0
Reshuffle kabinet kerja Jokowi - Minggu ini tepatnya Rabu, 12 Agustus 2015 ada kabar gembira namun sekaligus juga kabar menyedihkan. Kabar gembiranya adalah Presiden Jokowi Widodo yang biasa di kenal dengan nama Jokowi telah melakukan perombakan kabinet kerjanya dengan mengganti beberapa Menteri nya.

Kabar menyedihkannya adalah mengapa Presiden Jokowi melakukan penggantian kabinet di saat sekarang? Di mana masyarakat sudah mulai merasakan, ada atau tidak adanya penggantian Mentri hampir dapat di pastikan tidak akan dapat merubah situasi Indonesia menjadi lebih baik lagi. 

Di sisi yang lain sosok Mentri baru yang di angkat sebagai pembantu presiden terlihat nyaris tidak ada sesuatu yang menimbulkan harapan. Sosok-sosok lama, sosok-sosok yang nyaris tidak memiliki prestasi dan kemampuan nyata yang terlihat dan terdengar publik. 

Daftar lengkap menteri baru kabinet kerja Jokowi seperti di bawah ini :
1. Darmin Nasution - Menko Perekonomian MENGGANTIKAN Sofyan Djalil
2. Rizal Ramli - Menko Kemaritiman MENGGANTIKAN Indroyono Soesilo
3. Thomas Lembong - Mendag MENGGANTIKAN Rachmat Gobel
4. Luhut Binsar Pandjaitan - Menkopolhukam MENGGANTIKAN Tedjo Edhy
5. Sofyan Djalil - Kepala Bappenas MENGGANTIKAN Andrinof Chaniago
6. Pramono Anung - Seskab MENGGANTIKAN Andi Widjajanto
Reshuffle Kabinet Kerja Jokowi
Sebagaimana telah di ketahui, sesungguhnya reshuffle kabinet kerja Jokowi ini sebenarnya telah cukup lama di nanti oleh sebagian masyarakat yang memperhatikan kinerja para mentri di bawah beliau. Para Mentri yang menjadi fokus perhatian utama khususnya adalah para Mentri yang berada di dalam daerah kerja yang menyangkut masalah ekonomi.

Mengapa demikian? Ya, karena ekonomi Indonesia, ekonomi masyarakat belum membaik pasca terpilihnya Presiden Joko Widodo ke tampuk pimpinan tertinggi di Republik ini. Kehidupan masyarakat masih sulit, jika tidak ingin di katakan lebih sulit jika di bandingkan dengan masa pemerintahan sebelumnya.

Masa-masa keemasan presiden Jokowi, di mana ekspektasi masyarakat demikian tinggi akan adanya perubahan di bawah kepemimpinan beliau berlalu begitu saja. Masyarakat tidak di berikan, tidak di perlihatkan prestasi pemerintah yang baik melainkan di pertontonkan permasalahan-permasalahan yang seakan-akan tidak ada habis-habisnya.

Permasalahan penegakan hukum yang belum beranjak ke arah yang lebih baik. Kesan akan di amputasi nya kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam memberantas dan memerangi korupsi dan menangkap para koruptor, menambah rasa skeptis masyarakat terhadap pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo.

Masa-masa pengharapan yang begitu tinggi yang di harapkan oleh sebagian besar masyarakat menguap begitu saja, hilang tanpa bekas. Hilang begitu saja tanpa ada suatu prestasi yang dapat di banggakan dan menggembirakan masyarakat.

Jika saat ini Presiden Joko Widodo melakukan perombakan terhadab kabinet kerjanya, semoga hal tersebut dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Walaupun secara pribadi penulis menilai tidak ada sesuatu yang terasa signifikan sifatnya yang beliau lakukan.

Nyaras tidak ada satu nama menteri baru yang menggantikan posisi Mentri lama yang mampu membuat energi masyarakat mengalir deras. Mungkin hal ini dapat terjadi karena lambatnya Presiden Jokowi merombak kabinet, sehingga beliau kehilangan momen. 

Boleh jadi juga hal ini terjadi karena masyarakat sudah merasa kehilangan harapan akan janji perubahan yang di bawa oleh Presiden Jokowi. Sehingga masyarakat menganggap apapun yang beliau lakukan ke depan, termasuk mengganti para pembantunya tersebut tidaklah akan dapat membawa perubahan ke arah yang signifikan sebagaimana yang di harapkan masyarakat.

Namun demikian sebagai warganegara yang baik marilah kita senantiasa berdo'a agar Indonesia dapat menjadi lebih baik di masa depan. Semoga pemerintahan saat ini dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik sebagaimana masyarakat harapkan.

Jika Anda pembaca blog pribadi sederhana ini punya pandangan lain tentang masalah reshuffle kabinet kerja Presiden Joko Widodo, silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top