0
Membuat artikel pilar dalam sebuah blog sangat penting. Hal ini tentu telah di ketahui oleh segenap master blogger yang telah lama menekuni dunia blogging.

Untuk segenap para pemula hampir pasti belum mengetahui apa definisi tentang artikel pilar, pentingnya artikel pilar dalam suatu blog, manfaat artikel pilar dan lain sebagainya.

Hal ini menjadi wajar karena memang cukup banyak hal yang harus di pelajari oleh segenap Blogger untuk dapat membuat sebuah blog dapat meraih banyak pengunjung.

Penting nya Artikel Pilar Dalam Sebuah Blog

Sebagaimana telah di ketahui membuat konten atau menulis artikel adalah hal paling utama yang menjadi tugas bagi seorang blogger. 

Terlebih lagi jika blogger tersebut berusaha untuk menjadikan dirinya sebagai seorang blogger profesional atau full time blogger. 

Tanpa membuat konten atau artikel tidak mungkin sebuah blog akan mampu mendapatkan jumlah pengunjung yang cukup dalam suatu blog.

Jika kita bicara tentang Blogger profesional, sebenarnya apa yang di maksud dengan blogger profesional tersebut? 

Yang di maksud dengan Blogger profesional atau dapat di sebut juga sebagai full time Blogger adalah seorang blogger yang telah melakukan kegiatan mencari uang melalui blog yang di milikinya secara full time, penuh waktu.

Seorang blogger profesional pasti telah mengalami proses panjang. Pengetahuan dan pemahaman mereka tentang cara monetisasi atau cara menghasilkan uang dengan blog telah cukup banyak.

Menulis artikel adalah suatu pekerjaan yang harus terus menerus di upayakan untuk dapat di lakukan secara konsisten oleh seorang blogger profesional. 

Alasannya adalah karena konsistensi dalam menulis artikel menjadi jalan yang dapat membawa diri seorang blogger ke arah kesuksesan.

Tentu saja artikel yang di buat harus tetap menarik dan unik sehingga mampu untuk menarik pengunjung blog untuk membacanya. 

Idealnya sebuah artikel tidak saja harus unik dan menarik di mata pengunjung tapi juga bersahabat dengan mesin pencari.

Tidak mudah memang. Perlu waktu dan proses belajar yang cukup panjang untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang dunia blogging yang baik dan benar.

Seorang blogger yang baik, seorang blogger yang menuju ke arah profesional tentu tidak akan melakukan copy paste terhadap hasil karya orang lain.

Dari banyak nya konten atau artikel yang harus di tulis idealnya dalam sebuah situs atau blog ada cukup banyak tulisan yang menjadi artikel pilar di dalam suatu blog.

Definisi Artikel Pilar 

Apa yang di maksud dengan artikel pilar? Artikel pilar adalah sebuah artikel utama dalam sebuah blog yang berisi informasi utama sesuai dengan niche, tema, blog bersangkutan yang tidak cepat lekang oleh waktu. 

Semakin banyak artikel pilar di dalam suatu blog maka blog tersebut akan tetap menerima kunjungan sekalipun karena sesuatu hal blog tidak sempat untuk di update. 

Minimal ideal artikel pilar yang ada di dalam suatu blog terdiri atas 5-10 artikel sesuai topik blog.

Manfaat Artikel Pilar

Cukup banyak manfaat yang akan di dapatkan oleh segenap Blogger dari sebuah atau beberapa buah artikel pilar.

Manfaat utama artikel pilar dalam sebuah blog adalah menjadikan blog menjadi perhatian mesin pencari sesuai Niche, tema blog.

Semakin banyak dan berkualitas artikel pilar dalam suatu blog maka mesin pencari akan menjadikan blog tersebut prioritas dalam meraih rangking pencarian.

Tentu saja sesuai Niche blog dan keyword atau kunci yang ada dalam sebuah artikel pilar.

Setelah blog terisi artikel pilar dan mampu meraih perhatian mesin pencari yang dengannya artikel dapat tampil di dengan baik maka pengunjung blog pun akan menjadi baik pula.

6 Jenis Artikel Pilar


Untuk memperjelas apa yang di maksud dengan artikel pilar di bawah ini kami berikan informasi untuk anda jenis artikel pilar yang dapat anda buat :

1. Artikel How To, Cara
Artikel pilar dengan jenis how to atau cara adalah sebuah artikel yang berisi tentang informasi melakukan atau mengerjakan sesuatu. 

Sebagai contoh adalah artikel kami dengan judul Cara Membangun Sebuah Komunitas

2. Artikel Definisi
Artikel pilar selanjutnya adalah artikel yang membahas tentang definisi suatu kata, kalimat atau hal-hal lainnya sesuai dengan topik yang akan di terapkan di suatu blog. 

Sebagai contoh tulisan kami yang berjudul Definisi Ebook Menurut Para Ahli

3. Artikel Teori/Argumen
Artikel pilar selanjutnya yang juga dapat di buat adalah sebuah artikel yang memberikan sebuah teori atau argumentasi sesuai dengan topik blog yang akan di kembangkan. 

Dalam hal ini contohnya seperti tulisan kami yang berjudul 2 Ciri pembeli Online PHP

4. Artikel Laporan gratis, white paper, ecourse 
Biasanya artikel pilar jenis ini dalam bentuk bentuk ebook dalam format pdf yang dapat di download. 

Tentu saja artikel pilar jenis dapat juga berupa artikel jenis lain seperti jenis artikel serial tentang topik atau tema yang berkaitan dengan niche utama suatu blog.


5. Artikel Daftar/list
Sebuah artikel pilar selanjutnya yang di buat dengan menggunakan bantuan angka-angka atau poin-poin yang mempermudah pembaca untuk menyimak dan memahaminya seperti contoh artikel ini misalnya.

6. Artikel Tutorial
yang terakhir tentang tulisan artikel pilar adalah sebuah artikel yang memberikan informasi secara runut dan jelas tentang sesuatu hal. 

Seperti artikel tentang Pentingnya Menghapus Blog Archive 

Seperti telah kami sampaikan di atas setidaknya ada 6 jenis artikel pilar yang dapat di buat segenap Blogger.

Jika mungkin buat keenam jenis tipe artikel pilar dengan baik seperti yang telah kami sampaikan di atas. Jika belum mungkin buatlah setidaknya 2 jenis.  

Jangan lupakan juga untuk membuat artikel pilar dengan menggunakan kata kunci yang cukup banyak di cari oleh segenap netter melalui mesin pencari.

Demikianlah yang di maksud dengan artikel pilar dan keutamaan dalam membuatnya.

Semoga artikel pentingnya artikel pilar dalam sebuah blog ini dapat bermanfaat untuk anda. Salam sukses!

Posting Komentar Blogger

 
Top