0
Sejatinya hidup sehat adalah jalan yang paling murah agar kita dapat terhindar dari segala penyakit. Tulisan sederhana ini akan membandingkan antara penyakit Diabetes dan Maag. Di antara kedua penyakit tersebut manakah yang lebih berbahaya dan apakah sebabnya? 

Tulisan kali ini terinspirasi dari obrolan sederhana dari obrolan-obrolan sederhana lainnya dengan salah seorang sahabat yang kebetulan memiliki kecerdasan yang cukup istimewa. Latar belakangnya adalah akuntansi namun beliau juga cukup aktif mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan baru yang di anggap berguna bagi dirinya. Termasuk mempelajari ilmu kesehatan.

Penyakit Diabetes secara sederhana dapat di gambarkan sebagai penyakit kelebihan unsur gula yang terdapat di dalam tubuh manusia. Jika di dalam tubuh manusia terdapat kelebihan unsur ini dan tidak dapat di ubah menjadi kalori maka tubuh manusia akan menderita suatu penyakit yang secara umum di sebut penyakit diabetes. Penyakit ini juga dapat di katakan sebagai penyakit keturunan. Seseorang yang memiliki orang tua yang menderita penyakit diabetes akan mendapatkan kemungkinan yang lebih besar untuk mengidap penyakit ini.

Sesungguhnya unsur gula di dalam tubuh adalah sangat penting. Karena di suatu saat unsur gula yang terkandung di dalam dapat di ubah menjadi unsur kalori yang dapat di gunakan sebagai bahan bakar tubuh yang dapat di jadikan tenaga. Sayangnya jika seseorang telah mengidap penyakit ini tubuhnya tidak lagi dapat  secara serta merta mengubah unsur gula yang ada di tubuhnya menjadi kalori. Sehingga semakin lama tubuh nya akan semakin menderita akibat penyakit ini.
Penyakit Diabetes Dan Maag
2 hal yang dapat di lakukan oleh seseorang yang telah mengidap penyakit ini atau yang ingin terhindar dari penyakit ini. Hal pertama adalah hindari makanan-makanan yang mengandung unsur gula terlalu besar. Sebagai contoh, unsur gula yang terkandung di dalam beras lebih besar daripada unsur gula yang terkandung di dalam singkong dengan takaran yang sama. 

Kedua adalah Olah Raga, seseorang yang telah mengidap penyakit diabetes ini tubuh nya tidak lagi dapat membakar unsur gula yang terdapat di dalam tubuhnya secara normal. Oleh karena nya olah raga adalah salah satu cara yang paling memungkinkan dan ampuh agar penderita penyakit diabetes ini dapat membakar unsur gula berlebihan yang terdapat di dalam tubuhnya.  

Jadi bagi Anda yang telah mengidap gejala atau penyakit Diabetes ini jalan yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara memperhatikan pola makan. Hindari  makanan-makanan yang mengandung terlalu banyak unsur gula. Berolah raga lah secara teratur untuk dapat membantu tubuh membakar unsur gula yang tidak mampu tubuh membakar atau mengolahnya.

Penyakit Maag secara sederhana dapat di katakan sebagai penyakit lambung. Penyakit ini biasanya di karenakan pola makan yang tidak teratur. Sebagaimana di ketahui fungsi lambung salah satunya adalah untuk menggiling makanan yang masuk ke dalam tubuh.  

Proses ini berlaku selama 24  jam. Jadi dapat di bayangkan jika di dalam lambung tidak terdapat makanan maka lambung akan saling bergesekan yang akhirnya akan mengakibatkan luka. Luka ini lah yang kemudian menyebabkan penyakit maag. Syukur nya penyakit maag ini tidak dapat di wariskan kepada anak keturunan.   

Dengan pola makan yang benar sesungguh nya akan sangat mudah menghindari penyakit maag ini. Karena penyebab terbesar dari adanya penyakit ini adalah karena adanya pola makan yang tidak teratur. Jika Anda ternyata telah mengalami penyakit ini cara mengobati nya pun relatif mudah. Dengan jangka waktu 3 hari saja Anda telah mampu mengobati pennyakit ini dengan mengikuti pola makan yang benar dan teratur. 

Namun jika setelah Anda sembuh dari penyakit ini, di kemudian hari Anda tidak mampu menjaga pola makan maka penyakit Maag Anda akan dapat kembali lagi. Inti nya untuk menghindari penyakit ini adalah dengan mengikuti pola makan yang benar dan teratur. Jika Anda mampu menjaganya maka Anda akan terhindar dari penyakit ini selamanya. 

Dari tulisan di atas dapat di simpulkan bahwasanya diantara diabetes dan maag, penyakit yang lebih berbahaya bagi tubuh adalah penyakit diabetes. Walaupun tentu saja kedua penyakit tersebut sama tidak enak nya bagi mereka yang merasakannya. Satu kesamaan pengobatan dari penyakit ini adalah dalam hal pengelolaan pola makan secara baik dan benar. Jika kita mampu untuk melaksanakannya, Insyaallah kita akan terhindar dari kedua penyakit tersebut. Aamiin..

Semoga tulisan sederhana perbedaan antara penyakit diabetes dan maag ini dapat bermanfaat. Jika Anda memiliki pendapat lain. Silahkan tulis komentar Anda di kolom komentar. Terima kasih

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top