0
Belum lama ini penulis mengalami keadaan di mana laptop yang biasa menemani aktifitas penulis untuk browsing, menulis artikel di blog, bermain game dan lain sebagainya mengalami panas atau over heating yang tidak seperti biasanya. Penulis tidak tahu apa yang menjadi penyebab laptop penulis menjadi kepanasan yang di luar kebiasaan dan datangnya tiba-tiba.

Beberapa waktu penulis habiskan untuk melakukan browsing via smartphone untuk mencari penyebabnya. Hal tersebut penulis lakukan karena laptop tidak dapat di gunakan untuk browsing karena panasnya laptop dan bunyi menggerung yang cukup kuat membuat khawatir penulis. 

Setelah beberapa waktu mencari informasi via google. Penulis mendapatkan beberapa alasan yang menyebabkan laptop dapat menjadi kepanasan atau terlalu panas di luar keadaan yang normal.  Namun penulis belum terlalu yakin akan penyebab laptop menjadi panas tersebut berdasarkan informasi yang penulis dapatkan.
Penyebab Laptop Kepanasan
Hal demikian karena penulis merasa laptop penulis menjadi panas seakan datang dengan tiba-tiba setelah pemakaian seperti yang penulis biasa lakukan selama 2 sampai 5 jam nonstop. Hal tersebut menjadi rasa cemas dan sedikit panik penulis alami karena penulis merasakan rasa panas yang keluar dari samping kiri laptop benar-benar berada di luar kebiasaan.

Kemudian penulis mencoba untuk mendiamkannya selama 12 jam kurang lebih, laptop baru penulis hidupkan kembali . Aneh tapi nyata belum ada 15 menit pemakaian secara normal, tanpa melakukan kegiatan berat seperti bermain game, laptop penulis mulai menggerung kencang seperti kendaraan mobil yang tidak kuat menaiki tanjakan dan hawa panas keluar dari dari samping kiri laptop penulis.

Melihat hal demikian, dengan mencoba mengambil inisiatif, penulis mencoba menginstal ulang laptop penulis yang memiliki sistem operasi windows 7 ultimate dengan windows 8.1. Hal ini penulis lakukan berdasarkan informasi yang penulis dapatkan dari aktifitas browsing yang menerangkan bahwasanya sistem operasi windows 8.1 mempunyai performa yang lebih baik dari windows 7.

Kurang lebih 1 atau 2 jam lamanya progress instal sistem operasi selesai. Laptop penulis menjadi memiliki sistem operasi windows 8.1. Namun anehnya, laptop penulis yang telah di instal dengan sistem operasi tersebut hasilnya tidak juga menggembirakan. Laptop semakin menjadi cepat panas dan bunyi menggerung semakin keras dalam jangka waktu kurang dari 15 menit pemakaian normal, sehingga membuat penulis merasa khawatir.

Untuk di ketahui penulis tidak melakukan clean instal namun langsung melakukan instal dengan meninggalkan setingan pribadi atau individual. Hal tersebut penulis lakukan agar dapat lebih cepat untuk mengetahui progress nya. Apakah hal ini yang menjadi penyebabnya?? penulis juga tidak tahu.

Yang jelas setelah melihat kondisi yang sedemikian penulis merasa bertambah panik dan cemas. Di dalam hati penulis berkata: "Sepertinya hal ini harus di berikan kepada tukang service Laptop/komputer yang lebih ahli, agar dapat di ketahui apa sebenarnya penyebab laptop penulis dapat menjadi kepanasan yang berlebihan".   

Penulis mengambil sikap, jika memang sekali lagi penulis menginstal dengan clean instal windows 7 ultimate kembali, Laptop penulis masih tetap seperti ini, maka tidak ada jalan lain laptop tersebut harus di service di tempat service yang lebih berpengalaman.

Alhamdulillah, syukur.. setelah penulis menginstal ulang laptop penulis dengan windows 7 ultimate kembali, Laptop penulis tidak lagi kepanasan. Tidak ada lagi bunyi menggerung yang penulis dengar. Sungguh hati penulis sangat senang. Setelahnya penulis mencoba melakukan kegiatan browsing selama kurang lebih 2 jam, Laptop penulis tetap normal seperti biasanya.

Dari kejadian ini penulis belum dapat memahami apa sebenarnya yang benar-benar terjadi terhadap laptop penulis. Tapi penulis dapat memperkirakan bahwasanya ada beberapa hal yang sepertinya harus menjadi pertimbangan setiap pemilik laptop untuk menjaga agar laptopnya tidak menjadi panas atau menggerung bunyinya.

Beberapa hal yang mestinya di perhatikan adalah :
1. Gunakan maksimal laptop dalam 2-5 jam non stop/hari, setelahnya shutdown laptop dengan baik dan benar. Idealnya setiap penggunaan laptop 2 jam di istirahatkan total, minimal 15 menit atau sampai dengan laptop benar-benar dalam keadaan dingin seperti belum di hidupkan.

2. Jangan menginstal program--program yang sekiranya tidak terlalu di butuhkan oleh Laptop. Segera uninstal jika di laptop kamu banyak terdapat program-program yang jarang di mainkan. Seperti game, software potoshop dan lain sebagainya.

3. Usahakan untuk tidak selalu mengecas laptop ketika laptop sedang di gunakan. Salah satu penyebab yang dapat membuat laptop menjadi panas berlebih adalah seringnya kita menggunakan laptop sembari mengecasnya. Oleh karenanya hal tersebut seyogyanya harus lah di hindari.
 
Gunakan pengecasan laptop sesuai dengan kebutuhan saja. Ketika kita melihat di tray samping icon baterai telah penuh 100 %. Segera cabut cas dari laptop untuk menghindari kemungkinan panas berlebih yang akan timbul di laptop yang kita miliki.

4. Hati-hati jika kamu melakukan browsing ke situs-situs yang belum pernah kamu kunjungi karena boleh jadi situs-situs tersebut menyisipkan program-program jahat yang tidak kamu ketahui yang kemudian terinstal dengan sendirinya di sistem operasi laptop kamu. Pasang firewall dan anti virus sebagai bentuk pencegahan. 

Walaupun firewall maupun anti virus tersebut mungkin saja tidak dapat menghalangi program-program jahat secara penuh. Namun setidaknya akan dapat menahan agarprogram-program jahat tidak terlalu banyak yang dapat menginfeksi laptop kamu. 

5. Segera Instal ulang laptop kamu jika kamu mulai menemukan aktifitas laptop kamu menjadi lambat dan ada program-program tertentu yang relatif sulit untuk di uninstal.

Dari pengamatan penulis yang menyebabkan laptop penulis menjadi panas berlebih adalah nomor 2, 3 dan 4 yang menjadi penyebabnya. Namun mengikuti petunjuk seluruhnya, Insyaallah akan lebih baik. Kiranya 5 hal di atas dapat menjadi catatan penulis dan pembaca blog sederhana ini untuk menjaga agar laptop tidak menjadi kepanasan atau terdengar bunyi menggerung di dalam nya.

Untuk info tambahan, penulis memakai laptop dengan merk Aspire E1-451G dengan processor AMD Quad-Core. Laptop dengan harga yang bersahabat namun memiliki kualitas yang cukup handal. Demikian kiranya penyebab laptop kepanasan. Semoga bermanfaat

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top