0
Pentingnya Penjaga Di Laptop dan PC - Apakah Anda pernah mengalami kehilangan file berharga Anda di laptop atau pc yang Anda miliki? Jika, Ya. Kami pun pernah mengalaminya. Hampir semua pengguna laptop dan pc dapat di pastikan pernah mengalami kehilangan data-data yang ada di pc atau laptopnya termasuk kami.

Sebagaimana rumah atau tempat-tempat lain yang membutuhkan penjaga. Demikian pula hal nya dengan pc atau laptop. Penjagaan perlu di adakan untuk menghindari adanya upaya-upaya perusakan ke dalam sebuah pc atau laptop. PC dan laptop yang sudah ada penjaganya pun terkadang masih dapat di susupi oleh program-program perusak seperti virus, worm atau trojan. Apalagi jika pc dan laptop tersebut tidak ada penjaganya.
Pentingnya Penjaga Di Laptop dan PC
Data yang cukup banyak di file dan pc, tentu  di antaranya adalah cukup banyak pula data-data yang penting dapat hilang begitu saja ketika pc atau laptop kita terserang dengan virus komputer yang kita tidak tahu entah darimana datangnya. Mari lah kita jaga pc dan laptop agar tidak "sakit".

Beberapa kali penulis pernah mengalami hal tersebut, bahkan penulis pernah mengalami pc penulis mengalami bluescreen sehingga tampilan pc hanya berwarna biru. Sungguh suatu peristiwa yang sangat menjengkelkan. Terlebih ketika itu penulis akan mengerjakan sesuatu yang penting.

Akibat hal tersebut penulis harus menunda pekerjaan yang harus di lakukan penulis karena adanya peristiwa bluescreen tersebut. Untungnya data-data penting yang ada di pc penulis tidak ikut rusak karena virus tersebut hanya menyerang tampilan saja tidak menyerang file dokumen atau file-file lainnya. Namun tentu saja hal tersebut membuat jengkel penulis karena harus menunda pekerjaan penulis dan tentunya mengeluarkan dana untuk instal ulang pc.

Suatu hari penulis juga pernah merasakan hilangnya file-file yang ada di pc penulis karena adanya suatu file yang menghidden dan merusak data file yang berekstensi .doc dan .xls. Sungguh suatu peristiwa yang juga sangat tidak menyenangkan. Berbagai anti virus tidak mempan untuk menghadapi virus yang menyerang pc penulis. Kalau tidak salah waktu nama virusnya adalah brontox. Dengan terpaksa pc tersebut harus di instal ulang dengan mengorbankan file dan data.

Berdasarkan hal ini lah yang menyebabkan mengapa sebuah pc atau laptop tetap membutuhkan penjaga, agar laptop dan pc kita mampu menahan dari suatu virus, worm, trojan atau apapun bentuknya agar tidak dapat menyerang dan menguasai pc atau laptop kita.

Setidaknya 2 macam anti virus, seperti Smadav dan AVG wajib kita instal dan pasang untuk melindungi pc dan laptop yang kita miliki. Untuk kita yang sering menggunakan laptop untuk aktifitas browsing, Firewall semacam ZoneAlarm patut di pertimbangkan untuk di pasang guna melindungi kemungkinan serangan virus, worm dan trojan melalui internet.

Salah satu cara yang juga dapat di coba untuk melindungi data dan file yang kita miliki di pc dan laptop adalah dengan memindahkan tempat penyimpanan file dan data di drive D atau E yang terpisah dari drive C tempat bersemayamnya sistem operasi. 

Salah satu alasan yang terpenting mengapa tempat penyimpanan file atau data harus di pisah adalah karena jika sebuah virus, worm atau trojan menyerang sistem operasi dan sistem operasi tersebut tidak dapat di perbaiki dan terpaksa harus di install ulang maka tidak akan mengorbankan file atau data yang kita miliki. Setidaknya dapat mempercepat proses instalasi sistem operasi karena tidak harus memindahkan terlebih dahulu file dan data di maksud ke tempat lain.

Jika Anda belum melakukannya. Segera lakukan apa yang telah kami sampaikan. Jangan sampai peristiwa yang tidak menyenangkan terjadi pula kepada Anda. Lindungi pc dan laptop yang kita miliki dengan menggunakan antivirus dan firewall.

Demikianlah sekelumit artikel tentang pentingnya penjaga di laptop dan pc yang kita miliki. Semoga bermanfaat 

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top