0
Tahun ajaran 2014/2015 di akhiri dengan liburan sekolah dan ramadhan yang bersamaan. Hal ini mengingatkan penulis terhadap suatu fakta di zaman Presiden Gus Dur di mana ketika itu kegiatan sekolah di liburkan di bulan ramadhan.

Sayangnya kebijakan yang sangat baik tersebut tidak berlaku kembali setelah Presiden Gus Dur tidak lagi menjabat sebagai Presiden. Kebijakan yang sangat baik tersebut tidak di lanjutkan oleh penerusnya.

Tahun 2015 ini peristiwa libur sekolah di bulan Ramadhan terjadi kembali. Hanya saja dengan alasan dan cerita yang berbeda.


Liburan Sekolah dan Ramadhan

Kalau di zaman Presiden Gus Dur dulu program liburan sekolah di bulan ramadhan di keluarkan oleh beliau karena kebijakan beliau yang menginginkan anak-anak usia sekolah dapat belajar masalah Agama lebih maksimal di bulan Ramadhan.

Maka program liburan anak-anak sekolah di bulan Ramadhan tahun 2015 ini dapat terjadi karena adanya peristiwa alam. Di mana bersamaannya perhitungan tahun Hijriyah yang berdasarkan rotasi bulan ke bumi dengan tahun masehi yang berdasarkan perputaran bumi mengelilingi matahari.

Hal ini yang mengakibatkan jadwal libur sekolah yang memakai kalender Masehi bertepatan dengan bulan Ramadhan yang menggunakan kalender Hijriyah.

2 kejadian yang sama namun dengan alasan dan cerita yang sungguh jauh berbeda.

Liburan sekolah di bulan Ramadhan zaman Gus Dur karena kebijakan yang beliau buat. Tapi saat ini jadwal libur anak-anak sekolah di bulan Ramadhan tahun ini di karena kan adanya peristiwa alam.

Sebagaimana telah kita pahami masa libur sekolah adalah masa yang di tunggu-tunggu oleh setiap siswa setelah sekian lama berkutat mengikuti kegiatan proses belajar mengajar di sekolah.

Hampir seluruh siswa SD, SMP, SMA pasti akan menyambut gembira akan datangnya hari libur sekolah ini.

Libur sekolah biasanya di gunakan untuk mengunjungi kerabat jauh. Ada pula yang menggunakan kegiatan liburan sekolah ini untuk bertamasya, bermain ke tempat-tempat hiburan yang ada di kota masing-masing tempat anak-anak sekolah. 

Libur sekolah biasanya tidak hanya di nikmati oleh anak-anak saja bahkan ada sebagian orang tua yang telah merancang kegiatan ketika sekolah libur untuk dapat membawa keluarga,  putra dan putrinya untuk liburan di luar kota.

Untuk mengunjungi kerabat dalam rangka menjalin silaturahmi ataupun sekedar refreshing saja dengan mengunjungi tempat-tempat liburan yang ada di kota tujuan adalah beberapa tujuan para orang tua merancang kegiatan ketika liburan sekolah.

Liburan sekolah yang bertepatan dengan bulan Ramadhan tahun 2015 ini mungkin tidak terlalu di harapkan oleh sebagian siswa maupun orang tua.

Karena memang liburan tahun ini berbenturan dengan puasa. Di mana seorang muslim yang baik harus lah mau mengerjakan kewajibannya untuk puasa. Melaksanakan ibadah puasa menahan rasa lapar, haus dari pagi hingga petang 1 bulan lamanya.

Namun segala sesuatu pasti ada hikmahnya, segala sesuatu pasti ada manfaatnya.

Walaupun liburan sekolah tahun ini bersamaan dengan datangnya bulan puasa, Insyaallah tidak akan mengurangi nikmatnya liburan.

Satu contoh : Para orang tua dapat mengajak putra-putrinya untuk mengikuti berbagai kegiatan-kegiatan keagamaan yang tidak formal seperti mengikuti pesantren kilat misalnya.

Orang tua sekaligus putra-putrinya dapat belajar kembali untuk memahami tentang masalah keagamaan dalam situasi yang tidak formal namun tetap bermanfaat.

Hal tersebut dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengisi waktu liburan sekolah yang datangnya bersamaan dengan bulan Ramadhan tahun ini.

Insyaallah hal ini akan mendatangkan banyak manfaat. Selain keluarga dapat tetap berkumpul dalam suasana liburan. Insyaallah akan ada hasil yang lebih bermanfaat jika di bandingkan dengan hanya mengikuti kegiatan-kegiatan liburan yang terkesan berfoya-foya dan menghambur-hamburkan uang saja. 

Tentu saja masih banyak hal-hal bermanfaat lain yang dapat di kerjakan segenap keluarga dalam rangka liburan sekolah yang bersamaan dengan puasa ramadhan tahun ini.

Yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan keluarga Anda tetap bahagia walaupun liburan sekolah datangnya bersamaan dengan bulan puasa.

Tetap datangkan kebahagian, kecerian di rumah Anda sekalipun liburan sekolah tahun ini membuat Anda tidak dapat menjalani hari libur seperti biasa.

Sebagai seorang muslim yang ingin menjadi baik mari kita laksanakan kewajiban ibadah puasa dengan baik dan mengisi liburan sekolah tahun ini dengan hal -hal yang lebih bermanfaa.

Demikian artikel tentang liburan sekolah dan ramadhan ini kami buat semoga bermanfaat. Salam

Jangan lupa simak juga 6 Ciri Istri Shalihah

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top