0
6 ciri istri shalihah - Mendapatkan seorang istri yang shalihah adalah suatu hal yang di dambakan oleh setiap pria. Walaupun pria tersebut tergolong seorang pria yang tidak baik akhlak nya. Terlebih lagi jika pria tersebut adalah tergolong pria baik-baik, tentu ia menginginkan istri nya kelak adalah seorang perempuan yang shalihah. 

ALLAH SWT berfirman :

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

" Wanita (istri) shalihah adalah yang taat lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah memelihara mereka " (An-Nisa: 34)

Dalam ayat di atas di sebutkan bahwa di antara sifat perempuan yang shalihah adalah Ia taat kepada ALLLAH SWT dan kepada suaminya dalam perkara/hal yang ma'ruf/benar. Dan Ia juga memelihara dirinya ketika suaminya tidak berada di sampingnya. 
6 Ciri Istri Shalihah
Tugas seorang istri yang shalihah adalah menunaikan ketaatan kepada Rabb nya, kepada Tuhannya, ALLAH SWT dan kepada suaminya. Lagi memelihara diri dan harta suaminya ketika suaminya tidak ada/berpergian.
Tidak mudah memang untuk mendapatkan seorang perempuan yang saleha. Terlebih di era digital saat ini dimana emansipasi perempuan di rasa terlalu kebablasan. 6 ciri istri saleha di bawah ini semoga dapat membantu Anda semua yang menginginkan dapat memiliki seorang istri yang saleha.

1. Muslimat
Seorang perempuan dapat di katakan sebagai seorang muslimat yang baik jika ia berusaha untuk dapat menjadi seorang perempuan yang ikhlas, yang tunduk dan patuh kepada perintah ALLAH SWT dan RasulNya.

2. Mukminat
Seorang perempuan dapat di katakan menjadi seorang mukminat jika ia senantiasa berusaha keras untuk membenarkan segala perintah dan apa yang menjadi larangan ALLAH SWT.

3. Qanitat
Seorang perempuan layak di katakan sebagai memiliki sifat qanitat jika ia senantiasa berusaha untuk selalu taat.

4. Taibat
Seorang perempuan dapat di katakan menjadi seorang perempuan taibat jika ia senantiasa selalu bertaubat dari dosa-dosa yang telah mereka lakukan. Mereka selalu kembali untuk mengikuti kepada perintah yang telah di tetapkan Rasulullah SAW walaupun mereka harus meninggalkan apa yang di senangi oleh hawa nafsu mereka.

5. 'Abidat
Seorang perempuan dapat di katakan memiliki sifat 'abidat ini jika ia senantiasa berusaha melakukan banyak ibadah kepada ALLAH SWT dengan senantiasa menTauhidkanNya.

6. Shoimat
Seorang perempuan dapat di katakan memiliki sifat shoimat ini jika ia senantiasa berusaha untuk menekan hawa nafsunya dengan menjalankan ibadah puasa. Baik itu ibadah puasa wajib Ramadhan maupun puasa-puasa sunnah lainnya.

6 ciri istri saleha di atas adalah sesuai dengan apa yang telah di firmankan ALLAH SWT dalam surat Attahrim ayat 5, yang berbunyi :

عَسَى رَبُّهُ إِنْ طَلَّقَكُنَّ أَنْ يُبْدِلَهُ أَزْوَاجًا خَيْرًا مِنْكُنَّ مُسْلِمَاتٍ مُؤْمِنَاتٍ قَانِتَاتٍ تآئِبَاتٍ عَابِدَاتٍ سآئِحَاتٍ ثَيِّبَاتٍ وَأَبْكَارًا

 
"Jika sampai Nabi menceraikan kalian, mudah-mudahan Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kalian, muslimat, mukminat, qanitat, taibat, 'abidat, saihat dari kalangan janda ataupun gadis." (At-Tahrim: 5)

Demikan tulisan kami tentang 6 ciri istri yang saleha. Semoga bermanfaat
Jangan lupa simak juga 3 Ibadah Penting Ramadhan

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top