0
Masalah copy paste di dalam suatu blog atau situs adalah sebuah permasalahan yang sudah cukup lama menghantui dunia blogging. Hampir semua blogger pernah merasakan artikel di blognya di copy paste atau bahkan pernah menaruh artikel yang telah di copy dari blog lain yang selanjutnya di paste kan di blognya sendiri.

Mengapa kami katakan masalah copy paste adalah sebuah permasalahan yang klasik, sebuah permasalahan yang dari dulu telah ada, sekarang pun tetap ada, bahkan di masa depan pun masalah tersebut mungkin akan tetap ada. Karena sejauh yang penulis tahu, sejak dari tahun 2009 sejak mengetahui cara membuat blog, hal tersebut sudah cukup lama ada. Saat ini pun masih tetap ada.

Menurut penulis, copy paste banyak di lakukan oleh blogger pemula yang baru saja mengenal dunia blogging. Rata-rata alasan mereka untuk copy paste adalah karena ingin mempunyai blog yang terisi banyak artikel. Sebagian besar dari mereka tidak cukup mengetahui bahwa artikel yang telah di tulis oleh seseorang lalu di publikasikan melalui blognya mempunya Hak Kekayaan Intelektual.
Masalah Copy Paste di Blog
Dengan demikian mereka belum mengetahui bahwa melakukan copy paste sebuah artikel adalah perbuatan yang tidak benar. Namun demikian bagi penulis, hal yang seperti ini dapat di maklumi. Karena mereka melakukan hal ini semata-mata karena belum mengetahuinya.

Di sisi yang lain copy paste artikel ada juga di lakukan oleh blogger yang telah cukup lama di dunia blogging, dengan alasan finansial. Karena memang dengan semakin banyak memiliki artikel di sebuah blog atau situs maka potensi pengunjung pun akan bertambah dan secara otomatis potensi penghasilan pun demikian juga.

Jika copy paste di lakukan oleh blogger-blogger seperti ini. Maka untuk hal yang seperti ini penulis tidak dapat memakluminya di karenakan sesungguhnya mereka telah mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan adalah melanggar namun mereka tetap melakukannnya juga demi uang. 

Dengan berbagai pengalaman seperti tersebut di atas, ada saja kemudian pemilik blog dan situs yang kemudian mengambil langkah untuk melindungi blog atau situsnya dengan menyisipkan script anti klik kanan di blog atau situsnya. Agar copaser tidak dapat melakukan copy paste. Namun sesungguhnya langkah tersebut juga tidak selamanya dapat berguna, karena hal tersebut masih tetap  dapat di akali. 

Jika langkah melindungi suatu blog kemudian dapat di tembus, lalu untuk apa melakukan hal tersebut? Blog yang berlaku demikian akhirnya mempersulit pembaca yang ingin mengcopy artikel di suatu blog atau situs tidak dengan maksud untuk copy paste. Bisa saja akhirnya secara perlahan pengunjung akan meninggalkan blog tersebut dan mencari blog lain yang memperlakukan pengunjungnya dengan lebih ramah.

Hemat penulis, Biarkan saja blog atau situs sebagaimana biasa. Tidak perlu di sisipkan script anti klik kanan atau sejenisnya. Tidak perlu melakukan langkah-langkah yang akan menyulitkan pembaca yang membutuhkan artikel atau apapun di blog kita, seperti tulisan script atau daftar nama bayi, umpamanya.

Sekalipun copaser tetap mengcopy paste isi blog atau situs kita. Dengan algoritma google yang bertambah canggih, seperti google panda, penguin dan hummingbird, google akan dapat menangkal isi blog yang berasal dari copy paste. Jadi kita para pemilik blog tidak usah khawatir karena blog dengan artikel yang pertama kali di publish akan mendapatkan perlindungan dari mesin pencari google.

Google tidak menyukai konten-konten sampah, blog-blog plagiat. Konten-konten artikel yang telah di publish terlebih dahulu, itulah pemilik artikel sesungguhnya. Sedangkan yang melakukan copy paste akan di anggap memiliki blog plagiat dan blog spam.

Himbauan kami, untuk Anda yang masih melakukan copy paste, mohon untuk di hentikan apa yang telah Anda lakukan, Karena sejatinya hal tersebut tidak berguna. Bahkan sebaliknya, artikel copy paste tersebut akan membuat blog Anda terlihat buruk di mata google. Sebelum pemilik artikel mengetahuinya dan googe menghapus blog Anda, sebaiknya hal tersebut di hentikan saja.

Namun demikian kami yakin, secara perlahan-lahan semua blogger di Indonesia nantinya akan lebih dapat memahami dan menghargai hasil karya blogger yang lain. Di saat itu blogger Indonesia akan lebih dapat berbicara di mata dunia. Terima kasih telah berkenan membaca artikel masalah copy paste di blog sederhana ini. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca juga Blog Campuran VS Blog Niche

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top