0
Ternyata berat membangun situs wordpress, itu yang kami alami saat ini. Untuk kesekian kalinya kami mengalami permasalahan. Situs kami ternyata tidak dapat di akses dengan lancar. Untuk menuju dashboard wordpress nya saja kami mengalami kesulitan. Kami coba juga untuk membuka situsnya ternyata tidak dapat di akses dengan normal. Selalu ada tampilan "the page you are looking for is temporarily unavailable try again in.. seconds".

Kami tidak memahami juga apa yang menyebabkan permasalahan ini. Prediksi kami permasalahan ini kembali terulang karena masalah hosting. Padahal situs dengan platform wordpress self hosted ini baru kami bangun kembali beberapa hari yang lalu. Belum ada 1 bulan. Dengan demikian kami merasa pengunjung di situs tersebut pun pastilah belum banyak. Terakhir kami melihat via dashboard masih terhitung belasan pengunjung saja.
Ternyata Berat Membangun Situs Wordpress
Tapi tidak menutup kemungkinan dengan index yang cepat kembali hadir via google di tambah dengan berbagai link serta usia domain yang telah cukup lama membuat situs kami tersebut mampu untuk mendapatkan pengunjung puluhan bahkan ratusan pengunjung per harinya. Tapi anehnya baru mendapat kunjungan segitu saja, situs kami tersebut tidak lagi dapat di akses.

Jujur saja kami kecewa terhadap permasalahan ini. Apa yang di katakan pihak hosting dengan bandwith yang unlimited dan disk space yang cukup besar ternyata tidak terbukti sama sekali. Sepertinya kami harus kembali berusaha untuk mendapatkan hosting yang lebih baik lagi.

Ternyata memang berat untuk membangun sebuah situs yang berbasis wordpress dengan menggunakan hosting sendiri. Dari apa yang kami alami, selayaknya pengguna hosting harus lebih berhati-hati dengan terlebih dahulu mencari sejumlah review yang bagus terhadap pihak hosting, baik hosting yang ada di Indonesia maupun yang berada di luar negeri, tentang kualitas pelayanan jasa hosting nya sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah hosting.

Apes nya, kami belum melakukan back up sama sekali terhadap artikel-artikel yang telah kami buat. Walaupun artikel kami kami tersebut belum banyak, tentu saja tidak lucu dan cukup melelahkan jika kami terpaksa harus menuliskannya ulang. Kami berharap semoga dalam beberapa jam atau hari ke depan situs kami tersebut dapat di akses sehingga kami mampu menyelamatkan artikel-artikel kami yang berada di dalamnya.

Sepertinya dengan kejadian kali ini kami harus berani untuk mengambil keputusan untuk dapat menyewa hosting yang lebih berkelas. Walaupun memang hal ini harus di tebus dengan biaya yang cukup besar dengan potensi penghasilan yang belum terlihat. Ini lah kekurangannya membangun sebuah situs atau blog dengan menggunakan hosting sendiri. Membutuhkan biaya yang relatif besar tanpa tau situs atau blog yang di bangun akan menghasilkan atau tidak.

Sebenarnya kami telah membaca review tentang hosting lain yang ada di luar negeri. Situs tersebut menawarkan jasa hosting VPS, Virtual bukan shared. Namun kami belum berani untuk mengambilnya, selain pembayaran tidak dapat melalui transfer bank, supportnya dalam bahasa dan biaya yang cukup mahal. Kami pun belum cukup memahami tentang cara mengelola VPS.

Hosting tersebut dari digital ocean. Sepertinya digital ocean akan menjadi pertimbangan kami terakhir untuk mendapatkan tempat hosting yang relatif lebih baik. Karena dari apa yang kami alami shared hosting sungguh sangat mengecewakan. 

Sekian curhat dari kami tentang ternyata berat membangun situs wordpress. Semoga Anda tidak mengalaminya. Jika ada pembaca yang punya pengalaman tentang ini, saran dan komentarnya kami tunggu di kolom komentar. Terima kasih. Salam sukses 
Jangan lupa simak juga artikel kami yang berjudul Tidak Ada Kata Terlambat

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top