0
Kelebihan dan kekurangan Blogspot VS Wordpress - Bagi seorang blogger kegiatan menulis adalah suatu tugas utama untuknya. Terlepas dari apa yang menjadi tujuan dalam melakukan kegiatan blogging. Platform Blogspot dan Wordpress adalah 2 jenis platform yang menjadi andalan bagi banyak blogger untuk melakukan kegiatan menulisnya.

Kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagaimana biasa hampir di segala situasi dan keadaan kelebihan dan kekurangan menjadi suatu keniscayaan. Begitu pula yang ada di dalam platform blogging Blogspot dan Wordpress ini.

Sepanjang yang dapat kami ketahui platform blogspot adalah sebuah platform yang banyak di gunakan oleh blogger dalam melakukan kegiatan blogging nya. Lebih khusus nya blogger yang ada di Indonesia banyak melakukan kegiatan blogging dengan menggunakan platform ini.
Kelebihan dan Kekurangan Blogspot VS Wordpress
Di antara banyak kelebihannya adalah platform Blogspot dapat di gunakan dengan tanpa biaya alias gratis. Yang di perlukan hanya sedikit keahlian untuk membuat blog dengan platform ini dan memiliki sedikit pengetahuan tentang bahasa pemrograman HTML.

Selain gratis platform blogspot juga dapat di gunakan untuk menghasilkan uang di internet. Cara mudah untuk mendapatkan penghasilan melalui blogger dengan tanpa harus mengcustom domain adalah dengan mengikuti program PPC, Pay Per Click semacam Google AdSense.

Kapasitas bandwith dan ruang untuk menaruh tulisan dan gambar yang besar menjadi kelebihan platform ini. Dengan menggunakan platform ini Anda tidak perlu khawatir untuk kehabisan bandwith dan ruang untuk penyimpanan file.

Dari sisi keamanan pun platform Blogspot memiliki keunggulan tersendiri. Hampir tidak dapat seorang Hacker mengganggu sebuah blog yang hostingnya di letakkan di blogspot. Namun demikian platform ini pun tentu memiliki kekurangan.

2 kekurangan yang utama menurut kami adalah kegiatan blogging dengan menggunakan platform ini memberikan batasan-batasan kepada pemilik blog untuk dapat melakukan perubahan-perubahan yang maksimal di sisi tampilan blog. Di samping itu platform blogspot tidak memberikan fleksibilitas tertentu sebagaimana platform wordpress.org.

Kekurangan lainnya yang utama adalah kegiatan blogging dengan menggunakan platform ini sedikit banyaknya akan menimbulkan perasaan khawatir pada diri seorang blogger karena ia menanggung resiko akan di hapusnya blogger yang di miliki dengan alasan-alasan tertentu. 

Cukup banyak blogger yang telah mengalami hal ini. Oleh karenanya mengikuti segala peraturan yang telah di buat blogspot dan tidak melanggar nya adalah jalan terbaik untuk menghindari kemungkinan penghapusan blog yang di hosting di platform ini.

Kelebihan melakukan kegiatan blogging dengan menggunakan platform wordpress adalah fleksibilitas yang tinggi di tawarkan oleh platform ini. Otak-atik theme, penggunaan plugin-plugin untuk penambah SEO dan lain sebagainya adalah contoh dari banyak kelebihan lainnya yang di miliki oleh platform wordpress.org ini.

Selain itu dengan menggunakan platform ini Anda tidak perlu khawatir dan was-was terhadap kemungkinan blog akan di hapus. Dengan menggunakan platform ini untuk melakukan kegiatan blogging Anda dapat menuliskan banyak artikel tanpa perlu mendapatan peringatan.

Kekurangan yang vital dari sisi penggunaan platform ini adalah dari sisi keamanan blog. Blog dengan menggunakan platform wordpress.org ini memiliki potensi untuk dapat mengalami gangguan dari para peretas. Hal lainnya adalah dalam setiap tahun mau tidak mau pemilik blog harus mengeluarkan biaya untuk membayar hosting agar dapat terus melakukan kegiatan blogging.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang kelebihan melakukan kegiatan blogging dengan menggunakan platform blogspot dan wordpress. Apapun pilihan Anda, resiko menjadi tanggung jawab Anda. Bijak lah untuk menggunakannya. 

Demikian kelebihan dan kekurangan Blogspot dan wordpress. Semoga bermanfaat

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top