0
Postingan kali ini admin akan mencoba mengulas tentang sebuah investasi yang di lakukan oleh rekan-rekan, baik yang ada di ranah offline maupun online. Kali ini kami akan mengulas tentang perbandingan modall investasi membangun blog dan usaha warnet, warung internet.
Ide tulisan ini admin dapatkan setelah membandingkan dengan seorang blogger yang membangun sebuah blog dan seorang teman yang membangun usaha warung internet. Keduanya dapat kami simpulkan sama-sama melakukan sebuah investasi, walaupun mungkin sifatnya masih sederhana, dalam usaha mereka untuk meraih penghasilannya.

Tenttu saja selain dunia warnet cukup erat kaitannya dengan dunia blogging. Karena saat ini masih cukup banyak para blogger yang menggunakan jasa warnet untuk membangun blognya dalam rangka meraih penghasilan dari dunia online, internet. Perbedaan keduanya adalah Investasi membuat blog berada di ranah online sedangkan membangun sebuah warnet atau warung internet berada di ranah offline. Namun tujuannya adalah sama berupaya meraih penghasilan.


Mari kita mulai untuk mencoba membandingkan usaha investasi membangun blog dan warnet. Kita akan mulai perbandingan ini dengan menggunakan sarana dan prasarana yang minimal dari keduanya. Termasuk masalah budget yang harus di sediakan, potensi penghasilan yang akan di dapatkan serta permasalahan yang ada di kedua jenis investasi ini.

Perbandingan Modal Investasi Blog dan Warnet


1. Modal Investasi membuat Blog
Dalam konteks perbandingan investasi blog dan warnet ini, kami bicara tentang membangun sebuah blog yang berisi artikel-artikel ke dalam bahasa Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan jika kamu dapat menulis sebuah artikel ke dalam bahasa inggris kamu juga dapat melakukannya. Seandainya hal tersebut dapat kamu lakukan tentu akan lebih baik.

Untuk membangun sebuah blog membutuhkan kemampuan minimal, seperti mengerti akan pembuatan blog,  mengetahui cara memasang template dan membuat artikel untuk mengisi postingan. Tidak di butuhkan tempat yang khusus untuk membangun sebuah blog. Jika kamu mempunyai sebuah komputer atau laptop dan terkoneksi internet, maka kamu telah mempunyai sarana yang cukup untuk mulai membangun blog.

Namun demikian, jika kamu mengharapkan untuk dapat segera memiliki penghasilan dalan jangka waktu 3-6 bulan sejak kamu membuat blog, maka kamu harus menyiapkan dana yang cukup besar untuk membangun sebuah blog. Dana terbesar tersebut di persiapkan untuk membeli artikel-artikel yang nantinya akan kamu taruh ke dalam blog.

Dana terbesar yang kamu butuhkan untuk berinvestasi melalui blog adalah dengan membeli artikel-artikel melalui jasa penulisan artikel. Setidaknya kamu membutuhkan 1000 artikel dengan kualitas SEO Onpage yang relatif baik agar kamu mendapatkan penghasilan rutin perbulannya melalui berbagai macam program penghasil uang yang banyak bertebaran di Internet, seperti program Adsense dan Affiliasi.

