0
Cara membuat blog jual beli sebenarnya hampir sama saja dengan cara membuat blog/website untuk keperluan lain seperti misalnya jika Anda ingin membuat sebuah blog/website pribadi atau blog/website berita dan bisnis. Semuanya tergantung peruntukan blog/website di maksud.

Jika Anda ingin membuat sebuah blog tentang jual beli maka ada beberapa hal yang idealnya harus Anda perhatikan. Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah fitur-fitur yang harus ada di blog jual beli tersebut. Fitur sederhana tapi mencukupi kebutuhan atau sebuah fitur yang lengkap menurut pemikiran Anda harus di perhatikan agar blog jual beli tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Secara umum pembuatan blog banyak menggunakan platform blogspot dan wordpress. Kedua platform untuk pembuatan blog/website ini sama memiliki keterbatasan dan kekurangan. Sebagai informasi biaya untuk pembuatan blog/website dari platform blogspot tidak lah mahal. Untuk mempelajari nya sendiri pun tidak terlalu sulit walaupun tentu akan membutuhkan sedikit waktu.


Lain halnya jika Anda menggunakan platform wordpress untuk membangun sebuah blog/situs. Membuat blog/situs dengan menggunakan paltform wordpress berarti Anda harus mau untuk mengeluarkan sejumlah biaya. Tidak mahal sebenarnya hanya berkisar ratusan ribu saja.

Jika cara membuat blog/situs dengan platform wordpress belum Anda kuasai Anda dapat membuatnya di situs jasa pembuatan website. Harga yang di tawarkan relatif beragam. Umumnya berada di kisaran ratusan ribu hingga 1 jutaan.

Perlu juga kami sampaikan yang di maksud dengan membangun blog/situs dengan platform wordpress yang mengeluarkan biaya adalah membangun sebuah blog/situs dengan menggunakan platform wordpress.org. Sedangkan membangun sebuah blog/situs dengan menggunakan platform wordpress.com tidaklah di kenakan biaya.

Namun jika Anda membangun sebuah blog/situs dengan menggunakan platform jenis wordpress.com ini maka Anda tidak dapat melakukan monetisasi terhadap blog/situs yang Anda miliki. Jika pun di paksakan tidak akan dapat maksimal.

Jadi platform wordpress ada 2 yaitu platform wordpress.org dan wordpress.com. Jika Anda memiliki niat untuk membagun blog/situs yang akan mendatangkan penghasilan untuk Anda maka membangun sebuah blog/situs harus Anda lakukan dengan menggunakan platform wordpress.org bukan wordpress.com.

Hal terpenting dari kelebihan menggunakan platform blogspot adalah kemudahan nya untuk mengatur blog/website dan cara optimasi yang tidak terlalu sulit. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah karena platform blogspot di miliki perusahaan Google maka mesin penelusuran google memberikan semacam prioritas kepada blog/website yang menggunakan platform blogspot untuk dapat tampil di halaman penelusuran google dengan lebih baik.

Walaupun demikian platform blogspot memiliki cukup banyak kekurangan. Hal utama yang menjadi kekurangan platform blogspot ini adalah kurangnya terlihat profesional dari banyak sisi. Hal lain yang menjadi kekurangan platform blogspot adalah adanya keterbatasan penggunaan template yang ada hingga membatasi pemakaiannya.

Tidak kalah pentingnya bahkan ini adalah hal yang terpenting. Jika Anda membangun sebuah blog/website dengan menggunakan platform blogspot sejatinya blog/website tersebut belum lah menjadi milik Anda pribadi oleh karena nya selalu ada kemungkinan blog/website tersebut di hapus oleh google. Hal ini kami sampaikan bukan untuk menakut-nakuti tapi karena telah banyak terjadi.

Namun demikian jika penggunaan blog/website tersebut tidak melanggar terhadap kebijakan blogspot/google maka Anda tidak perlu khawatir. Blog/website yang Anda buat dengan menggunakan platform blogspot ini insyaallah akan tetap aman.

Berdasarkan pengalaman kami jika Anda benar-benar serius untuk membangun sebuah blog/website jual beli kami sangat merekomendasikan untuk Anda dapat membangun sebuah blog/website jual beli dengan menggunakan platform wordpress self hosted alias platform wordpress dengan menggunakan domain dan hosting sendiri yang di dapatkan dari menyewa di tempat/perusahaan penyewaan domain dan hosting.

Untuk lebih mudah memiliki sebuah blog jual beli Anda dapat memilikinya dengan menyewa jasa pembuatan website/blog. Cukup mahal memang jika Anda menggunakan jasa pembuatan blog/website. Jika Anda ingin mempelajari nya sendiri tentu saja juga dapat Anda lakukan walaupun tentu memerlukan waktu. Platform wordpress self hosted sendiri memang relatif lebih sulit untuk di pelajari jika di bandingkan dengan platform blogspot.

Tapi dengan menggunakan platform wordpress self hosted ini Anda akan memiliki kebebasan-kebebasan tersendiri sekaligus meraih keunggulan dengan kemampuannya membuat sebuah blog/website dengan tampilan yang lebih sempurna dan fitur-fitur lain yang dapat di maksimalkan.

Kelebihan platform wordpress seperti yang telah kami sebutkan di atas tidak di miliki oleh platform blogspot. Begitu pula sebaliknya. Keinginan dan kebutuhan Anda dalam membuat sebuah blog jual beli menentukan pilihan terhadap platform blogging mana yang akan Anda pilih.

So.. Keputusan tetap di tangan Anda. Apakah Anda akan membuat sebuah blog jual beli dengan menggunakan platform wordpress atau blogspot? Yang terpenting adalah jika Anda ingin berusaha, lakukan cepat dan jangan berfikir terlalu lama.

Demikian artikel tentang cara mudah membuat blog jual beli yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top