0
Blog pribadi memiliki domaian tld cukup penting. Tidak hanya blog bisnis yang harus menggunakan top level domain. Blog pribadi atau blog personal sekalipun cukup penting untuk dapat memiliki domain tld. Cukup banyak manfaat yang akan di dapatkan jika sebuah blog memiliki domain tld.

Alhamdulillahirobbil'alamiin.. Akhirnya blog pribadi kami memiliki domain TLD juga. Tepat di penghujung bulan agustus malam ini, blog pribadi kami yang tadinya beralamat di frizedianto.blogspot.com telah beralih menuju frizedianto.com.

Sejak malam ini setidaknya sampai 1 tahun ke depan, blog pribadi kami yang sebelumnya menggunakan sub domain blogspot menjadi sebuah blog yang memiliki Top Level Domain atau biasa di singkat dengan kata domain TLD.

Blog Pribadi Memiliki Domain TLD

Kami menyewa domain di tempat biasa kami sewa domain, selama ini alhamdulillah kami tidak pernah kami mengalami suatu permasalahan. Harapan kami tempat kami membeli atau menyewa domain ini terus meningkatkan kualitasnya. Utamanya adalah dalam hal menyediakan Customer Service yang terlihat di tampilan halaman situs tersebut.

Untuk pengaktifan domain, kami tidak memerlukan banyak waktu. Tidak lebih dari 2 jam domain yang kami pesan langsung aktif, tentunya setelah kami melakukan pembayaran melalui sistem transfer antar bank dan memberikan konfirmasi pembayaran melalui nomor hp dan email support yang telah di sediakan.

Untuk masalah custom domainnya pun alhamdulilah kami tidak mengalami hambatan. Kami tidak merasa perlu untuk bertanya kepada pihak penjual domain tentang cara custom TLD di blogspot. Hal ini di karenakan 2 situs kami lainnya yang menggunakan custom TLD juga kami sewa di sana.

Dengan melihat pengaturan di domain kami lainnya, alhamdulillah kami tidak mengalami kesulitan yang berarti untuk melakukan custom domain TLD blog pribadi ini.

Untuk kamu yang ingin juga melakukan custom blog kamu dengan TLD tapi sama sekali belum mengetahui tentang cara custom domain kami anjurkan untuk menanyakannya ke pihak support penjual domain sebelum kamu memutuskan untuk menyewa domain TLD.

Mengapa kami anjurkan demikian? 1. Agar kamu tidak bingung mencari-cari cara custom domain TLD di blogspot setelah kamu memesan domain yang kamu inginkan 2. Untuk menghindari kamu dari upaya pihak "nakal" oknum Customer service yang mungkin akan menarik biaya tambahan dari kamu untuk memberikan layanan jasa custom domain TLD di blogspot.

Untuk tempat kami menyewa domain ini alhamdulillah cukup bagus pelayanannya. Saat pertama kami menyewa domain di sana dan kami merasa kesulitan untuk melakukan custom domain blogspot ke TLD yang telah kami sewa, pihak penjual domain membantu kami untuk mengcustomnya.

Untuk hosting kami tetap menggunakan hosting blogspot dengan beberapa pertimbangan antara lain :
1. Menurut informasi yang kami dapatkan bahwasanya subdomain blogspot yang telah cukup lama, setidaknya lebih dari 3 bulan dengan jumlah postingan yang cukup banyak, akan lebih baik di custom terlebih dahulu dengan domain TLD sebelum hostingnya di pindahkan.

2. Menurut kami hosting blogspot tetap memiliki kelebihan yang tidak di miliki oleh self hosted, utamanya dalam kecepatan index blog dan artikel dan segi pembiayaan. Walaupun tentu saja hosting blogspot juga memiliki kekurangan seperti keterbatasan dalam hal membuat postingan.

Manfaat Blog Pribadi Memiliki Domain TLD

Setidaknya ada 2 buah manfaat yang akan di dapatkan pemilik blog pribadi yang menggunakan domain tld. Di bawah ini 2 manfaat blog pribadi memiliki domain tld.

1. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pengunjung Blog
Blog pribadi dapat di gunakan untuk banyak hal. Termasuk di dalamnya untuk dapat melakukan branding kepada pemiliknya. Seperti memperkenalkan pemilik blog yang bersangkutan tentang pengetahuan dan pengalaman dan atau keahliannya kepada segenap netizen.

Dengan sebuah blog pribadi memiliki domain tld maka tingkat kepercayaan calon pengunjung blog sedikit banyaknya akan meningkat. Dengan demikian maka secara otomatis proses branding personal pemilik blog dapat berjalan dengan lebih baik.

Bukan berarti blog yang tidak menggunakan domain tld tidak cukup baik. Dalam hal ini yang kami maksudkan adalah bahwa secara umum pemilik blog pribadi yang menggunakan domain tld dapat terlihat lebih serius dan profesional dalam mengelola blog yang di milikinya.

2. Mempercepat Index Artikel
Dari banyak faktor yang di tentukan mesin pencari untuk melakukan index terhadap sebuah artikel ternyata domain tld mendapatkan poin lebih dari blog yang tidak menggunakan domain tld. Dengan demikian semakin besar kesempatan sebuah blog untuk dapat tampil dengan lebih baik.

Lebih dari itu adalah bahwa sebuah blog yang memiliki domain tld memiliki kesempatan lebih baik untuk dapat mengambil dan mempertahankan artikel yang akan dan telah tampil di mesin pencari dengan baik.

Dengan demikian blog pribadi yang memiliki domain tld mempunyai kesempatan lebih baik dari blog yang tidak menggunakan domain tld. Yang pada akhirnya blog pribadi yang memiliki domain tld akan dapat memperoleh posisi lebih baik di mesin pencari.   

Demikian artikel singkat tentang Blog pribadi memiliki domain TLD sendiri. Semoga dengan memiliki domain TLD ini, kami dapat meningkatkan aktifitas blogging kami dan mampu memberikan yang terbaik untuk para sahabat pengunjung blog pribadi ini. Semoga bermanfaat

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top