0
Cara Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa - Ramadhan adalah bulan yang pernuh berkah. Ampunan dan rahmat ALLAH SWT di berikan kepada setiap hamba yang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Setiap amalan ibadah yang di lakukan di bulan ini apapun bentuknya akan di hitung berlipat ganda.

Sesungguhnya puasa di butuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh itu sendiri setelah 11 bulan melakukan aktifitas tiada henti. Sejatinya ibadah puasa tidak hanya menjadi suatu keajiban yang telah ALLAH SWT perintahkan namun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tidak makan dan minumnya seseorang yang melakukan puasa dalam beberapa jam dalam settiap harinya mungkin akan mengakibatkan seseorang tersebut merasakan rasa haus dan lapar yang cukup berat karena belum terbiasanya tubuh.
Namun demikian jangan karena puasa menjadikan diri kita tidak produktif dalam berusaha dan bekerja. Jangan pernah jadikan alasan puasa menurunkan produktifitas kinerja kita. Karena sesungguhnya jika kita mampu untuk menjaga kebugaran tubuh, maka kesehatan tubuh kita tidak akan terganggu selama menjalani aktifitas puasa, yang akhirnya akan membawa produktifitas kerja sehari-hari kita tetap tinggi.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk dapat menjaga kesehatan di bulan puasa :

1. Sahur dan Berbuka Dengan Menu Yang Sehat
Sahur dan berbuka merupakan salah satu kegiatan yang di lakukan selama berbulan puasa. Seyogyanya dalam berbuka puasa dan sahur di laksanakan atau di kerjakan dengan cara seperti biasa bahkan lebih baik lagi dari hari-hari biasa. Cukupi kebutuhan vitamin dengan makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Berbukalah dengan di dahului makanan yang manis-manis. Setelah sholat maghrib, baru menyantap makan malam sesuai dengan porsi tubuh dengan menu makanan yang sehat dan jaga agar tidak makan terlalu kekenyangan. Karena jika makan terlalu mengenyangkan nantinya akan dapat mengganggu ibadah selanjutnya seperti sholat Isya dan Tarawih. Juga dapat merugikan kesehatan karena lambung bekerja keras untuk mencerna makanan.

2. Banyak Minum Air Putih
Sebuah penelitian menyebutkan seseorang akan tetap mampu bertahan hidup selama 3-7 hari walaupun dirinya tidak memperoleh makanan. Namun manusia hanya akan mampu hidup dalm 1 hari saja jika ia tidak memperoleh minum.

Sehubungan dengan puasa bulan Ramadhan ini sangat di anjurkan orang-orang yang berpuasa banyak meminum air putih guna mempertahankan tubuhnya dari kemungkinan dehidrasi. Terlebih lagi jika kita melakukan aktifitas di tengah situasi yang terik dan panas.

3. Istirahat yang cukup
Setiap orang dewasa dan anak-anak serta remaja di anjurkan tetap memiliki waktu istirahat yang cukup. Waktu yang di butuhkan untuk istirahat atau tidur maksimal 6 jam saja dalam 24 jam bagi dewasa. Jika masih kanak-kanak dan remaja waktu istirahat mereka mencapai 8 jam.

Dengan cukupnya waktu istirahat ini tubuh akan tetap mampu menciptakan antibody yang cukup. Sehingga berbagai macam virus dan bakteri yang mungkin tubuh dapatkan selama melakukan aktifitas akan tetap dapat di tahan oleh tubuh. Sehingga tubuh tetap kuat dan prima, tidak mudah terserang penyakit.

4. Olahraga Teratur
Seperti kegiatan olah raga yang biasa di kerjakan secara teratur di luar bulan Ramadhan. Sebaiknya di bulan ini pun kegiatan olahraga tetap di lakukan untuk membuat tubuh tetap bergerak secara aktif. Tentu saja kegiatan olahraga yang di lakukan di bulan ramadhan frekuensi nya harus di sesuaikan dengan kondisi tubuh yang juga sedang istirahat dari berbagai aktifitas pencernaan. 

Pada prinsipnya olah raga tetap harus di jaga agar tubuh tetap menjadi energik sehingga tidak mengganggu segala aktifitas dan kegiatan yang di lakukan. Jangan jadikan puasamu sebagai penghambat kinerjamu dalam berusaha dan bekerja.

Semoga artikel singkat tentang cara menjaga kesehatan di bulan puasa ini dapat bermanfaat. Terima kasih
Simak juga 2 Macam Kerja Sampingan Untuk Pelajar

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top