2
Definisi blogger itu apa sih sebenarnya?? Mungkin pertanyaan ini ada di benak anda. Tidak perlu malu karena memang cukup banyak orang yang bertanya tentang apa itu blogger. Termasuk sebuah pertanyaan yang menanyakan sebenarnya blogger itu pekerjaan apa?

Memang bagi seseorang yang baru mengenal dunia internet atau mungkin baru saja mengenal dunia blogging, kegiatan seorang blogger belum cukup dapat di fahami. Dan itu suatu hal yang wajar. Melalui artikel blogger itu pekerjaan apa ini kami akan mengulasnya untuk anda.

Simak juga Apakah Pekerjaan Utama Seorang Blogger?

Sebagaimana telah di ketahui, zaman internet saat ini, saat artikel ini kami tulis, khususnya bagi masyarakat Indonesia belum lah seperti masyarakat dunia maju lainnya. Di mana kegiatan blogging telah cukup merata di ketahui dan di lkukan oleh mereka.


Blogger itu pekerjaan apa?

Survei menyatakan boomingnya dunia smartphone atau telephone pintar dan cukup terjangkaunya biaya internet di Indonesia baru saja dapat di nikmati dan hal ini yang membuat penetrasi masyarakat Indonesia terhadap kehidupan online baru menjadi lebih luas. Di mana sebelumnya hal ini terbatas. 

Dengan kemajuan tersebut saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang tergerak, bergerak untuk mulai belajar dan menekuni dunia blogging. Walaupun sejatinya kegiatan blogging di Indonesia telah di mulai sejak era tahun 2000 an awal oleh para blogger senior. 

Blogger-blogger senior inilah yang memulai kegiatan blogging di awal-awal platform blogging ada. Di mana mayoritas mereka melakukan kegiatan blogging hanya sekedar untuk melepaskan rasa penat dari kehidupan nyata. 

Ada juga blogger senior yang memulai karier bloggingnya karena telah berulangkali mengirimkan artikel-artikel nya ke surat kabar namun belum juga di terima. 

Bahkan ada juga blogger senior yang mengawali kegiatan blogging sekedar untuk menghilangkan rasa bosan karena dirinya belum mendapatkan pekerjaan di dunia nyata. Hingga akhirnya mereka menjadi full time blogger.

Begitu banyaknya motivasi para blogger senior dalam memulai kegiatan bloggingnya bukan??

Saat ini dengan harga smartphone yang relatif terjangkau, harga sambungan koneksi internet yang juga terjangkau hingga banyak nya provider-provider yang membangun BTS-BTS hingga ke pelosok-pelosok wilayah di Indonesia, membuat masyarakat Indonesia semakin banyak yang mampu untuk mengakses dunia online via sambungan internet dengan cukup mudah.

Hal ini patut di syukuri, walaupun koneksi internet di Indonesia terkadang masih menemui hambatan seperti lemotnya jaringan dan di daerah-daerah tertentu sulit untuk mendapatkan sinyal. 

Namun secara umum per tahun 2015, saat artikel ini kami buat, jaringan internet dapat di katakan semakin baik di bumi nusantara daripada tahun-tahun sebelum provider bertambah dan saling bersaing.

Adanya perbaikan infrastruktur ini juga menambah peluang bagi segenap blogger dari seluruh Indonesia untuk dapat mulai mengembangkan segenap potensi yang di milikinya melalui dunia blogging.

Sekat-sekat daerah, batas wilayah, seakan tidak lagi menjadi faktor penghambat untuk seseorang untuk dapat mempelajari tentang dunia blogging dan menekuninya hingga berhasil. Situasi seperti ini tentu patut kita syukuri.

Kembali kepada topik mengenai blogger itu pekerjaan apa? Secara singkat dan sederhana dapat kami gambarkan bahwasanya seorang blogger adalah seseorang yang melakukan kegiatan blogging atau tulis menulis dengan menggunakan berbagai platform blog seperti blogspot, wordpress, blog detik dan lain sebagainya yang telah di sediakan oleh penyedia situs blogging.

Dari ketiga platform yang telah kami sebutkan, 2 platform yang terkenal di gunakan untuk kegiatan blogging adalah platform blogspot dan wordpress. kedua jenis platform ini adalah platform yang terbanyak di gunakan oleh para blogger dunia dalam melakukan kegiatan blogging.

Secara sederhana dapat di katakan bahwa seorang blogger adalah seseorang yang melakukan sebuah pekerjaan atau kegiatan tulis menulis sebagaimana yang biasa di lakukan oleh seorang jurnalis atau wartawan ataupun juga seorang penulis buku.

Media penulisan saja yang membedakan di antara keduanya. Yang pertama menggunakan media online dan yang kedua mayoritas menggunakan media offline.

Intinya adalah sebutan atau kata blogger dapat di artikan atau di definisikan sebagai seseorang yang melakukan sebuah pekerjaan atau kegiatan tulis menulis. Sedangkan yang di maksud dengan kata blogging adalah suatu kegiatan atau pekerjaan tulis menulis yang di lakukan oleh seorang blogger.

Jika dahulu media penulisan di lakukan dengan menggunakan sarana kertas dan pulpen atau mesin ketik. Maka saat ini kegiatan tulis menulis dapat di lakukan dengan menggunakan sarana internet, sarana online, dengan menggunakan platform yang telah di sediakan oleh pemilik situs seperti platform blogspot yang di sediakan oleh blogspot.com atau platform wordpress yang di sediakan oleh wordpress.com dan wordpress.org.

