0
Dari usia kanak-kanak hingga dewasa secara langsung dan tidak langsung kita telah di ajari untuk mencatat setiap pelajaran yang kita terima dari guru-guru atau orang tua kita. Apa yang telah kita lakukan tersebut sejatinya adalah sebuah pelaksanaan dari sebuah Hadist Nabi Muhammmad SAW yang menyatakan Ikatlah ilmu dengan menulisnya. 

Bahkan Imam Syafii R.A menyatakan, layak di sebut seseorang itu bodoh jika berhasil menangkap seekor Rusa namun tidak mengikatnya. Demikian pula sebuah ilmu jika tidak di tulis.

Membuat suatu postingan ke dalam sebuah blog pada dasarnya juga turut mengimplementasikan hadist tersebut. Mengapa demikian? Karena sebagaimana telah kita ketahui kemampuan kita untuk mengingat segala informasi dan pengetahuan yang kita dapatkan dari setiap sumber adalah sangat terbatas. 
Oleh karenanya jika kita telah mendapatkan suatu informasi atau ilmu lalu kita menuliskannya, ibarat kita telah menemukan seekor Rusa dan mengikatnya. Sehingga pengetahuan atau informasi yang kita dapatkan tidak hilang begitu saja.

Dengan menuliskan setiap informasi atau ilmu yang kita dapatkan, kita telah melakukan sesuatu agar segala informasi dan pengetahuan yang telah kita dapatkan tersebut tidak dapat hilang dengan mudahnya. Sekaligus kita juga dapat memberitahukannya kepada orang lain. 

Dari apa yang kami sampaikan, sangat lah jelas bahwasanya menulis adalah sesuatu yang sangat penting. Bahkan karena sangat pentingnya, menulis menjadi sesuatu yang di pesankan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.

Jadi sama sekali tidak ada ruginya kita menulis. Selain menulis dapat mencurahkan segenap informasi dan pengetahuan yang kita miliki. Dengan menulis kita juga dapat mengasah kembali daya ingat kita. Menulis dapat membuat otak kita bekerja.

Dengan membuat otak kita terus bekerja dengan menulis maka keuntungan yang akan kita dapatkan adalah kelak dalam usia yang beranjak semakin dewasa, kita tetap akan mendapatkan ingatan yang cukup tajam dengan latihan menulis ini. Singkatnya, menulis akan dapat mengurangi daya pikun kita ketika menjelang dewasa dan tua.

Belum lagi keuntungan lainnya akan kita dapatkan jika kita mampu memaksimalkan potensi kemampuan menulis kita. Selain tulisan tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain, yang tentunya dapat bernilai ibadah. Ada potensi menambah penghasilan juga di dalamnya, jika kita mampu memaksimalkannya.

Terima kasih telah berkenan membaca postingan kami yang berjudul ikatlah ilmu dengan menulis. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa simak juga Blogger Biasa VS Blogger Matre 

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top