0
Mungkinkah Indonesia mampu memiliki atau membuat sebuah mesin pencari lokal seperti yahoo atau google? Mungkin kah SDM Indonesia mampu untuk menciptakan mesin pencari lokal Indonesia sendiri? Tidak mungkin kah ahli-ahli IT Indonesia membuatnya? Begitu sulit kah untuk membuat sebuah mesin pencari seperti google atau yahoo? Tidak kah pemerintah dalam hal ini harus memfasilitasinya?

Begitu banyak pertanyaan-pertanyaan yang berseliweran di kepala penulis ketika membicarakan sebuah mesin pencari. Ketika membicarakan sebuah keunggulan teknologi. ketika berbicara bangsa Indonesia hanya dapat menjadi pasar bukan sebagai produse. Sangat banyak pertanyaan-pertanyaan yang mengganggu diri penulis.

Mesin telusur atau mesin pencari seperti yahoo dan google adalah benar sebuah aplikasi yang memberikan begitu banyak kemudahan-kemudahan bagi para penggunanya. Termasuk bagi para pengguna nya di Indonesia.
Namun jika di fikirkan kembali mesin pencari yahoo dan google tersebut semata-mata melakukan nya dengan cara atau format bisnis. Kata atau kalimat gratis yang mereka sampaikan sesungguhnya tidak lah gratis. Bagaimana tidak jika dengan kata tersebut, hasil penelusuran kita, di tukar dengan segala kebiasaan kita melakukan kegiatan browsing.

bagaimana tidak jika yang mereka lakukan hanya mengambil harta dan kekayan bangsa Indonesia melalui Advertiser nya tanpa melakukan investasi kembali kepada dan untuk bangsa Indonesia demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Alih-alih melakukan ini mesin pencari google dan yahoo semakin hari semakin menancapkan kukunya untuk terus menerus mencari celah untuk mendapatkan penghasilan dari berbagai arah dengan mengorbankan privasi para penggunanya.

Di saat ini lah kami rasa perlu di suatu waktu Indonesia harus mampu untuk memiliki mesin telusur atau mesin pencari lokal sendiri untuk mengatasi hal ini. Semoga terwujud. Terima kasih 

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top