0
Awal sejarah Android dulu hingga kini telah mencapai target yang menggembirakan sesuai yang di harapkan oleh pihak pengembangnya, Google.. Sistem operasi smartphone Android telah menjadi sebuah sistem operasi yang banyak di pakai oleh segenap masyarakat dunia.

Sistem operasi sebelumnya seperti blackberry telah jauh di langkahi oleh Android. Sistem operasi telepon pintar blackberry yang sempat menjadi sebuah sistem operasi yang merajai teknologi telepon pintar itu kini jauh tertinggal. Akibatnya hingga pada keputusan sistem operasi blackberry terakhir blackberry 10 tidak lagi di kembangkan.

Sistem operasi Android yang di kenal juga sebagai sistem operasi sejuta umat ini telah memberikan pencerahan sekaligus perubahan mendasar pada pemerhati dan pengguna teknologi, khusus nya dunia teknologi telepon pintar atau smartphone.

Awal Sejarah Android Dulu Hingga Kini

Sistem operasi Adroid yang di kembangkan secara berkelanjutan oleh pihak Google dan Open Handset Alliance (OHA) ini di mulai pada bulan November 2007 dengan mengeluarkan versi Beta. Sistem operasi telepon pintar Android ini baru dikomersialkan pada September 2008 dengan mengeluarkan sistem operasi Android versi 1.0.

Di tahun 2009 sistem operasi Android mulai di kembangkan dengan memberikan nama versi Android menggunakan nama-nama makanan pencuci mulut dan dan makanan manis dengan berdasarkan urutan alfabet untuk membedakan setiap versinya.

Masing-masing versi sistem operasi Android di rilis sesuai urutan alfabet, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0–2.1), Froyo (2.2–2.2.3), Gingerbread (2.3–2.3.7), Honeycomb (3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), Jelly Bean (4.1–4.3), KitKat (4.4+), Lollipop (5.0), Marshmallow (6.0) dan Nougat (7.0).

Nama Android versi terbaru 7.0 Nougat adalah sebuah nama sistem operasi Android terbaru. Versi Android terbaru 7.0 Nougat ini baru di umumkan secara resmi pada bulan juli 2016. Perangkat keras smartphone dan tablet yang menggunakan sistem operasi Android terbaru 7.0 Nougat ini pun belum tersedia di pasaran.

Sebagaimana telah di ketahui bahwa pada tanggal 3 September 2013, Google mengumumkan bahwa sekitar 1 miliar perangkat seluler/smartphone aktif di seluruh dunia telah menggunakan sistem operasi Android.

Di tahun 2016 jumlah pengguna sistem operasi Android telah mencapai 1,4 Milyar lebih. Sungguh sebuah prestasi yang menakjubkan. Yang berarti para pengguna sistem operasi Android telah melebihi jumlah penduduk negara berdasarkan survei Wikipedia tanggal 27 Juli 2016.

Pembaruan utama terbaru versi Android adalah Lollipop 5.0, yang dirilis pada 3 November 2014. Hingga kini sistem operasi Android telah memasuki versi ke 6.0 dengan nama Marshmallow. Dengan demikian awal sejarah sistem Android hingga kini dari versi Beta telah mencapai versi 6.0.

Kita sama tunggu kelanjutan versi selanjutnya dari sistem operasi Android yang di besut oleh pihak google ini. Apakah akan ada pembaruan besar yang terjadi pada pembaruan sistem operasi Android selanjutnya? Apakah akan terjadi pergantian nama setelah urutan sistem Android yang berdasarkan alfabet telah habis mencapai versi Z? Hanya Tuhan dan Google yang tau.

Demikian artikel tentang awal sejarah android dulu hingga kini. Semoga bermanfaat

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top