0
Hidup adalah pilihan. Apapun pilihan hidup kita, pilihan itu akan membawa dampak yang sangat besar di masa depan kita nanti. Ketika hidup harus memilih, kita harus berani untuk mengambil pilihan itu, betapa pun berat dan sulitnya pilihan yang akan kita pilih.
Baca juga 4 Alasan Menjadi Anonim

Sejak kecil, langsung tidak langsung kita telah belajar atau di ajarkan untuk memilih. Pilihan kita di saat kecil, mungkin akan memberikan senyuman saat ini, ketika kita mengingatnya kembali. Pilihan yang begitu sederhana, saat itu cukup sulit juga untuk di pilih.

Menginjak dewasa semakin banyak pilihan dalam hidup yang harus kita pilih. Memilih untuk melanjutkan belajar di sekolah/kampus, memilih untuk belajar di sekolah biasa atau berasrama. Memilih bekerja atau menjadi wirausahawan. Dan berbagai macam pilihan-pilihan lainnya.

Hidup memang tidak dapat lepas dari pilihan-pilihan yang harus kita pilih. Apapun bentuknya pilihan-pilihan itu, seberapa besar pun resiko atas pilihan tersebut. Tetap membuat kita harus memberanikan diri untuk mengambilnya.

Semakin dewasa kita,  pilihan - pilihan dalam hidup semakin sulit dan beragam. Memilih melanjutkan sekolah atau bekerja, memilih pasangan hidup, memilih untuk tetap berhubungan dengan teman dan sahabat atau memilih teman baru, termasuk memilih calon presiden kemarin,  menjadi contoh, sedemikian banyaknya pilihan yang harus kita pilih.
Ketika Hidup Harus Memilih
Terkadang pilihan yang kita buat, baik menurut kita namun tidak baik menurut orang lain, demikian pula sebaliknya. Orng lain mengganggap pilihan hidupnya baik, namun bagi kita sebaliknya. Hidup memang sulit, di butuhkan kerja keras dan cerdas serta belajar dari pengalaman untuk membuat keputusan-kputusan yang lebih baik dari waktu ke waktu terhadap piihan-pilihan yang demikian beragam.

Namun demikian, selama kita hidup, kita tidak akan dapat melepaskan pilihan-pilihan dalam hidup karena dalam perjalanan hidup yang dinamis ini, setiap apa yang kita lakukan, langsung atau tidak langsung akan membuat kita harus menentukan pilihan.

Dalam hidup, setidaknya satu kali kita pasti pernah merasakan salah dalam menentukan pilihan. Tidak perlu terlalu di risaukan, karena semua orang pasti mengalaminya. Memilih suatu pilihan adalah salah satu proses yang memang harus kita jalani untuk mendapatkan pengalaman dan pembelajaran dalam hidup.

Pilihan yang pernah kita pilih dahulu membawa keberadaan kita saat ini. Demikian pula pilihan kita saat ini, akan membawa kita ke masa depan. Jangan pernah takut untuk memilih. 

Kehidupan di masa lalu adalah sejarah bagi kita, pengalaman berharga yang harus kita ambil untuk menjadi pembelajaran hidup. 

Kehidupan kita saat ini adalah suatu anugrah, jika kita dapat memberikan yang terbaik atas apa yang kita kerjakan, kepada siapa kita lakukan, niscaya akan membawa dampak yang baik pula bagi masa depan kita. Begitu pula jika kita melakukan hal sebaliknya.

Kehidupan di masa depan adalah sesuatu hal yang penuh misteri. Tidak ada seorang pun yang tau akan kehidupan di masa depannya. Namun kita dapat meraba hasil yang akan kita dapatkan di masa depan, jika kita melakukan, jika kita berani membuat pilihan-pilihan untuk menentukan yang terbaik, berdasarkan pengalaman yang telah kita lalui, maupun belajar dari pengalaman orang lain.

Hidup adalah pilihan, ketika kita harus memilih. Pilihlah dengan berani dan penuh tanggung jawab. Karena apapun pilihan hidup kita saat ini, akan membawa dampak terhadap masa depan kita nanti.

Semoga artikel ketika hidup harus memilih ini dapat bermanfaat. Salam
Jangan lupa simak juga Cara Membangun Sebuah Komunitas

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top