0
Sebelum kita membahas tentang pengertian klaim asuransi kita akan membahas terlebih dahulu tentang apakah yang di maksud dengan asuransi? Bagaimanakah memilih asuransi yang baik? Dan produk asuransi seperti apakah yang kita perlukan? Segala sesuatu tentang asuransi idealnya harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum kita memilih produk asuransi yang kita inginkan sekaligus untuk memilih perusahaan asuransi mana yang produknya akan kita gunakan.

Sebagaimana telah di ketahui bahwasanya asuransi adalah salah satu produk keuangan yang di ciptakan untuk memberikan kemudahan serta perlindungan bagi masyarakat. Berbagai macam produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi banyak menawarkan jenis-jenis asuransi yang dapat kita pergunakan. 

Namun demikian kita tetap harus jeli untuk memutuskan produk asuransi mana dan perusahaan apa yang akan kita pilih untuk dapat kita gunakan. Karena sebagaimana produk-produk dan perusahaan lain, setiap produk dan perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Pengertian Klaim Asuransi
Kini saat nya kita bicara tentang pengertian asuransi. Apakah yang di maksud dengan asuransi? Pengertian asuransi di bawah ini adalah berdasarkan Undang-undang No.2 Tahun 1992 Tentang Perusahaan Asuransi. 

Bahwa yang di maksud dengan Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Selanjutnya bagaimanakah memilih asuransi yang baik? Dari berbagai hal yang harus di pertimbangkan untuk memilih suatu perusahaan asuransi di antaranya adalah Pertama ketahui terlebih dahulu track record perusahaan asuransi yang bersangkutan. Apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki masalah terhadap konsumennya terlebih pada masa klaim asurani. 

Kedua ketahui agen asuransi yang menawarkan produk asuransi. Apakah agen asuransi tersebut cukup profesional di bidangnya, Cukup lama bekerja di bidangnya. Hal ini perlu di pertimbangkan karena Agen asuransi adalah salah satu hal terpenting yang di butuhkan oleh seorang konsumen untuk nantinya dapat membantu proses klaim asuransi.

Terakhir produk asuransi manakah yang kita perlukan. Cukup banyak produk asuransi yang ada di pasar dan di tawarkan oleh berbagai macam perusahaan asuransi. Sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah produk asuransi idealnya seorang calon konsumen harus memahami terlebih dahulu produk apa yang di inginkannya agar tidak kecewa di kemudian hari.

Selanjutnya setelah memutuskan untuk mengambil produk asuransi yang akan di gunakan tidak ada salah nya untuk membandingkan produk yang sejenis dengan perusahaan lainnya. Jangan lupa tanyakan pula tentang apa saja yang di jamin dan tidak di jamin oleh polis? Berapa premi yang harus di bayarkan setiap bulan atau tahunnya? Apa saja manfaat yang akan di terima jika mengambil produk asuransi di perusahaan tersebut? Bagaimana dan kapan manfaat akan di terima? Bagaimana dan berapa lama proses klaim asuransi dapat di lakukan? Dan lain sebagainya.   

Setelah kita dapat mengenali produk asuransi dan perusahaan mana yang akan kita pilih selanjutnya kita harus mengetahui tentang cara atau pengertian klaim asuransi. Pada dasarnya secara umum pengertian klaim asuransi dapat di definisikan sebagai  permintaan resmi yang ditujukan kepada perusahaan asuransi, terkait perlindungan finansial atau ganti rugi dari pihak tertanggung sesuai dengan kontrak perjanjian yang telah disepakati antara tertanggung dengan perusahaan penyedia jasa asuransi.

Untuk mengajukan proses klaim asuransi, Anda dapat langsung menuju ke perusahaan asuransi di mana Anda mengambil produk asuransi. Hal ini akan menjadi lebih mudah jika Anda mengambil produk asuransi tersebut dengan melibatkan agen asuransi yang profesional sehingga agen tersebut dapat membantu proses klaim asuransi Anda. Inilah pentingnya kita mempertimbangkan agen asuransi mana yang tepat untuk kita mengambil produk asuransi.

Setelah mengetahui tentang seluk beluk masalah asuransi, termasuk tentang definisi klaim asuransi maka tidak perlu ada lagi kekhawatiran untuk kita mengambil produk asuransi yang tentunya sesuai dengan kebutuhan kita. Poinnya adalah ketahui dengan baik produk dan perusahaan asuransi yang akan kita gunakan, sampai kepada tahapan cara memperoleh klaim asuransi jika di butuhkan. Semoga bermanfaat

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top