0
Adanya sebuah kabar yang berkembang baru-baru ini tentang pendiri Wikipedia Foundation, Jimmy Wales, yang ingin menuntut NSA (National Security Agency) karena di anggap telah melanggar kebebasan di internet dengan melakukan penyadapan-penyadapan. Menyadarkan penulis akan sebuah buku buah karya penulis terkenal Dan Brown yang berjudul Benteng Digital. (Jika Anda belum memiliki bukunya silahkan kunjungi situs Perpustakaan Digital)
Baca juga Prediksi Masa Depan Ala Dan Brown

Sebuah buku yang menceritakan tentang dunia Agency terkuat di dunia. Sebuah organisasi yang menjadi tulang punggung seluruh badan rahasia negara Amerika. Sebuah buku yang menceritakan tentang seorang petinggi NSA yang melakukan apapun untuk mencapai sebuah tujuan, termasuk pembunuhan. Sebuah karya manis dari seorang penulis novel Dan Brown yang layak Anda baca sebagai penambah pengetahuan sekaligus membuka wawasan.

Sebagaimana telah di ketahui bersama, di dalam era internet, di dalam era keterbukaan informasi saat ini, melalui media internet, kita dapat menerima dan memberikan begitu banyak informasi yang sebelumnya tidak mudah kita dapatkan. Kebebasan untuk mencari segala informasi, kebebasan untuk membagikan segala informasi dapat di lakukan melalui media ini. Bahkan sebagian para ahli menyatakan, adanya internet dapat menjadi sebuah pilar baru bagi demokrasi.
Wikipedia, NSA dan Benteng Digital
Kebebasan sejatinya ingin di miliki oleh setiap orang, bahkan sesungguhnya kebebasan telah menjadi hak milik setiap individu yang bersangkutan sejak di lahirkan. Oleh karenanya kebebasan untuk memperoleh dan menyebarkan informasi harus lah tetap menjadi sebuah kebebasan tanpa harus ada kontrol dari manapun. Tentu saja yang kami maksudkan dengan adanya kebebasan tanpa kontrol adalah suatu kebebasan yang sifatnya memiliki tanggung jawab, baik secara moral, etika dan nilai-nilai kemanusiaan.

Hadirnya era internet sangat membantu banyak orang untuk meraih apa yang di inginkan. Tidak saja sebatas informasi melainkan juga penghasilan bagi sebagian orang. Oleh karena nya kami memandang tidak lah pas kalau ada seseorang atau badan dunia dari negara manapun yang mempunyai keinginan untuk memberangus kebebasan ini. Karena pada hakekatnya mereka telah melakukan upaya untuk memasung demokrasi. Memasung kebebasan berekspresi.

Kebebasan yang di peroleh melalui media internet ini tentu saja hampir sama dengan kebebasan yang kita miliki di ranah offline. Di mana kebebasan yang kita miliki harus lah di pergunakan dengan cara-cara yang baik dan bertanggung jawab. Kebebasan harus lah di gunakan untuk hal-hal yang membawa manfaat bagi orang lain, bukan untuk membawa keburukan.

Melalui tulisan ini kami mendukung apa yang Jimmy Wales suarakan untuk tetap menjaga media internet menjadi sebuah media yang bebas tanpa intervensi dari apa dan siapapun. Karena sebagaimana telah kami sampaikan, internet adalah sebuah media yang terlahir dengan adanya suatu kebutuhan. Suatu kebutuhan akan media yang mampu memenuhi segenap kebutuhan akan kekebasan bersuara dan berpendapat. Saling bertukar informasi, demi masa depan kemanusiaan yang lebih baik lagi.

Jika Anda memiliki pendapat lain, silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermafaat.
Jangan lupa baca juga 1 Trilyun Rupiah Untuk Parpol

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top