0
Blogspot dan wordpress adalah 2 jenis platform yang populer di dunia online dalam urusan membuat blog atau situs. Di antara keduanya manakah yang lebih baik? Tentu saja kedua jenis platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun adakah keduanya memenuhi kebutuhan kamu? Mari kita simak bersama

Persamaan yang menonjol dari kedua platform ini adalah keduanya dapat di gunakan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun, kecuali biaya koneksi internet tentunya. Perbedaan yang mendasar di antara keduanya adalah platform blogspot dapat di gunakan untuk mencari tambahan penghasilan melalui monetisasi dengan mengikuti berbagai program bisnis online di antaranya program pay per click google adsense. Di sementara waktu platform wordpress tidak dapat melakukannya.

Hanya dengan berbekal sub domain gratisan dari blogspot, Anda dapat memulai bisnis online Anda. Hal ini tidak dapat  di lakukan dengan menggunakan platform wordpress. Kecuali situs atau blog yang Anda bangun menggunakan platform wordpress.org dengan memiliki hosting sendiri. Situs besar seperti CNN dan Reuters memakai platform jenis ini.
Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan baca Dapat Uang Dari Internet?? Bisa

Blogspot VS Wordpress

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya tersebut. Semua kembali kepada kita semua yang akan memakainya. Dalam kesempatan kali ini kami ingin mencoba sedikit mengulas tentang perbedaan yang di miliki oleh kedua platform ini.

Pertama Blogspot :
Platform blogspot yang di miliki oleh google, inc adalah sebuah platform favorit yang banyak di gunakan oleh para pemilik blog dan situs di seluruh dunia. Di bawah ini kelebihan dan kekurangannya :
Kelebihan :
1. Kamu tidak perlu mendownload software apapun, kamu langsung dapat menggunakannya setelah kamu mendaftar di blogger.com
2. Lebih aman, dalam artian kamu tidak perlu khawatir terhadap kemungkinan-kemungkinan blog atau situs kamu akan di hack karena adanya lubang-lubang keamanan yang mempunyai celah
3. Jika kamu pemula dalam dunia blogging, blogspot dapat kamu andalkan untuk membuat blog atau situs tanpa harus merasa kesulitan untuk membuat dan mengaturnya.

Kekurangannya :
Keterbatasan platform blogger membuat kamu tidak dapat memaksimalkan potensi blog atau situs kamu untuk lebih baik agar dapat tampil secara maksimal di halaman pencarian google.

Kedua Wordpress :
Wordpress adalah sebuah aplikasi untuk membuat blog atau situs yang menggunakan bahasa PHP dengan sumber terbuka (open source) yang mulai di kembangkan oleh Michel Valdigri dan di lanjutkan oleh Matt Mullenweg. Aplikasi ini di distribusikan dengan menggunakan lisensi publik Umum GNU. 

Platform wordpress memiliki 2  alamat yang berbeda, Yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Wordpress.com adalah situs layanan blog yang di dirikan oleh Automattic. Sementara wordpress.org di didirikan oleh komunitas para pengembang (Developer Web).
Di bawah ini kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihan :
Jika kamu telah mahir dalam membuat blog atau situs, maka kamu kamu dapat mencoba untuk menggunakan platform ini. karena platform ini  mampu memaksimalkan blog atau situs yang kamu miliki dengan segala kreatifitas kamu dengan banyaknya plugin--plugin tambahan yang dapat  di gunakan. Hal ini yang tidak dapat di lakukan oleh blogspot.

Kekurangan :
1. Jika kamu membuat blog dengan mendaftar ke wordpress.com maka kamu hanya akan mendapatkan sebuah blog dengan tema yang terbatas dan tidak dapat di ganti, sekaligus tidak dapat di monetisasi.
2. Jika kamu membuat blog atau situs dengan menggunakan platform wordpress yang nantinya akan kamu monetisasi, maka kamu harus membuat blog atau situs dengan menggunakan aplikasi yang di dapat dari situs  wordpresss.org yang harus kamu unduh dan kemudian kamuu taruh di tempat penyimpanan atau hosting yang harus kamu miliki. 

Banyak tempat-tempat hosting tersebut yang berbayar, yang artinya jika kamu ingin membuat blog atau situs dengan menggunakan platform wordpress, maka kamu harus menyiapkan dana setiap tahunnya. Walaupun tentu ada saja hosting gratis dengan segala kekurangannya.

Demikian sekilas yang dapat kami sampaikan tentang perbedaan platform blogspot  dan wordpress. Selanjutnya pillihan ada di tangan kamu. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca juga Ngeblog di Blogspot dan Wordpress 

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top