Rincian Biaya :
1. Mempunyai PC/Laptop Harga : 7 Juta;
2. Mempunyai koneksi internet sendiri; Modem Harga : Rp. 350.000,- Pulsa GSM Rp. 150.000,-/bulan
Bisa juga sewa warnet 2/hari x Rp. 2.500,-/jam x 30 hari = Rp. 150.000,-/bulan. dengan demikian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli PC/Laptop + Modem untuk internet
3. Membuat blog di jasa pembuatan website : Harga : Rp. 350.000,- Domain TLD + Hosting blogspot + Premium Template ATAU Rp. 650.000,- Domain TLD + Hosting (2 Gb Space + 100 Gb Bandwith Free untuk 1 Tahun pertama). Semakin banyak artikel dan pengunjung di blog Anda, maka Anda memerlukan space dan bandwith hostingg yang leebih besar.
Jika Anda telah memiliki kemampuan untuk membuat blog sendiri, maka Anda dapat mengurangi biayanya. Mungkin Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa domain TLD saja di kisaran harga 100 ribu.
4. Membeli Artikel; 1 buah artikel dengan 500 kata, biasa di hargai dengan harga Rp. 15.000,-/artikel. Anda harus memiliki 1000 artikel. Oleh karenanya Anda harus memiliki dana sebesar 15 juta rupiah untuk membeli artikel-artikel ini.
Anda dapat menulis artikel sendiri, hitung kemampuan Anda untuk dapat membuat artikel sebanyak 1000 artikel dalam waktu 3 bulan, maksimal dalam 6 bulan. Rata2 Anda harus mampu membuat  artikel sejulah 5-10 artikel setiap hari.
5. Membeli akun google AdSense di kisaran harga Rp. 350.000,- ATAU Anda dapat membuatnya sendiri. Dengan jumlah artikel yang cukup dan tidak melanggar TOS Google Adsense maka Anda akan mampu memiliki Akun Google AdSense tanpa menegluarkan biaya.
6. Rawat lah blog Anda dengan sabar dan tekun dengan cara terus mengisi artikel dengan tulisan sendiri tanpa copy paste tulisan orang lain secara berkala.
Jumlah Modal yang di perlukan = 
Jika ke 6 hal tersebut Anda jalani dengan maksimal, kami yakin  paling lambat dalam 6 bulan ke depan, blog Anda telah menjadi suatu investasi yang menghasilkan dalam setiap bulannya, minimal akan dapat menghasilkam sebesar $100/bulan atau 1 juta 300 ribu secara rutin.
Simak juga Berapakah Modal Yang di Perlukan Untuk Ngeblog?

2. Modal Investasi Membuat Warnet (Warung Internet)
1. Sewa Tempat Usaha ; Kisaran harga sewa tempat usaha untuk warnet ini berkisar antara 15-25 juta Rupiah/tahun. Tergantung dari daerah, luas tempat usaha dan letaknya. Namun secara umum dengan biaya sebesar 15 juta Rupiah, Anda telah mampu memiliki tempat usaha.
Jika Anda telah memiliki tempat usaha sendiri, seperti di rumah misalnya, maka biaya sewa ini tidak lagi Anda perlukan.
2. Membeli peralatan komputer sebanyak 10 unit beserta instalasinya; Biaya ini tergantung juga dengan unit komputer yang akan di gunakan. Semakin tinggi tingkat spesifikasi komputer, maka semakin tinggi pula biaya yang di butuhkan. Namun secara rata-rata dengan memiliki dana sebesar 30 juta rupiah Anda telah dapat memiliki 10 unit komputer beserta instalasinya.
3. 1 unit komputer untuk server dan biling; Sebesar 5 juta rupiah
4. 11 buah kursi dan Meja, rata-rata memerlukan dana 300 ribu rupiah per unitnya = 3, 3juta rupiah
3. 1 buah printer; 1 unit printer dengan harga 500 ribu rupiah
4. 1 rim kertas hvs; 30 Ribu Rupiah
Jumlah Modal =  Rp. 53.830.000,- (Lima Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Tiga Puluh Ribu Rupiah)

Jika hal ini yang Anda kerjakan, dalam waktu 3-6 bulan setelah Anda memiliki usaha warnet ini, Anda akan mulai memiliki penghasilan di kisaran 1,5 juta perbulan.

Demikian perbandingan jenis usaha dan modal yang di butuhkan dalam investasi blog dan warnet. Jika Anda memiliki pendapat lain, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.
Jangan lupa simak juga Modal Bisnis Isi Pulsa

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top