0
Kalau posting sebelumnya ada 8 amalan bulan ramadhan . Artikel kali ini akan mengangkat sebuah judul 3 ibadah penting ramadhan. Di hari pertama bulan ramadhan ini, kami penulis ingin mengajak diri penulis pribadi dan semua pembaca blog sederhana ini untuk mengetahui ibadah-ibadah penting yang selayaknya kita lakukan di bulan puasa yang penuh berkah ini.

3 ibadah penting di bulan ramadhan yang selayaknya harus kita kerjakan secara maksimal adalah seperti di bawah ini :
3 Ibadah Penting Ramadhan
1. Ibadah puasa
Tentu saja di bulan ramadhan ini ibadah puasa adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dapat kita kerjakan secara maksimal. Karena di bulan puasa ini, Seluruh kaum muslimin dan muslimat yang telah memenuhi syarat harus lah melaksanakan puasa selama 1 bulan lamanya. 

Perintah ALLAH SWT seperti dalam firmanNya di Alqur'an surat AlBaqoroh ayat 183 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

" Wahai Orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kamu berpuasa. Sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertaqwa "
 2. Ibadah Zakat

Ibadah zakat terbagi atas 2, pertama adalah Zakat Fitrah, kedua Zakat Maal. Zakat Fitrah wajib untuk di keluarkan oleh setiap muslim dan muslimat satu kali dalam satu tahun menjelang akhir bulan ramadhan sebelum hari raya idul fitri. Yang di keluarkan atau di zakat kan adalah berupa makanan pokok yang ada di daerah yang bersangkutan.

Jika di suatu daerah makanan pokoknya adalah beras maka yang harus di keluarkan zakat nya adalah beras. jika yang menjadi makanan suatu daerah adalah sagu atau gandum maka yang di keluarkan adalah sagu atau gandum. Besar zakat fitrrah yang harus di keluarkan adalah 2,7 Kg atau 3, 5 liter.

Zakat Maal sedikit berbeda dari Zakat Fitrah. Jika zakat fitrah adalah mengeluarkan zakat yang berupa makanan pokok. Zakat Maal adalah zakat harta yang harus di keluarkan setiap tahunnya berdasarkan perhitungan masing-masing sesuai dengan apa yang di miliki oleh seorang muslim dan muslimat.

Zakat Maal yang harus di keluarkan oleh seorang muslim mencakup hasil perniagaan jika ia seorang pedagang. Pertanian jika ia seorang petani.  Pertambangan jika ia seorang penambang. Hasil laut jika ia seoarang pelaut. Hasil ternak jika ia adalah seorang peternak. Jika seseorang memiliki Harta temuan, emas atau perak maka seseorang tersebut juga wajib untuk mengeluarkan zakat dari harta  yang di milikinya tersebut. Masing-masing jenis harta tersebut memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.

ALLAH SWT Berfiman :
الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَآءِ وَاللهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلاً وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمُ
" Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripadaNya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui " (QS. Al Baqarah: 268).

مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّاْئَةُ حَبَّةٍ وَاللهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَآءُ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
" Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui" (QS. Al-Baqarah: 261)

وَمَثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمُ ابْتِغَآءَ مَرْضَاتِ اللهِ وَتَثْبِيتًا مِّنْ أَنفُسِهِمْ كَمَثَلِ جَنَّةٍ بِرَبْوَةٍ أَصَابَهَا وَابِلُُ فَئَاتَتْ أُكُلَهَا ضِعْفَيْنِ فَإِن لَّمْ يُصِبْهَا وَابِلُُ فَطَلُُّ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
"Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat" (QS. Al-Baqarah: 265)

3. Ibadah Tarawih
Melaksanakan sholat Tarawih hukum nya adalah sunnah. Namun karena sholat tarawih hanya ada 1 tahun sekali maka melaksanakan sholat tarawih di bulan ramadhan adalah merupakan suatu amalan yang penting di bulan ramadhan.

Rasululullah SAW sangat menganjurkan ibadah sholat tarawih ini. Beliau bersabda :

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Orang yang melaksanakan qiyam ramadhan (tarawih) karena iman dan ingin mendapatkan balasan maka dia akan di ampuni dari dosanya (HR. Bukhari - Muslim

Yang di maksud Qiyam Ramadhan ini adalah juga mencakup shalat-shalat sunat pada malam-malam Ramadhan dan shalat tarawih. Oleh karena itu, seharusnya kita memperhatikan dan senantiasa menjaganya. Marilah kita laksanakan sholat Tarawih dengan penuh antusias bersama imam, dan tidak meninggalkan Imam sholat sebelum sholat Tarawih selesai

Demikian lah 3 ibadah penting bulan ramadhan. Semoga kita dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan tahun ini dapat lebih baik dari tahun kemarin. Aamiin

 Jangan lupa simak juga Pilih Gadis Atau Janda

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top