0
3 kisah sukses pebisnis internet, baik dari mancanegara maupun dari Indonesia akan kami bagikan untuk Anda sebagai penambah semangat untuk kita semua yang sedang belajar membangun bisnis di internet. Semoga dari kisah sukses ketiga pebisnis internet tersebut kita dapat mengambil pelajaran. 

Kisah sukses Pertama :
Google adalah sebuah kisah yang penuh inspiratif, sebuah kisah sukses pebisnis internet yang sangat fenomenal. Kelahirannya mengalahkan mesin pencari yahoo yang telah terlebih dahulu ada. Kisah ini bermula dari  sebuah pertemuan yang tidak di sengaja dari seorang Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford. 


Di mulai pada Januari 1996 ketika keduanya memutuskan untuk melakukan kerjasama dalam pembuatan mesin pencari yang di beri nama BackRubb. pada tahun 1998. Teknologi mesin pencari ini terus di sempurnakan. Keduanya mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi mesin pencari mereka. 

Setelah cukup lama melakukan upaya pencarian investor. Akhirnya mereka mendapatkan suntikan dana sebesar 100 ribu dolar dari Andy Bechtolsheim, teman kampus, sekaligus pendiri Sun Microsystem. Uniknya sebuah cek bernilai 100 ribu dolar yang di berikan tersebut tertulis atas nama Google, yang pada saat itu belum di dirikan oleh Sergey dan Larry.

Di tahun 1998 juga, 2 orang investor yang saling berkompetisi di Silicon valley berhasil di yakinkan oleh Sergey dan Larry untuk memberikan suntikan modal sebesar 12,5 juta dolar untuk perusahaan Google yang baru akan di bentuk pada tanggal 7 Desember tahun 1998. 

Kantor pertama perusahaan ini bertempat di sebuah garasi rumah teman mereka di Menlo park, California. Selanjutnya pada tahun 1999 perusahaan Google pindah kantor di 165 University Ace Palo Alto, California, sebelum akhirnya pindah ke Googleplex pada akhir tahunnya.

Hingga tahun 2001 Larry dan sergey terus menjalankan mesin pencari Google. Setelah itu mereka merekrut Eric E.Schdimt untuk menjadi CEO Google.

Hingga tahun ini, google telah berhasil menjadi sebuah perusahaan mesin pencari yang mengalahkan pendahulunya. Google semakin berkembang dengan pesatnya, setelah mengakuisasi blogger. Kini google menjadi sebuah perusahaan yang besar  dengan berbagai bidang usaha. Termasuk membuat sistem operasi android sebagai sistem operasi yang di gunakan untuk telepon pintar.

Kisah Sukses Kedua :
Jeff Bezos, pendiri Amazon sebuah situs toko online yang menjual buku, film, permainan, CD Musik, DVD, perangkat lunak komputer dan barang lainnya.

Kisah sukses seorang Jeff Bezos di mulai pada bulan Mei 1994. Ketika itu ia masih menjadi seorang karyawan di D.E. Shaw. Kelebihan lulusan Princeston ini adalah ia dapat melihat sebuah peluang dari awal kelahiran internet. Sebuah jaringan komputer yang di prediksinya akan bertambah besar dari tahun ke tahun. 

Setelah pemerintah memutuskan untuk mengembangkan bisnis di internet dan mengizinkan perusahaan swasta untuk ikut bergabung dan mengembangkan bisnis online ini. Bezos mulai melakukan sebuah penelitian pemasaran, yang akhirnya menjadi titik awal kesuksesannya.

16 Juli 1995 adalah saat  awal situs Amazon di bukanya untuk seluruh dunia. 30 hari percobaan penjualan di lakukannya tanpa menggunakan publikasi telah berhasil menjual sejumlah besar buku ke 50 negara bagian Amerika dan 45 Negara lainnya.

Kesuksesan yang di raih Bezos adalah karena ia mampu memanfaatkan momentum kelahiran internet dengan baik, di tunjang dengan buah fikirannya yang cukup cemerlang, memberikan kemudahan kepada calon pembeli buku, untuk dapat membeli buku, tanpa harus repot keluar rumah. mampu memberikan kemudahan, memberikan solusi untuk orang lain adalah awal dari kesuksesannya. Kejujuran dan kredibilitas menjadi perhatian yang tinggi oleh Bezos. hampir tidak ada konsumen yang di kecewakan, karena setiap pesanan yang datang akan segera di kirimkan..

Kisah Sukses Ketiga :
Dalam kasus yang lebih kecil ada contoh lain dari kisah sukses pebisnis internet. Pebisnis sukses ini berasal dari negara kita Indonesia.

Seorang pemuda kelahiran Surabaya yang berhasil mendapatkan penghasilan setiap bulannya dalam kisaran 90 Juta rupiah. Sebuah hasil yang di dapatkan dari usaha online, hanya berbekal sebuah perangkat komputer yang tersambung dengan koneksi internet.

Pemuda yang bernama Cosa Aranda ini menghasilkan pendapatan sebesar itu hanya dengan melakukan aktifitasnya di dalam sebuah kamar. 

Hal pertama yang di lakukannya untuk memperoleh penghasilannya tersebut adalah dengan menjadi publisher Google Adsense.

Kegiatan membangun bisnis di internet ini di mulainya pada bulan April tahun 2015, saat itu ia meluncurkan situsnya cosaaranda.com.

Pada saat awal membangun situs tersebut ia hanya berhasil mendapatkan penghasilan 1 dolar saja. 

Tanpa kehilangan semangat dalam membangun bisnis internet, hal tersebut terus di lakukannya hingga menginjak tahun 2007 ia telah berhasil mendapatkan penghasilan sebesar 45 Juta rupiah. Cukup singkat waktu yang di butuhkannya untuk meningkatkan penghasilan.

Saat ini dengan berbagai metode ia terus mengembangkan bisnisnya. Berbagai  model bisnis internet  terus di kerjakannya.

Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari 3 kisah sukses pebisnis innternet ini. Sehingga nantinya kita pun dapat merasakan keberhasilan yang sama. Aamiin...
Jangan lupa baca juga 4 Model Bisnis Internet

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top