0
Tahukah Anda berapa banyak Tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri? Cukup banyak, hingga jutaan Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Baik yang bekerja di sektor formal maupun non formal. Dari beberapa negara tujuan TKI, yang menjadi tujuan favorit adalah Hongkong, Taiwan, Singapura. Tidak lain karena penghasilan yang mereka dapatkan di sana lebih besar dari negara lainnya seperti Malaysia dan Saudi Arabia. Sayangnya banyak dari TKI kita ini hanya bekerja secara informal saja di sana.

Tidak perlu di ragukan lagi, Tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri adalah pahlawan keluarga dan Negara. Tidak semua orang mampu untuk meninggalkan kampung halaman, keluarga yang di cintainya untuk bekerja jauh di negeri orang.
Pengorbanan yang mereka berikan selayaknya mendapatkan apresiasi dari semua fihak. Jika saja pemerintah mampu memberikan kesejahteraan yang lebih baik kepada setiap warga negaranya. Kami yakin, tidak akan ada satu pun warga negara Indonesia yang akan memilih bekerja di sana.

Namun demikian tidak perlu di sesali, walaupun negara terbentuk karena adanya kesepakatan warganegara. Jika memang saat ini negara belum dapat memberikan yang terbaik kepada setiap warga negaranya. Kita segenap warga negara yang harus bangkit untuk membangun hidup kita.

Secara pribadi kami menilai, rekan-rekan Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri adalah sosok-sosok yang telah teruji dalam pertarungan memperebutkan kesempatan untuk bekerja di sana dengan segala pengorbanannya. 

Oleh karena itu kami merasa sedih jika ada rekan-rekan Tenaga Kerja Indonesia, ketika kerja di sana tidak belajar sesuatu untuk menambah pengetahuannya, yang kelak dapat di pakai di dalam negeri. Jangan sampai ada kejadian lagi, pernah merasakan hidup enak di luar negeri kemudian menjadi merasa sulit hidup di dalam negeri ketika kembali. Dan akhirnya memutuskan bekerja kembali. Begitu terus berulang kali.

Karena nya pada kesempatan posting kali ini kami menyarankan, Wahai saudara-saudaraku Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Marilah kita belajar terus menerus untuk mendapatkan ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang kelak nantinya dapat kita gunakan. Gunakan waktu di sela-sela waktu kerjamu untuk menambah pengetahuan dan pengalaman sebagai bekal nanti ketika pulang ke kampung halaman. Apapun yang Anda kerjakan, Apapun yang Anda alami. Kami yakin itu akan membawa suatu pengalaman baru yang berharga.

Sebenarnya dengan kemampuan bahasa yang rekan-rekan miliki selama perantauan, rekan-rekan dapat memulai suatu usaha melalui cara yang sederhana. Caranya bagaimana? Belajarlah untuk membuat blog dan menulis. Tuliskan pengalaman rekan-rekan semua tentang apa saja yang rekan-rekan rasakan. Tuliskan tentang negara dan kampung halaman dengan menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin. Tuliskan semua isi yang ada di kepala rekan-rekan semua. Tuangkan tulisan dengan bahasa yang sederhana, kami yakin akan banyak yang membaca. Dari sana rekan-rekan dapat membangun suatu usaha. Kelak nantinya blog itu akan berguna.

Suatu blog akan dapat di optimasi menjadi suatu usaha ketika blog tersebut ramai di kunjungi. Jika Anda memulainya dari sekarang. Dalam kurun waktu 1 atau 2 tahun ketika Anda kemali ke kampung halaman. usaha yang telah Anda rintis melalui blog. Akan dapat Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan.

Tentu saja tidak ada hal yang instant. Semua perlu di pelajari, semua ada ilmunya, semua perlu waktu. Dengan ilmu dan pengetahuan serta pengalaman yang pasti bertambah. Dengan keyakinan dan kesungguhan, kami yakin Anda akan mampu menjalankannya. 

Katakan kepada diri sendiri, bahwa Anda mampu. Katakan kepada diri sendiri, bahwa Anda bekerja di luar negeri hanya untuk sementara, bukan untuk selama-lamanya. Katakan juga bahwa Anda mencintai dan menyayangi keluarga Anda. Semoga dengan begitu semangat Anda semakin bertambah.

Demikian tulisan sederhana kami tentang TKI di luar negeri. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top