2
Cara main proyek di instansi-instansi pemerintah sebenarnya relatif sederhana. Dengan memiliki finansial yang cukup dan membina hubungan baik dengan para pejabat di instansi tertentu, di instansi/dinas mana Anda akan bermain, maka perjalanan Anda untuk mengais rejeki melalui kegiatan proyek di pemerintahan telah di mulai.

Sebelumnya perlu juga di ketahui kegiatan proyek di pemerintahan secara umum terbagi atas 3 macam kegiatan. Pertama kegiatan konsultan, Kedua kegiatan pengadaan barang, dan terakhir adalah kegiatan pengadaan jasa. Jika Anda memiliki kemampuan yang memadai Anda dapat memasuki ketiganya. Namun jika tidak 1 atau 2 kegiatan saja sudah cukup.

Dalam melakukan kegiatan proyek yang berhubungan dengan pihak pemerintah ini baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional sepanjang yang dapat kami pahami adalah hubungan baik menjadi sangat penting.

Cara Main Proyek Pemerintah

Baca juga
Pengalaman Pribadi Main Proyek Pemerintah Daerah

Jika Anda selaku pemain baru maka investasi waktu yang Anda butuhkan untuk dapat menjalin hubungan baik dengan para pejabat pemerintahan sangat di butuhkan.

Investasi hubungan baik, dalam hal ini dengan kalangan birokrat sangat di butuhkan di lapangan.

Ada istilah "Uang gak laku" artinya kurang lebih adalah walaupun Anda memiliki finansial yang cukup tapi jika Anda tidak memiliki hubungan yang baik dengan para pihak yang terlibat dalam suatu kegiatan maka seberapa besar pun Anda memiliki uang itu tidak akan dapat berjalan dengan baik di lapangan.

Setelah Anda memiliki hubungan baik dengan para pihak penyelenggara kegiatan proyek di pemerintahan langkah selanjutnya yang benar-benar harus Anda persiapkan adalah memiliki finansial yang cukup untuk dapat memenangkan sekaligus mengerjakan paket kegiatan proyek yang Anda inginkan.

Sebagaimana investasi hubungan adalah penting. Sisi finansial pun sangat penting dalam kegiatan main proyek di pemerintahan. Hubungan yang baik saja tidak cukup tanpa adanya kemampuan finansial yang mencukupi begitu pula sebaliknya.

Secara umum dan ini telah menjadi rahasia umum jika Anda ingin mencoba main proyek di instansi/dinas pemerintahan maka sisi finansial yang harus Anda persiapkan adalah menyiapkan sejumlah uang setoran/uang muka kepada pejabat terkait sejumlah yang telah di negosiasikan. Kisarannya berkisar di angka 10-25 % dari nilai paket kegiatan.

Selanjutnya adalah menyiapkan sejumlah dana untuk membeli barang atau menyiapkan, menyediakan jasa yang akan Anda kerjakan sesuai dengan Surat Perintah Kerja/SPK yang Anda dapatkan. Baik SPK/ Surat Perintah Kerja Anda dapatkan setelah memenangkan lelang/tender suatu kegiatan proyek atau menerima SPK langsung.

Khusus untuk penyelenggaraan proyek melalui LPSE, sesuai dengan peraturan Presiden No. 54/2010 pada dasarnya memiliki niatan yang baik.

Namun sepanjang yang dapat kami ketahui selama proses pengadaan kegiatan proyek pemerintahan ini masih menggunakan tenaga manusia yang mudah tergiur dengan uang maka sistem yang baik pun masih tetap tidak dapat berjalan dengan baik. Faktor SDM sangat penting.

Intinya cara main proyek di instansi/dinas di pemerintahan sangat mungkin untuk dapat di lakukan oleh siapa saja. Pada prinsipnya untuk mendapatkan proyek dari pemerintah tidak sulit. Semua orang dapat melakukannya.

Cara Mendapatkan Proyek Pemerintah


Cara mendapatkan proyek pemerintah cukup sederhana.  Siapapun Anda akan mampu untuk mendapatkannya. Tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mampu mendapatkan proyek dari pemerintah.

Dari beragam hal yang harus anda perhatikan untuk mampu mendapatkan proyek pemerintah, ada 2 hal wajib yang harus Anda persiapkan. 

Yang pertama adalah kemampuan lobi anda dalam membangun investasi hubungan dengan segenap pembuat kebijakan. 

Yang kedua finansial, keuangan yang cukup. Anda harus memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk anda mampu mendapatkan proyek pemerintah.

Tidak kalah pentingnya adalah hal ketiga yang tentunya juga perlu Anda persiapkan yaitu pengetahuan Anda tentang barang/jasa apa saja yang sekiranya akan Anda butuhkan dalam suatu proyek pengadaan pemerintah.

Sangat penting untuk mengetahui dengan detail setiap produk atau jasa yang akan Anda siapkan ketika Anda akan mengikuti kegiatan tender proyek di pemerintahan.

Tanpa mengetahui setiap aspek produk/ jasa dengan detail jangan pernah mengharapkan keuntungan akan Anda dapatkan.

Alih-alih keuntungan akan Anda dapatkan jika Anda tidak mengetahui tentang permasalahan aspek/jasa yang harus Anda siapkan berhadapan dengan permasalahan hukum menjadi suatu keniscayaan.

Segala usaha apapun bentuknya tidak ada yang mudah namun tidak ada yang terlalu sulit juga.

Semua perlu waktu, proses dan pengetahuan yang cukup untuk dapat membuat suatu usaha/kegiatan yang akan di lakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Termasuk di dalamnya untuk mengetahui,  mengikuti cara main proyek pemerintahan. 

Siapapun Anda, apakah saat ini sebagai pemborong pemula atau kontraktor kecil anda tetap memiliki peluang untuk mendapatkan proyek pemerintah.

Semakin besar proyek pemerintah ingin anda kerjakan maka semakin besar pula usaha yang anda lakukan. Termasuk di dalamnya kemampuan pengetahuan akan produk dan atau jasa, lobby dan finansial.

Untuk anda sebagai pemborong pemula dan atau kontraktor kecil, proyek penunjukan langsung atau sering di sebut sebagai PL atau PML adalah peluang yang mungkin.

Sepanjang anda memiliki kemampuan pengetahuan yang cukup, lobby dan finansial maka peluang anda untuk mendapatkan proyek dari pemerintah semakin besar.

Teori tentang cara mendapatkan proyek dari pemerintah, cara main proyek pemerintah dalam artikel ini kami sarikan dari pengalaman pribadi kami.

Selama praktek lapangan tidak berubah Anda juga memerlukan kekuatan massa, otot, khususnya jika proyek pemerintah yang anda inginkan adalah proyek yang bersifat tender. Semoga  bermanfaat

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top