergengsi di dalam suatu organisasi atau Negara. Di tangannya lah suatu kebijakan organisasi atau negara yang akan di buat, terlebih dahulu di negosiasikan. Sebelum kebijakan-kebijakan tersebut di setujui oleh pimpinan organisasi atau negara.
Ingin Jadi Diplomat?
Di dalam suatu negara, para diplomat biasanya di sebut perwakilan negara atau utusan negara yang biasanya di pimpin oleh seorang Duta Besar. Duta Besar adalah suatu jabatan politik yang dapat di angkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR dan memperoleh kekebalan Diplomatik. 

Sementara para diplomat lainnya yang membantu tugas Duta Besar adalah orang-orang yang meniti kariernya dari bawah, dari awal, sehingga memiliki jabatan karir yang cukup tinggi, di sebut juga pejabat karir. Tugas pejabat karir ini membantu Duta Besar untuk mewakili dan memperjuankan kepentingan bangsa. Agar setiap kebijakan negara dapat di pastikan berjalan dengan baik, sehingga tidak menimbulkan kerugian.

Tugas seorang Duta Besar cukup banyak, tugas pokoknya adalah mewakili negaranya di suatu negara lain di tempat beliau di tempatkan. Secara umum Duta besar suatu negara biasanya mempunyai tugas untuk mengurusi berbagai hal yang berkaitan dengan budaya, ekonomi dan perdagangan yang menyangkut dengan negara lain.

Para diplomat di anggap wakil negara, oleh karenanya tidak menghormati seorang diplomat akan di anggap tidak menghormati negara yang bersangkutan. Sebagaimana yang saat ini terjadi dengan negara Brazil kepada diplomat Indonesia.

Untuk menjadi seorang diplomat di butuhkan pendidikan yang cukup tinggi dan kemampuan untuk menguasai berbagai macam bahasa yang ada di dunia. Menjadi seorang diplomat adalah harapan seseorang yang menyukai traveling keliling dunia. Sebab dengan pekerjaan ini Anda akan dapat mengelilingi dunia, mempelajari adat dan budaya kehidupan setempat sembari tetap bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Jika kamu ingin menjadi seorang diplomat, salah satu jalan yang kamu dapat coba adalah dengan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan hubungan internasional. kemudian kamu dapat memperdalam kemampuan bahasa kamu dan selanjutnya kamu dapat mencoba mendaftarkan diri ke Kementrian Luar Negri Indonesia.

Semoga cita-cita kamu yang ingin menjadi seorang dipomat dapat terkabulkan. Jika kamu punya pendapat lain, dengan senang hati kami persilahkan. Terima kasih

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top