0
5 Pantangan Bisnis Online - Era digital sungguh memberikan kesempatan yang besar bagi siapa saja yang ingin memulai merintis suatu atau bisnis di ranah online. Bisnis online yang di lakukan melalui dunia internet nyaris tidak memerlukan modal yang besar. Hal ini lah yang membuat banyak orang terjun menekuninya, mungkin termasuk Anda.

Namun demikian ada aturan-aturan tertentu yang seyogya nya harus Anda hindari jika Anda sudah memiliki bisnis online ataupun baru ingin merintisnya. 5 pantangan dalam bisnis online yang harus Anda hindari adalah seperti di bawah ini :
5 Pantangan Bisnis Online
1. Jangan Pernah Menampilkan Testimonial Palsu
Testimonial dari konsumen yang puas terhadap pelayanan jasa atau produk yang Anda miliki memang benar akan mendatangkan kredibilitas serta konversi yang lebih tinggi pada produk atau jasa yang Anda jual.

Namun demikian, jangan sekali-kali Anda memanipulasi calon konsumen dengan memberikan testimonial palsu di dalam blog atau website bisnis online yang Anda miliki. Alih-alih Anda akan mendapatkan kredibilitas dan konversi penjualan produk atau jasa yang Anda miliki menjadi tinggi, hal yang terjadi adalah sebaliknya. 

Oleh karenanya hindari lah untuk memberikan testimonial palsu kepada calon konsumen Anda. Sebagaimana di ranah offline, kejujuran adalah tetap menjadi suatu modal yang sangat penting bagi pebisnis online.

2. Jangan Pernah Abaikan Calon Konsumen
Jika di blog atau website bisnis online Anda menampilkan nomor Hp, WA, atau Yahoo Messenger sebagai sarana hubungan Anda dengan calon konsumen. Maka yang harus Anda lakukan adalah memonitor sekaligus menanggapi apapun yang mungkin menjadi pertanyaan calon konsumen Anda.

Jangan sekali-kali tidak merespon atau mengabaikan pertanyaan-pertanyaan dari calon konsumen produk atau jasa Anda dengan alasan sedang sibuk sekalipun. Begitu ada pertanyaan dari calon konsumen berusahalah untuk segera meresponnya. Jika memang karena suatu alasan tertentu Anda belum memberikan respon dalam jangka waktu yang cukup lama, tidak ada salah nya jawaban respon Anda di awali dengan kata "Maaf". Niscaya calon konsumen tersebut akan dapat memaklumi keterlambatan respon yang Anda berikan.

3. Jangan Buat Deskripsi Produk Atau Jasa Asal-asalan
Buatlah deskripsi produk atau jasa yang akan Anda jual dengan jelas. Dengan kejelasan deskripsi tersebut calon konsumen akan dapat memahami seperti apa produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Deskripsi untuk sebuah produk atau jasa adalah sangat penting untuk membuat calon konsumen percaya bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan di butuhkannya. Oleh karena nya hindari untuk membuat deskripsi produk atau jasa secara asal-asalan

4. Jangan Pasang Foto Produk Atau Jasa Yang Tidak Sesuai Dengan Aslinya
Setiap calon konsumen ingin mengetahui secara jelas apa yang ingin di belinya. Oleh karena nya selaku penjual Anda mempunyai kewajiban untuk memberikan kepada calon konsumen informasi yang seluas-luasnya. Salah satu cara yang dapat di pakai adalah dengan cara memposting foto produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Namun demikian jangan sekali-kali memposting sebuah foto yang sama sekali berlainan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sekali saja calon konsumen kecewa maka ia tidak akan membeli lagi produk atau jasa dari Anda.

5. Jangan Menuliskan Alamat Fiktif
Cukup banyak pemilik bisnis online, khususnya yang baru berkembang belum memiliki alamat khusus untuk bisnis nya. Cukup banyak pelaku usaha bisnis online yang melakukan kegiatan nya dari rumah pribadi nya saja. Hal demikian yang terkadang membuat beberapa pelaku usaha bisnis online merasa malu untuk memberikan alamat bisnis online nya kepada calon konsumen nya.

Sebenarnya hal tersebut tidak lah perlu terjadi karena hal tersebut masih dapat di siasati, yang terpenting adalah jangan pernah memberikan alamat palsu kepada calon konsumen. Karena jika calon konsumen Anda mengetahuinya maka kredibilitas usaha Anda menjadi taruhannya.

Hal yang dapat Anda sampaikan jika ada calon konsumen yang bertanya tentang alamat bisnis Anda adalah pertama Anda tetap memberikan alamat rumah pribadi Anda sebagai alamat kantor bisnis Anda. Walaupun mungkin terlihat kurang profesional, hal ini masih lebih baik daripada Anda berbohong dan ketahuan. Kedua Anda dapat menyampakan kepada calon konsumen tersebut bahwa bisnis Anda hanya bersifat online oleh karena nya tidak memiliki alamat kantor offline. Kini pilihan di tangan Anda!!

Demikian artikel singkat tentang 5 pantangan dalam bisnis online yang harus Anda hindari. Semoga bermanfaat
Simak juga Wisata Kuliner Lapangan Enggal

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top