0
Menjadi KaKoordinator Pramuka menjadi salah satu pengalaman yang sangat berharga dalam hidup kami.

Suatu pengalaman yang berharga mungkin banyak kita dapatkan selama kita hidup di dunia. 

Semakin banyak kita belajar, maka akan semakin banyak pula yang kita dapatkan, baiik itu pengetahuan maupun pemahaman akan sesuatu hal. 


Bagi kami pengalaman menjadi KaKoordinator (Ketua Koordinator) Gerakan Pramuka ketika masih remaja dulu di pondok pesantren modern adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga. 

Terasa hingga kini bahwa pengalaman itu sangat berguna. Pengalaman tersebut sangat membantu proses tumbuh kembang kami sebagai remaja hingga saat ini.

Kembali di tahun 1996/1997 ketika kami masih belajar di sebuah sekolah berasrama di salah satu pesantren di pulau jawa. Saat itu kami menginjak di tingkat 3 sekolah setingkat SMA. 

Di sekolah ini, model pendidikan pondok pesantren modern, tingkat pendidikan selepas SMP sederajat proses belajarnya mencapai 4 Tahun. 

Di tahun ketiga inilah kami di berikan kepercayaan oleh rekan-rekan dan Pimpinan Pondok untuk menjadi KaKoordinator Gerakan Pramuka.

Proses pemilihan KaKoordinator di lakukan secara langsung dan transparan, bersaing dengan rekan-rekan yang lain secara sehat. 

Tidak ada politik uang dan lain sebagainya. Kami dan rekan-rekan lain yang menjadi calon mengikuti acara pemilihan tersebut dengan suka cita. Nyaris tidak ada persaingan di antara kami. 

Kami semua para calon KaKoordinator dari tingkatan kelas yang sama, menjalankan suatu proses yang telah menjadi satu kesatuan dari kegiatan Pondok.

Setelah proses pemilihan berjalan dengan baik dan lancar, kami mengadakan rapat pertama dengan rekan-rekan lain yang menjadi pengurus juga, untuk membuat program kerja selama satu tahun ke depan. 

Program kerja yang kami buat, selanjutnya kami serahkan kepada Pimpinan Pondok untuk di baca dan di setujui. Setelah program kerja di setujui, kami pun langsung menjalankannya.

Kegiatan Pramuka di Pondok Pesantren Modern


Tidak seperti kegiatan pramuka di sekolah-sekolah lain, yang melaksanakan kegiatan Pramuka di hari sabtu sore atau Minggu. Kegiatan Pramuka di pesantren kami di lakukan setiap hari kamis ba'da dzuhur.  

Kegiatan Pramuka yang kami lakukan setiap kamis ba'da dzuhur tersebut biasanya di akhiri menjelang sholat Ashar jika tidak ada kegiatan lainnya. 

Perlu juga kami sampaikan, kegiatan pramuka yang di laksanakn setiap hari kamis tersebut, salah satu alasannnya adalah karena hari libur dii pondok adalah hari jum'at bukan hari minggu.

Sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga dan berguna. Penulis belajar banyak hal dalam kegiatan Pramuka ini. 

Sisi kedisiplinan, leadership adalah salah satu contoh dari banyak hal yang di dapatkan dari mengikuti kegiatan Pramuka.

Pelajaran tentang sandi khususnya semaphore adalah satu pelajaran atau kegiatan Pramuka yang paling penulis sukai.

Selain tentunya hiking, mencari jejak atau jalan melihat tempat-tempat baru yang belum di kunjungi penulis yang kami yakini cukup banyak juga para anggota Pramuka yang menyukainya.

Sungguh cukup banyak pengetahuan dan pengalaman yang kami dapatkan. Senang rasanya dapat menjadi bagian dari anggota Pramuka.

Semoga pramuka tetap menjadi satu kekuatan yang dapat memberika pengajaran yang positif bagi setiap remaja di Indonesia.

Demikian sekilas pengalaman kami menjadi KaKoordinator Gerakan Pramuka di pondok pesantren modern.

Jika Anda pembaca blog ini memiliki pengalaman lain tentang pramuka. dengan senang hati kami menunggu komentarnya. Terima kasih

Posting Komentar Blogger

 
Top