0
Di suatu waktu di tengah perbincangan.. Seorang rekan bertanya: "Bang, sebenarnya kualitas kita sebagai bangsa bagimana saat ini?" Dengan tersenyum kami menjawab: "Ini pendapat abang, ya.. bisa jadi salah. Mudah saja. Coba lihat di kampus-kampus pemuda/pemudi nya".

"Berapa macam topik obrolan dari banyak nya mahasiswa/i yang biasanya di lakukan saat berkumpul bersama teman-temannya di setiap tempat. Baik di ruangan kelas, warung, selasar dan tempat-tempat lain? Dengarkan dan cermati obrolan mereka. Berapa persen dari mereka yang bicara tentang pelajaran, pekerjaan, usaha, politik atau tentang bangsa misalnya?"

"Sangat sedikit. Tidak kurang dari 10 tahun. Dari awal tahun 2000 an hingga saat ini kami perhatikan. Mayoritas masalah yang di bicarakan adalah tidak jauh dari permasalahan tentang lawan jenis. Bagaimana bisa sosok-sosok yang di anggap sebagai agen pembaharuan, kelompok intelektual muda dapat di harapkan untuk dapat berbuat lebih jika apa yang di bicarakan hampir selalu tentang permasalahan tersebut?"
Kualitas Bangsa dan Kaum Muda
Jika apa yang sering di bicarakan dalam setiap percakapan bukan sesuatu yang dapat membangun diri ke arah lebih baik hanya semata bicara tentang masalah kesenangan. bagaimana kita dapat berharap terhadap suatu perubahan akan di dapatkan melalui kelompok ini? 

Apa yang kami sampaikan adalah bukan berarti kami melarang adanya sebuah obrolan/percakapan tentang lawan jenis. Tapi jika hal tersebut senantiasa yang selalu menjadi bahan percakapan bagaimana bisa berharap bangsa ini dapat lebih baik. Mungkin semua orang telah tau bahwa segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Termasuk untuk permasalahan ini.

Di perlukan segenap kesadaran elemen bangsa untuk dapat membuat bangsa Indonesia dapat menjadi lebih maju dari saat ini dan sebelum nya. Di perlukan sikap aktif dan kritis dari segenap kelompok dan golongan, khususnya kaum muda untuk dapat menjadi garda terdepan perbaikan bangsa.

Berusaha untuk selalu menjadi yang tebaik di bidang nya. Berusaha untuk selalu dapat aktif dan memberikan kontribusi untuk masyarakat sekitar dan bangsa tentu menjadi harapan bagi bagi kelompok masyarakat lainnya.

Sejatinya suatu bangsa tidak akan pernah dapat menjadi lebih maju dan sejahtera tanpa adanya partisipasi seluruh masyarakatnya. Khususnya kaum muda karena di pundak mereka lah bangsa ini akan dapat menjadi lebih baik atau bahkan terpuruk dan pecah. 

Semoga sedikit tulisan dari kami ini dapat memberikan motivasi dan semangat juang yang tinggi bagi kita semua, khususnya kaum muda untuk dapat terus berjuang demi memberikan yang terbaik bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara. Salam

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top