0
Sebagaimana telah di ketahui, di internet hampir segala sesuatu informasi, produk maupun jasa dapat kita terima dengan tanpa biaya alias gratis. Namun tentu saja ada informasi-informasi tertentu, produk maupun jasa yang tidak bisa kita dapatkan dengan gratis, seperti ebook-ebook premium, script blog atau website premium, promosi banner, link dan lain sebagainya, sebagai contoh.

Sebagai pengguna internet yang cerdas tentu kita berusaha mengambil seluruh manfaat yang ada secara maksimal dari keberadaan internet, alias mencari segala sesuatu di internet dengan pola fikir gratisan. Mindset seperti inilah yang banyak nya akan menghadang kesuksesan kita jika kita suatu saat mempunyai fikiran akan membangun suatu bisnis di internet.

Mengapa demikian? Tentu saja sesuatu yang bersifat gratisan merupakan sesuatu yang baik, namun tentu saja yang namanya gratisan ada suatu keterbatasan di sana. Sebagai contoh, sebuah ebook gratis, biasanya ebook tersebut tersedia, apa adanya. Penjelasannya pun banyak nya tidak terlalu komplit, yang tidak kalah pentingnya adalah ebook gratisan tidak mendapatkan support atau dukungan dari pembuatnya. 
Contoh lain, sebuah template atau script untuk blog atau website yang di dapatkan secara gratisan biasanya terdapat cukup banyak kekurangan.Seperti, petunjuk pemakaian tidak ada, tidak terdapat support oleh pembuatnya, ada credit link pembuat di footer. Yang lebih repot lagi jika si penyebar template atau script tersebut menyisipkan kode jahat ke dalam template atau script sehingga akan membuat pemakai template atau script tersebut mengalami peristiwa yang cukup tidak menyenangkan nantinya.

Contoh yang lain lagi, di internet banyak hal yang dapat di lakukan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dengan cara gratis. Namun sebagaimana telah kami sampaikan, cara gratisan memiliki keterbatasan. Seperti, produk atau jasa yang kita promosikan hanya dapat terlihat sementara sebelum tertimbun oleh promosi-promosi dari pebisnis lainnya. Oleh karena nya jika Anda ingin mempercepat proses pembangunan dan pengembangan bisnis online yang telah Anda rintis atau akan Anda rintis maka merubah mindset dari gratisan ke berbayar adalah suatu keniscayaan.

Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, semoga Anda dapat lebih memahami bahwa segala sesuatu yang bersifat gratisan juga mempuyai kekurangan bahkan memiliki tingkat resiko-resiko tertentu. Terlebih lagi jika Anda telah mulai melakukan suatu pembangunan bisnis di internet, jika pola fikir gratisan Anda tidak di rubah maka Anda akan mengalami kesulitan dalam tahap-tahap pembangunan dan pengembangan bisnis Anda.

Jadi merubah mindset dari gratisan ke berbayar adalah suatu hal yang harus di lakukan jika Anda ingin memperoleh hasil yang lebih baik. Terkhusus tentu saja untuk Anda yang akan atau telah merintis bisnis online di internet. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca juga Modal Untuk Pay Out AdSense

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top