0
Hosting dan domain apa bedanya, sih? Mungkin pertanyaan ini ada di benak kamu. Tentu saja bagi kamu yang telah memiliki sebuah situs atau blog, hampir dapat di pastikan telah mengetahui tentang perbedaan antara domain dan hosting. Namun tidak bagi kami saudara-saudara kita yang belum memiliki sebuah blog atau situs. Tulisan kali ini akan memberikan pembahasan singkat tentang perbedaan antara domain dan hosting. 

Untuk di ketahui Domain adalah sebuah nama yang harus di miliki oleh sebuah situs atau blog. Tanpa memiliki domain kita akan mengalami kesulitan untuk mengakses sebuah situs atau blog atau pun situs dan blog yang kita miliki akan sulit untuk di kunjungi. 

Pada dasarnya komputer hanya dapat mengenali bahasa angka. Manusia sebaliknya hanya dapat memahami sebuah tulisan. Dengan menggunakan domain ini lah bahasa angka yang di fahami komputer dapat di rubah menjadi sebuah bahasa tulisan yang di ketahui manusia.

Hosting adalah sebuah tempat untuk kita dapat menyimpan file-file yang akan kita tampilkan di sebuah situs atau blog. File tersebut dapat berupa tulisan, gambar maupun video. Dengan memiliki hosting maka situs atau blog yang kita miliki akan dapat di kunjungi.
Hosting dan Domain Apa Bedanya, Sih?
Jika di ibaratkan dengan sebuah toko offline. Sebuah domain bermakna nama sebuah toko dan hosting adalah tokonya tersebut. Sebagai tempat berjualan dan menyimpan segala barang untuk di jual. Kebutuhan domain dan hosting tergantung daripada penggunanya. Nama Domain yang terkenal biasanya berakhiran dotcom, dotorg atau dotnet. 

Jika nama domain yang kita inginkan tidak dapat lagi kita miliki maka kita harus memilih nama domain yang lain atau memilih dengan nama domain yang sama tapi memiliki ekstension atau akhiran yang lain seperti dotid, dotcodotid, dotbiz dan lain sebagainya.

Kebutuhan hosting pun tergantung daripada kebutuhan pemilik sebuah situs atau blog. Jika di ibaratkan dengan sebuah toko, semakin banyak barang dan pengunjung yang di miliki maka membutuhkan kapasitas hosting yang juga besar.

Sebagai contoh blog pribadi kami memiliki domain FrizeDianto.com dan tempat hosting kami adalah blogspot. Kami menyewa nama domain tersebut di jasa penyewaan domain dan hosting. Namun hosting kami tetap menggunakan hosting blogspot yang tidak memerlukan biaya untuk menggunakannya. 

Dari berbagai macam tempat sewa domain dan hosting, beberapa tempat sewa domain telah kami coaba. Di antaranya yang kami dapat rekomendasikan adalah JetOrbit dan JayaHost. Untuk tempat sewa hosting kami belum dapat merekomendasikannya karena hingga saat ini kami pun masih mencoba cari tahu tempat hosting manakah yang terbaik.

Agar dapat di ketahui tidak lah masalah kita membeli atau menyewa sebuah domain dan hosting di tempat yang berbeda. bahkan beberapa senior menyampaikan idealnya tempat sewa domain dan hosting memang lah harus berbeda untuk menjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan. Namun semuanya kembali kepada keputusan Anda.

Demikian artikel singkat tentang perbedaan hosting dan domain yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam sukses 

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top