Untuk menambah sedikit pengetahuan, dapat kami sampaikan bahwa asal kata blogger mengapa dapat di gunakan sebagai istilah bagi seseorang yang melakukan kegiatan tulis menulis adalah karena para blogger senior banyak menggunakan platform gratisan sebagai kegiatan tulis memulisnya. Di mana platform gratisan tersebut menggunakan situs blogger.com.

Saat itu situs blogger.com adalah situs pertama yang memberikan fasilitas untuk setiap netizen dapat melakukan kegiatan tulis menulis tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis.

Alasan para blogger senior menggunakan media platform blogspot untuk blogging adalah karena jenis platform pertama yang hadir adalah blogspot dengan situs blogger.comnya.

Selain platform blogspot gratis, menggunakan platform blogspot untuk kegiatan blogging tidak sulit. Tidak di perlukan kemampuan coding untuk dapat menggunakan platform blog gratisan ini.

Cukup dengan memiliki akun di blogspot maka siapapun dia akan memiliki blog yang selanjutnya dapat di gunakan sebagai media untuk menulis artikel.

Dari nama situs blogger.com itulah asal mula kata blogger sebagai sinonim kata penulis online di kemudian hari di kenal secara luas di dunia.

Sejak tahun 2003 platform tempat menulis online tersebut telah di akuisisi oleh Google, Inc. Sebagai pemilik mesin telusur terbesar di dunia untuk menunjang bisnis mereka.

Sejak tahun 2003 hingga saat ini platform blog gratisan blogspot di miliki oleh perusahaan Google,Inc, yang saat ini berubah nama menjadi Alphabet,Inc. 

Platform blog gratisan blogspot atau blogger adalah milik perusahaan besar Alphabet,inc. Sebuah perusahaan yang juga menaungi mesin pencari terbesar google.

Karena blogspot, blogger, adalah platform pertama tempat melakukan kegiatan tulis menulis di internet maka selanjutnya apapun platform yang di gunakan untuk melakukan kegiatan tulis menulis di internet di kemudian hari tetap di kenal dengan istilah blogger.

Lalu bagaimana dengan istilah travel blogger atau food blogger? Jawabannya simple. Sama saja.

Ya, apa yang di kerjakan travel blogger dan food blogger sama dengan blogger lainnya, tidak jauh berbeda. Perbedaan pekerjaan travel blogger, food blogger atau bahkan otomotif blogger adalah dari segi tema, topik atau biasa di sebut sebagai niche blog yang mereka bahas.

Jika secara umum para blogger membahas cukup banyak tema dalam blognya maka pekerjaan travel blogger adalah membahas tentang suatu tema spesifik tentang travel.

Pun begitu dengan pekerjaan food blogger, otomotif blogger dan blogger lain yang membahas 1 Niche khusus di blog mereka. Poin perbedaan di antara segenap blogger sehingga dapat di kategorikan dalam pekerjaan blogger tertentu adalah di Niche atau tema blog yang mereka kelola.

Jadi secara singkat dapat dikatakan bahwa yang dimaksud dengan food blogger adalah seseorang atau sekelompok orang yang membuat konten, berupa artikel dan atau video, di sebuah blog menggunakan niche, tema atau topik tentang makanan.

Demikianlah mengapa kegiatan tulis menulis secara umum di sebut juga sebagai kegiatan blogging yang di lakukan oleh seseorang di ranah online menyebabkan dirinya di sebut sebagai seorang blogger. 

Jadi blogging adalah kegiatan tulis menulis yang di lakukan dengan menggunakan platform tertentu di internet dan blogger adalah seseorang yang melakukan aktifitas blogging.

Kabar gembira di bulan Juli tahun 2020, saat artikel ini kami update, blogger sebagai suatu kegiatan tulis menulis di ranah online telah di akui secara resmi oleh negara sebagai suatu pekerjaan.

Ya walaupun pengakuan resmi ini baru di sampaikan oleh negara China. Siapa tau ke depan negara tercinta Indonesia melakukan nya juga sehingga pekerjaan blogger dapat tercantum di kolom KTP sehingga para blogger tidak lagi merasa bingung atau bahkan malu mengatakan kepada calon mertua tentang pekerjaannya. :D

Tidak perlu bingung apalagi sampai malu  untuk menyatakan pekerjaanmu sebagai blogger guys. Karena pekerjaan blogger, walau mungkin sederhana dan belum memberikan penghasilan besar tapi telah mampu memberikan manfaat cukup banyak kepada segenap netizen.

Tanpa adanya para blogger niscaya tidak akan mudah segenap netizen pencari informasi di internet dapat menemukan informasi yang di inginkan dengan mudah. 

Blogger punya jasa besar memberikan informasi di ranah maya. Sebagai seorang blogger anda layak bangga karenanya.

Semoga dengan tulisan sederhana ini, kamu dapat lebih memahami dan tidak bertanya-tanya lagi tentang blogger itu pekerjaan apa? Semoga bermanfaat.

Jangan lupa simak juga Pentingnya Menghapus Blog Archive

Posting Komentar Blogger

  1. Bener banget kk,,, Saya pribadi juga mengisi waktu luang Saya di blogger. Karna pekerjaan blogger sangat berjasa. Saya sebagai siswi merasakan manfaatnya . Hal itu juga yang memicu Saya untuk terus semangat sebagai blogger walaupun baru belajar dan namun mampu berbagi informasi meski sederhana namun tetap bermanfaat. Terima kasih kk🙏✨

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top