0
Cara cek broken link dan solusinya ini idealnya harus di ketahui oleh segenap blogger yang aktif dalam kegiatan blogging. Mengapa demikian? Ya, Karena broken link yang ada di dalam suatu blog adalah sesuatu yang tidak di sukai oleh robot mesin pencari seperti robot google misalnya. Dengan tidak di sukainya sebuah blog oleh robot mesin pencari karena adanya broken link atau link rusak di suatu blog maka kualitas blog tersebut menjadi turun.

Broken link atau link, tautan rusak adalah sesuatu hal yang wajib di ketahui serta di hindari oleh segenap blogger, khususnya yang aktif dalam melakukan kegiatan blogging. Dengan mengetahui cara cek broken link dan solusinya ini segenap blogger di harapkan dapat lebih mampu memaksimalkan blog dan artikel yang di miliki untuk dapat tampil di halaman terbaik mesin pencari.

Broken link atau link rusak yang terjadi pada suatu artikel di dalam suatu blog cukup mempengaruhi kualitas blog dan artikel yang ada di mesin pencari. Akibat nya blog atau artikel yang terdapat broken link di dalamnya kurang mampu untuk dapat maksimal menghadapi persaingan dengan blog, artikel lain yang ada di serp google.

Cara Cek Broken Link dan Solusinya

Melalui artikel dengan judul cara cek broken link dan solusinya ini kami akan bagikan informasi yang insyaallah akan bermanfaat bagi segenap blogger yang ingin memaksimalkan blog yang sedang di kelolanya dengan cara mengetahui dan mengatasi permasalahan broken link.

Cara cek broken link


Di bawah ini cara ampuh dan mudah untuk memeriksa link rusak pada blog yang Anda miliki. Cara cek broken link yang di lakukan adalah dengan cara otomatis menggunakan bantuan situs online.

Note: Untuk melihat skrinsut lebih jelas silahkan lakukan klik 2 kali pada gambar tampilan.

1. Silahkan menuju halaman situs brokenlinkcheck.com. Tampilan situs seperti di bawah ini :

Cara Cek Broken Link dan Solusinya

2. Selanjutnya masukkan alamat blog/situs yang akan Anda cek. Tampilan skrinsut seperti di bawah ini :

Cara Cek Broken Link dan Solusinya

Selanjutnya klik pada tulisan Find broken links. Maka akan tampil halaman seperti skrinsut di bawah ini :

Cara Cek Broken Link dan Solusinya

Silahkan isi "Security Code" yang ada. Selanjutnya klik pada tulisan Find broken links now!. Tidak lama kemudian akan tampil skrinsut seperti di bawah ini :

Cara Cek Broken Link dan Solusinya

Done. Status completed. Blog/situs Anda telah berhasil di cek untuk masalah broken link.

Selanjutnya kita akan membahas tentang cara mengatasi masalah link rusak yang tadi kita temukan. Pada artikel tentang cara cek broken link dan solusinya ini kami menggunakan blog kami sendiri yakni XGados blog. Seperti telah kita lihat bersama dari skrinsut di atas telah di temukan 2 buah broken links dari 80 halaman blog yang telah di periksa.

Saat ini kita akan mencoba untuk membenahi atau mengatasi link rusak yang telah di temukan. cara mengatasi broken link seperti di bawah ini :

Solusi Mengatasi Broken Link

Setelah kita menemukan halaman blog/situs yang broken link nya maka langkah selanjutnya adalah mengatasi broken link tersebut. Kami akan meneruskan cara mengatasi broken link ini dengan menggunakan blog kami XGados. Simak penjelasannya seperti di bawah ini :

1. Dari halaman yang tertera seperti skrinsut di atas langsung saja kita klik tulisan src. Maka akan tampil halaman situs seperti skrinsut di bawah ini :

Cara Cek Broken Link dan Solusinya

Ok, kini Anda telah melihat tampilan halaman yang menerangkan di mana link rusak yang telah di temukan. Amati dengan teliti gambar merah yang ada pada skrinsut. Di situlah letak broken link berada. Setelah Anda temukan broken link tersebut Anda dapat menghapusnya atau merapihkannya seperti contoh yang kami lakukan pada broken link kedua yang di temukan di blog kami.


2. Selanjutnya silahkan masuk pada dashboard blogspot Anda. Ikuti letak broken link di mana broken link yang di temukan pada blog/situs yang Anda miliki berada. Pada kasus blog kami broken link berada di 2 tempat. Pertama letaknya di template dan post. Seperti tampilan skrinsut di bawah ini :

Cara Cek Broken Link dan Solusinya


Cara Cek Broken Link dan Solusinya

3. Silahkan benahi link broken yang ada di artikel atau di blog yang Anda miliki. Anda dapat menghapus link yang rusak tersebut atau membenahinya seperti yang kami lakukan.

4. Done.

Untuk memastikan broken link tidak ada lagi di artikel atau blog, situs yang kita miliki maka tidak ada salahnya setelah memperbaiki link broken yang telah di temukan tadi kita kembali melakukan cek broken link pada situs di atas kembali.

Setelah membenahi broken link pada blog XGados kami kembali melakukan cek broken link. Akhirnya broken link yang terdapat pada artikel dan blog yang kami miliki telah dapat teratasi. Hal ini di buktikan dengan telah hilangnya laporan broken link di situs brokenlinkcheck.com.

Tampilan broken link pada blog XGados yang telah kami perbaiki telah hilang seperti skrinsut di bawah ini :

Cara Cek Broken Link dan Solusinya

Demikian yang dapat kami informasikan tentang cara cek broken link dan solusinya. Jika artikel ini di rasa bermanfaat sharing artikel ini tentu akan membantu rekan-rekan lainnya. Terima kasih

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top