0
Berakhirnya Euforia Batu Akik - Euforia batu akik akhirnya meredup. Sebagaimana komoditas-komoditas lainnya yang bukan menjadi kebutuhan pokok masyarakat akhirnya, dengan segala hiruk pikuk nya, kegiatan jual beli batu akik beberapa waktu lalu yang sangat ramai akhirnya berakhir.

Sebenarnya jika cukup teliti menyikapi fenomena euforia batu akik ini dapat dengan mudah di ambil kesimpulan bahwasanya memang hiruk pikuk nya bisnis jual beli batu akik ini akan berakhir dalam waktu yang tidak terlalu lama. Hampir sama seperti bisnis yang beberapa waktu lalu juga pernah booming.

Anda mungkin tau dengan hal tersebut. Ya, Benar. Bisnis bunga Anthurium atau gelombang Cinta dan ikan Lou Han. Keduanya adalah bisnis komoditas yang cukup fenomenal di zamannya. Namun saat ini hilang begitu saja dengan kerugian cukup banyak yang di tanggung oleh pelakunya.

Berakhirnya Euforia Batu Akik

Bagaimana pebisnis ini tidak rugi jika dalam masa emasnya komoditas ini mereka berani membeli, membudidayakan dengan modal yang cukup besar. Dengan harapan akan mampu mendatangkan penghasilan yang besar. Tapi ternyata pada kenyataannya harapan itu musnah begitu saja.

Semoga dengan turunnya bisnis batu akik ini dapat memberikan hikmah kepada kita semua bahwasanya segala sesuatu yang tiba tiba mendadak menjadi besar adalah sesuatu yang harus di waspadai. Termasuk dalam masalah bisnis.

Hal ini mungkin adalah salah satu penyebab mengapa pihak pegadaian atau perbankan tidak menjadikan komoditas ini menjadi sesuatu yang di anggap memiliki nilai jual yang tinggi. Hingga pemiliknya tidak dapat meminjam uang dengan jaminan batu akik, ikan louhan ataupun bunga Anthurium.

Berakhirnya euforia batu akik komoditas musiman

Sehingga upaya menggadaikan atau menjualnya kepada pihak pegadaian dan atau perbankan terhadap bisnis komoditas seperti tidak dapat di lakukan.

Dalam hal ini bukan kami ingin mengatakan bahwasanya bisnis jual beli batu akik ini tidak sah atau bagaimana.

Kami hanya ingin menyampaikan bahwa dunia bisnis adalah dunia yang sangat dinamis.

Ada komoditas-komoditas tertentu yang di butuhkan masyarakat sehingga di anggap liquid atau layak jual. Ada pula komoditas-komoditas tertentu yang bersifat temporer dan bersifat momentum.

Di harapkan dengan kejadian ini kita semua dapat belajar untuk dapat lebih bijak dalam mengambil suatu keputusan ketika kita ingin membangun suatu bisnis. Jika kita tidak  belajar dari apa yang telah terjadi maka penyesalan akan selalu datang.

Kami pribadi meyakini bahwasanya bisnis jual beli batu akik tetap dapat berjalan dengan baik.

Namun bukan pada skala seperti kemarin, ketika anak SD juga suka main batu akik. Melainkan kembali kepada skala sebenarnya, sebelum fenomena batu akik ini pernah menjadi booming.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang berakhirnya euforia bisnis jual beli batu akik. Semoga dapat bermanfaat

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top