0
Beberapa waktu ini menggelinding sebuah isu yang di wacanakan oleh Kementrian Dalam Negeri tentang sebuah rencana pemberian dana untuk parpol dari pemerintah melalui APBN sebesar 1 trilyun rupiah untuk setiap partai politik di Indonesia.

Dana sebesar 1 trilyun rupiah yang akan di berikan Negara kepada setiap partai politik adalah sebuah angka yang sangat fantastis. Sebuah angka yang sangat besar, jika di bandingkan dengan kemampuan partai politik untuk memberikan pendidikan politik kepada seluruh masyarakat. Sebuah angka yang sangat besar jika di bandingkan dengan kegagalan partai politik melakukan pencerahan, membawa demokrasi ke arah yang lebih baik serta mendorong pemerintah untuk dapat lebih berbuat maksimal demi kesejahteraan rakyat.

Sebagai orang yang pernah sedikitnya turut aktif di berbagai organisasi, termasuk partai politik. Penulis merasakan bahwa memang untuk berjalannya sebuah organisasi, terlebih lagi sebuah partai adalah jelas membutuhkan pendanaan yang cukup besar, agar setiap kegiatan organisasi dapat berjalan dengan lancar.

Namun demikian, di tengah situasi rakyat saat ini yang masih jauh daripada merasakan kesejahteraan di dalam kehidupannya. Biaya hidup yang semakin tinggi setiap harinya. Kebijakan rencana memberikan dana sebesar 1 trilyun rupiah untuk setiap partai politik, yang notabene di biayai dari anggaran negara adalah sesuatu yang masih sulit untuk dapat di terima oleh akal yang sehat.
1 Trilyun Rupiah Untuk Parpol
Bukankah semestinya dalam berpolitik adalah sebuah wujud pengabdian sebagi anak bangsa untuk dapat turut serta memikul kewajibannya sebagai warga negara untuk dapat memberikan kepada negaranya sesuatu yang berharga?? Sesuatu yang berguna bagi bagi bangsa dan negara. Maka tidak selayaknya partai politik di biayai oleh negara, terlebih lagi dengan menggunakan dana sebesar 1 trilyun rupiah untuk setiap partai politik.

Masih sangat banyak hal yang dapat di kerjakan dengan dana sebesar itu. Infrastruktur yang masih jauh dari nyaman dan aman, semestinya lebih menjadi perhatian dan fokus pemerintah untuk di perbaiki bukan untuk memberikan dana negara, yang notabene adalah dana rakyat kepada partai politik.

Gunakan dana-dana tersebut untuk lebih memakmurkan masyarakat, dengan membangun infastruktur jalan dan jembatan dengan lebih baik lagi. Agar tidak terjadi kembali musibah-musibah yang terjadi karena buruknya jalan dan jembatan di seantero negeri. Agar perekonomian masyarakat dapat berjalan lebih lancar.

Dana tersebut dapat juga di gunakan untuk menambah dana subsidi yang masih di perlukan mayoritas masyarakat. Operasi pasar dapat lebih di intensifkan jika dana tersebut di tambahkan. Masih banyak hal lain yang di kerjakan.

Sesungguhnya masih cukup banyak cara yang dapat di lakukan oleh setiap partai politik untuk dapat memenuhi kebutuhan dana operasionalnya, selain menunggu kucuran dana dari pemerintah. Sebagai contoh, setiap partai politik dapat memberikan instruksi kepada setiap kader-kadernya dari tingkatan yang paling rendah di setiap desa/kelurahan untuk dapat membangun usaha yang minimal penghasilannya tersebut dapat menghidupkan kegiatan organisasi di tingkatannya tersebut. Begitu selanjutnya dapat di lakukan pula di tingkat yang lebih tinggi di kecamatan, kabupaten/kota, Propinsi.

Jika hal tersebut dapat di lakukan, tidak saja setiap partai politik akan dapat memenuhi kebutuhan pendanaan untuk operasionalnya secara mandiri, melainkan juga setiap partai politik dapat membuka lapangan kerja sekaligus menularkan jiwa usaha secara mandiri kepada masyarakat di sekitarnya.

Memang hal tersebut tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dapat di lakukan. Harus di ingat! Untuk dapat menjadi sebuah bangsa yang besar dan tangguh, kita semua harus belajar untuk meneguhkan hati dan fikiran kita agar kita tidak mudah untuk mengambil sebuah jalan pintas. Yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri dan generasi di masa depan.

Segala sesuatu perlu di pelajari. Jika hari ini kita dapat belajar bersama, kelak di suatu hari nanti bangsa dan negara ini dapat menjadi sebuah negara yang kuat dan kokoh di segala bidang. Dan kesejahteraan masyarakat tidak lagi menjadi sebuah janji-janji manis yang hanya di taburkan di setiap menjelang pemilu. 

Apa yang kami sampaikan tentang rencana pemberian dana sebesar 1 trilyun rupiah kepada setiap partai politik oleh negara, kami maksudkan untuk dapat memberikan sumbangsih pemikiran kami sebagai warga negara. Jika Anda pembaca blog sederhana ini mempunyai saran yang lain, silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih
Jangan lupa baca juga Koin Dari Aceh Untuk Australia

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top