0
Sungguh semua orang menginginkan kebahagian di dalam kehidupannya. Tidak hanya orang dewasa, tua, muda bahkan anak-anak pun menginginkan kebahagian di dalam kehidupannya. Namun sayang nya tidak semua kita dapat mengerti dan memahami arti kebahagian sejati yang sebenarnya.

Banyak dari kita yang mungkin sebenarnya telah mendapatkan kebahagian sejati namun harus kehilangan kebahagian itu di karena kan hawa nafsu diri kita sendiri. 

Banyaknya terjadi pertengkaran di dalam sebuah rumah tangga misalnya, banyaknya kasus-kasus korupsi yang melanda negri ini dapat terjadi karena  kita belum mampu untuk dapat memahami sejatinya kebahagiaan.

Arti Kebahagian Sejati

Mari bersyukur atas segala apa yang telah kita terima. Mari tingkatkan rasa syukur kita terhadap segala yang ada. 

Mari kita berusaha untuk saling mengingatkan, saling instropeksi terhadap apa yang telah kita lakukan. 

Agar kita tidak menemui penyesalan, ketika segala sesuatu yang kita miliki, segala sesuatu yang ada hilang entah ke mana. 

Jika kita bertanya siapakah pemilik kebahagian sesungguhnya? Jika ada di antara kita bertanya mengapa ALLAH SWT memberikan rasa pedih dan sedih dalam kehidupan kita? Jika kita bertanya betapa Tuhan ALLAH tidak adil memberikan cobaan hidup kepada kita?

Selayaknya kita harus berkaca, sudah benarkah diri kita, sudah benarkah jalan hidup kita, sudah benarkah apa yang kita lakukan untuk orang-orang yang ada di sekeliling kita. 

Termasuk di dalamnya orang tua, anak istri atau suami, sahabat, teman dan tetangga serta masyarakat lainnya.

Sesungguhnya ALLAH SWT sangat memiliki sifat adil. Dengan sifat kemaha adilannya tersebut ALLAH membagi rata kebahagian kepada setiap hambanya. 

Seorang tukang becak umpamanya, seorang buruh tani misalnya, bahkan seorang pengemis pun ALLAH, Tuhan kita tetap memberikan rasa kebahagian yang sama.

ALLAH, Tuhan kita tetap memberikan kemampuan untuk dapat tersenyum dan tertawa.

Jika kita dapat tidur nyenyak harus dengan menggunakan springbed tebal di tambah AC, saudara-saaudara kita yang kehidupannya lebih sulit dari kita hanya dapat tidur beralaskan jerami kering tanpa selimut. 

Namun dengan kasih sayang ALLAH, semua hambaNYa tetap di berikan rasa tenang dan nikmat di dalam waktu istirahatnya.

Jika kita baru dapat merasakan enak makan dengan makanan yang lengkap, ada sayur mayur, lauk pauk dan buah-buahan yang menggugah selera. 

Seorang gelandangan tetap dapat menikmati makan siangnya dengan rasa nikmat yang luar biasa. 

Bahkan boleh jadi rasa nikmat yang di terima oleh mereka melebihi rasa nikmat yang kita terima.

Jika kita yang pulang pergi mengendarai mobil ber Ac dapat tertawa ketika dalam suatu perjalanan. 

Mereka saudara-saudara kita yang setiap harinya mencari nafkah dengan berpeluh-peluh badan pun tetap dapat melepas tawa mereka bersama rekan-rekannya.

Itulah salah satu tanda dan bukti bahwasanya ALLAH SWT maha adil. Membagikan rasa nikmat dan kebahagian kepada setiap hamba-hambaNya. 

Oleh karenanya jangan pernah kita menghujatNya. DIA, ALLAH SWT, maha mengetahui apa yang di inginkan oleh hamba-hambaNYa.

Sejatinya kebahagian hakiki adalah kebahagian yang datang dari diri kita sendiri dengan rahmatNya. 

Bukan karena banyaknya harta dan uang yang kita miliki. Bukan karena mewahnya kehidupan kita saat ini. 

Melainkan karena kebahagian itu ALLAH SWT rata bagikan kepada setiap makhlukNya. Karena nya patut lah kita bersyukur atas segala nikmat yang di berikan olehNya. 

Seperti kami yang baru saja membuat blog pribadi ini memiliki domain TLD merasa gembira, merasa bahagia walau sebenarnya hal tersebut mungkin saja dapat kami lakukan sebelumnya. 

Namun kami menyadari bahwa segala sesuatu ada waktunya. Bukankah bahagia itu sederhana, sebenarnya??

Bukanlah sesuatu yang besar yang dapat membuat kita bahagia, bukan lah sesuatu yang mewah yang dapat membawa diri ini merasa bahagia, melainkan rasa bahagia itu datang dapat saja melalui hal-hal yang kecil sifatnya karena ALLAH SWT memberikannya untuk kita.

Sungguh bahagia itu sederhana. Tua, muda, kaya, miskin pasti pernah merasakannya. 

Siapapun orangnya pasti pernah menikmatinya. Siapapun berhak untuk merasakannya.  

Karenanya jangan sampai kita lupa kepada siapa yang telah memberikan rasa kebahagian sejati itu kepada kita.

Agar kita senantiasa dapat terus menerus merasakannya. Agar rasa itu tidak pernah hilang bahkan mungkin akan dapat bertambah. Karena rasa sakit, rasa pedih di hati tidak akan ada siapa pun yang ingin mengalaminya. 

Semoga artikel singkat jelang subuh ini dapat membawa manfaat bagi kita semua, khususnya bagi kami yang menuliskannya. 

Jika ada yang ingin di sampaikan, dengan senang hati kami menunggunya di kolom komentar. Terima kasih

Posting Komentar Blogger

 
Top