0
Ada pertanyaan yang cukup menggelitik, namun tentu perlu di berikan jawabannya. Pertanyaan tersebut sederhana saja. Berapakah sebenarnya modal yang di perlukan untuk memulai membuat blog? Sebuah pertanyaan yang sederhana, bukan? :)

Sebagaimana telah di ketahui, di dunia kita saat ini, hampir tidak ada sesuatupun yang benar-benar gratis dapat kita temukan. Sebuah contoh yang sangat jelas adalah untuk sekedar buang air kecil saja, setidaknya memerlukan uang sebesar 1000 rupiah. Apalah lagi pengeluaran untuk memulai membuat sebuah blog atau situs. 

Hanya yang telah di berikan oleh Tuhan kita lah yang seluruhnya benar-benar gratis, tidak mengeluarkan biaya sepeser pun, oleh karena nya kita wajib untuk bersyukur.  Di dunia ini, mungkin hanya buang angin saja yang saat ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya apapun :)


Sehubungan dengan topik saat ini tentang berapakah modal yang harus di keluarkan oleh seseorang yang berminat untuk membuat blog? Penulis akan berusaha untuk mengupasnya untuk Anda semua. Di bawah ini kebutuhan-kebutuhan yang harus Anda miliki untuk dapat memulai aktifitas bloging.

Kebutuhan Pertama :
Komputer/Laptop; Membuat blog tentu membutuhkan koneksi innternet, karena blog di buat melalui online. Oleh karenanya membutuhkan koneksi internet.  Koneksi internet saja tidak cukup, karena Anda masih harus memiliki peralatan lainnya seperti komputer atau laptop.

Harga sebuah komputer atau Laptop saat ini terbilang cukup murah, dengan harga di kisaran 4 - 7 juta rupiah Anda telah dapat memiliki sebuah komputer atau laptop yang dapat di ajak kerja untuk membuat blog. Saran kami jangan membeli sebuah laptop atau komputer di bawah kisaran harga tersebut kalau Anda tidak ingin kepala menjadi pusing karena sering nya komputer atau laptop Anda NgeHang ketika di ajak bekerja membuat blog :)

Kebutuhan Kedua :
Koneksi internet; Setelah Anda memiliki komputer atau Laptop Anda harus memiliki koneksi internet, baik melalui langganan speedy telkom dengan kisaran harga mulai 200 ribuan, misalnya, atau menggunakan provider lain dengan membeli tambahan peralatan modem seharga kisaran 150-300 ribu rupiah di tambah dengan membeli paket kuota 50-150 ribu rupiah per bulan. 

Dengan menggunakan paket ekonomis ini, jangan lah terlalu sering Anda mendownload, agar kuota internet Anda dapat mencukupi setiap bulannya.

Selain cara di atas, Anda dapat juga memulainya dengan membeli jasa di warung internet, dalam artian Anda dapat melakukan aktifitas bloging melalui warnet. Setidaknya Anda membutuhkan biaya 2000 x 2 jam x 30 hari = 120 ribu rupiah per bulan yang harus  Anda keluarkan, itu jika Anda melakukan aktifitas bloging 2 jam saja dalam sehari. Tentu saja hal tersebut belum terhitung jika Anda juga harus membeli rokok, minuman atau cemilan lainnya untuk menemani aktifitas bloging Anda.

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah Anda dapat melakukan kegiatan bloging dengan bermodalkan wifi gratisan di daerah yang memungkinkan ada sinyal wifi. Seperti di dekat telkom misalnya. Cara ini cukup praktis dan hemat jika Anda memang cukup tahan dengan lambatnya proses loading. Cukup dengan memiliki sebuah laptop Anda telah dapat melakukan aktifitas bloging.

Jadi itulah kira--kira2 modal yang harus di keluarkan per hari atau dalam setiap bulannya untuk melakukan aktifitas bloggging. Jika Anda punya pendapat lain, silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top