0
Artikel Masih buruknya birokrasi di Indonesia ini admin ambil dari blog admin yang beralamat di frizedianto.wordpress.com untuk penyederhanaan. Karena setelah kami fikir mempunyai 2 buah blog dengan nama yang sama walaupun platform berbeda, kami rasakan kurang efektif. Oleh karenanya beberapa artikel, di mulai dari artikel ini, dari blog tersebut kami pindahkan ke blog ini dengan sedikit editan.

Mari kita mulai.. Istilah birokrasi tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat terutama dalam hal pelayanan publik yang berhubungan dengan birokrasi. Pelayan publik sampai saat tulisan ini di buat belum mengalami suatu perubahan yang signifikan.

Urusan dengan birokrasi di Indonesia identik dengan sesuatu yang lama, bertele-tele, dan rigid (kaku). Hal tersebut mungkin di karena kan birokrasi yang terikat oleh peraturan atau perundang-undangan yang berlaku. Meskipun demikian, birokrasi sangat penting karena merupakan alat pemerintah untuk menyediakan pelayananan publik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kebijakan.
http://frizedianto.blogspot.com/2015/02/masih-buruknya-birokrasi-di-indonesia.html
Pelaksanaan birokrasi setiap negara berbeda-beda tergantung dari sistem pemerintahan yang dianut oleh setiap negara. Dengan begitu birokrasi di Negara maju tentu akan berbeda dengan birokrasi di Negara berkembang. Birokrasi yang diterapkan sudah bagus atau belum di suatu negara dapat terlihat dari penyediaan pelayanan publik oleh pemerintah kepada masyarakatnya, seperti pengadaan barang dan jasa, terutama dalam bidang transportasi, pelayanan kesehatan, pelayanan administrasi, dan penyediaan pendidikan.

Di Negara berkembang, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat belum bisa dikatakan baik, karena pelayanan publik yang disediakan oleh pemerintah belum bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kondisi geografis, sumber daya manusia, sumber penerimaan dana, dan teknologi informasi. Sedangkan di Negara maju dapat dikatakan pelayanan publik yang ada sudah baik, karena hampir semua faktor tersebut bisa teratasi dengan baik.

3 macam pengertian birokrasi menurut teori yang berkembang saat ini:
1. Birokrasi diartikan sebagai aparat yang diangkat penguasa untuk menjalankan pemerintahan (government by bureaus).
2. Birokrasi diartikan sebagai sifat atau perilaku pemerintahan yang buruk (patologi).
3. Birokrasi diartikan sebagai tipe ideal organisasi.

4 Fungsi dan peran birokrasi menurut teori adalah:
(1) melaksanakan pelayanan publik;
(2) pelaksana pembangunan yang profesional (merit system);
(3) perencana, pelaksanan, dan pengawas kebijakan (manajemen pemerintahan);
(4) alat pemerintah untuk melayani kepentingan (abdi) masyarakat dan negara yang netral dan bukan merupakan bagian dari kekuatan atau mesin politik (netralitas birokrasi). Kewenangan birokrasi adalah kewenangan formal yang dimiliki dengan legitimasi produk hukum bukan dengan legitimasi politik.

Asal kata birokrasi terdiri dari kata biro yang artinya meja dan kata krasi yang artinya kekuasaan. Dari pengertian dua kata tersebut dapat disimpulkan bahwa birokrasi adalah kekuasaan yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip ideal bekerjanya suatu organisasi. Birokrasi ini biasanya bersifat rigid atau kaku.

Khusus di Indonesia, banyaknya keluhan tentang birokrasi di Indonesia pada umumnya bermuara pada penilaian bahwa birokrasi di Indonesia tidak netral. Kenyataan tersebut tidak dapat dipungkiri, apabila melihat praktek sehari-hari, dimana birokrasi terkait dengan lembaga lainnya. Oleh karena itu, birokrasi pemerintah tidak mungkin dipandang sebagai lembaga yang berdiri sendiri, terlepas dari lembaga-lembaga lainnya.

Dalam realita yang ada di Indonesia saat ini sangat banyak praktek buruk yang terjadi di dalam birokrasi. Dalam praktek, muncul kesan yang menunjukkan bahwa seakan-akan para pejabat birokrasi dibiarkan menggunakan kedudukannya dalam birokrasi untuk kepentingan diri dan kelompoknya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hadirnya bentuk praktek birokrasi yang tidak efisien dan bertele-tele di hampir semua lini birokrasi.

Menurut hemat kami kebutuhan yang nyata saat ini dalam praktek birokrasi adalah bagaimana agar birokrasi dapat berupaya untuk memenuhi seluruh kebutuhan konkret dari masyarakat dengan mengedepankan pelayanan yang cepat, efektif dan efisien di seluruh sektor pelayanan masyarakat. Agar tidak ada lagi keluhan masyarakat yang masih banyak terhadap buruknya pelayanan publik di negri ini.

Suatu kebutuhan akan peningkatan kualitas pelayanan publik yang harus terus menerus di tingkatkan dalam rangka mewujudkan suatu kehidupan masyarakat yang adil, aman dan sentausa. Suatu kebutuhan yang mendasar, yang seharusnya menjadi tugas pemerintah untuk dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh masyarakat. Karena sejatinya birokrasi mempunyai tugas untuk melayani masyarakat bukan sebaliknya.

Kondisi birokrasi Indonesia saat ini yang masih bercorak patrimonial (dimana Pejabat-pejabat disaring atas kinerja pribadi, di mana suatu jabatan di pandang sebagai sumber kekuasaan atau kekayaan, Pejabat-pejabat mengontrol,baik fungsi politik ataupun administrative, dan setiap tindakan diarahkan oleh hubungan pribadi dan politik), adalah merupakan benang sejarah yang perlu diperhatikan dengan seksama.

Dalam perkembangan ke arah modernisasi menurut pendapat kami perlu adanya upaya terus menerus untuk meningkatkan kualitas administrasi dan manajemen dalam birokrasi ke arah yang lebih baik lagi. Selain itu, dalam menghadapi kondisi saat ini sekaligus untuk menjawab tantangan masa sekarang dan masa yang akan datang, birokrasi di Indonesia diharapkan untuk mempunyai karakteristik yang mampu bersifat netral, berorientasi pada masyarakat, dan mengurangi budaya patrimonial di dalam birokrasi tersebut.

Semoga di era pemerintahan baru saaat ini, pelayanan birokrasi dapat menjadi lebih baik lagi. Sehingga kesan yang timbul dari masih buruknya birokrasi di Indonesia, secara perlahan dapat berkurang dan dapat menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top