0
Blog Pribadi - Perlukan domain dan server sendiri?? Mungkin cukup banyak dari kita yang menanyakan tentang hal ini terlebih lagi bagi para blogger pemula yang baru mengenal dunia blogger dan berniat ingin mendalami dunia blogging.

Jujur saja kami pun pernah mengalaminya. Pertanyaan seputar memiliki domain sendiri beserta server nya cukup lama hinggap di kepala kami. Apa yang kami sampaikan saat ini adalah berasal dari pengalaman kami sendiri setelah hampir satu tahun ini kami cukup aktif menekuni dunia bloging.

Domain adalah sebuah nama untuk sebuah blog atau website. Jika Anda mengetikkan nama domain FrizeDianto.com maka Anda akan menuju kepada situs kami ini. Itulah yang di sebut dengan domain. Sementara server adalah sebuah tempat untuk menyimpan berbagai macam file seperti text, gambar atau video di mana keseluruhan file tersebut dapat di akses selama 24 jam perhari. 
Pada dasarnya server adalah sebuah unit komputer yang terdiri atas banyak komputer yang saling terhubung selalu selama 24 jam perharinya. Karena tidak mungkin untuk kita mterus menerus menghidupkan komputer selama 24 jam maka kita membutuhkan sebuah server.

Selanjutnya kembali kepada pertanyaan di atas apakah kita memerlukan sebuah nama domain dan server? Secara relatif jawabannya adalah dapat membutuhkan dapat juga tidak. Mengapa demikian? Kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat menjadi suatu kebutuhan bagi kita jika kita memang merasa membutuhkannya. Jika tidak, Ya.. tidak.

Jika saat ini Anda baru saja berada pada tahapan belajar mengenai blogging. Kami rasa Anda belum terlalu membutuhkan nama domain dan server sendiri. Namun jika kemudian di dalam perjalanan bloging Anda ingin meningkatkan kemampuan bogging Anda atau ingin memonetisasinya maka setidaknya memiliki nama domain sendiri adalah lebih baik bagi Anda.

Begitu pula dengan yang namanya server. Jika saat ini Anda merasa belum membutuhkan maka  Anda tidak perlu memaksakan diri untuk dapat menyewa server sendiri. Server blogspot dan wordpress misalnya saat ini kami yakini masih mampu untuk mencukupi kebutuhan Anda.

Jadi menurut kami kebutuhan memiliki nama domain dan server sendiri adalah suatu pilihan bagi Anda yang memiliki kegiatan bogging. Tidak ada paksaan. Satu yang pasti bahwa dalam dunia blogging membuat suatu artikel yang unik dan menarik adalah suatu tugas utama seorang blogger.

Apapun domain dan server yang Anda pakai jika Anda mampu untuk mengisi blog atau website yang Anda miliki dengan konten-konten yang berkulitas maka telah cukup bagi Anda selaku blogger. Jika kemudian dalam perjalanan blogging Anda membutuhkan nama domain dan server sendiri maka itu adalah benar atas dasar kebutuhan yang benar-benar Anda rasakan.

Namun demikian perlu juga di ketahui bahwa dengan menggunakan nama domain dan server sendiri secara tidak langsung Anda telah melakukan search engine optimatition atau SEO dengan lebih baik. Setelah mengetahui penting nya menggunakan nama domain dan server sendiri maka keputusan ada di tangan Anda ingin menggunakannya atau tidak. Semoga bermanfaat.

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top