0
10 Negara maju penimbun hutang tertinggi ini dapat di ambil sebagai contoh bagaimana rapuhnya sebuah sistem keuangan yang di bangun oleh negara-negara yang mengklaim negara nya telah mencapai tingkat perekonomian lebih baik dari negara-negara lainnya.

10 Negara maju penimbun hutang tertinggi ini dapat di jadikan contoh bagaimana sistem keuangan yang negara maju ini gunakan tidak lah lebih baik daripada sistem keuangan yang di jalankan oleh pemerintahan negara kesatuan Republik Indonesia. Dari contoh 10 negara maju dengan hutang tertinggi ini idealnya negara kesatuan republik Indonesia dapat belajar dari mereka untuk dapat mengelola perekonomian bangsa dengaan lebih baik lagi.

Jika sistem keuangan yang di gunakan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak jauh berbeda dengan negara-negara maju namun memiliki tingkat hutang tinggi ini maka sebaiknya sistem keuangan negara kesatuan republik Indonesia idealnya harus di rubah sehingga tidak akan mengalami timbunan hutang seperti yang telah di alami 10 negara maju penimbun hutang tertinggi.

10 Negara Maju Penimbun Hutang Tertinggi

Sebagaimana telah di ketahui bahwa dalam dunia ekonomi sebuah negara yang berdaulat tak mungkin bisa maju tanpa membangun relasi dengan negara lain. Salah satu bidang yang dibangun adalah kerjasama ekonomi dengan skema pinjam-meminjam dana atau hutang.

Biasanya kemampuan negara untuk membayar hutang diperbandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) untuk menjaga tingkat proposionalitasnya dan tidak mengganggu keuangan negara.

Semua negara baik maju atau berkembang selalu memiliki hutang termasuk negara Indonesia. Nilai outstanding utang pemerintah pada akhir tahun 2015 di ketahui sebesar Rp 3.000 triliun atau sekitar US$ 223 miliar. Rasio utangnya masih 27% dari PDB jauh dari yang ditetapkan yakni sebesar 60%.
Bukan mensyukuri, namun pada kenyataannya, rasio utang Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya.

Filipina, Australia, dan Malaysia berada di atas Indonesia. Belum lagi bila menyebutkan negar-negara dengan kemajuan teknologi dan sektor industrinya yang tinggi seperti Jepang dan Amerika Serikat. Jadi, negara maju belum tentu bebas dari hutang.

Berikut di bawah ini kami berikan informasi tentang 10 negara maju dengan timbunan hutang tertinggi berdasarkan urutan tertinggi nilai hutangnya menurut rasio Produk Domestik Bruto (PDB).

10 Negara Maju Pemilik Hutang Tertinggi


1. Jepang
Rasio utang terhadap PDB:245,90%

2. Yunani
Rasio utang terhadap PDB: 196,95%

3. Italia
Rasio utang terhadap PDB: 133,11%

4. Portugal
Rasio utang terhadap PDB: 127,80%

5. Belgia
Rasio utang terhadap PDB: 106,75%

6. Amerika Serikat
Rasio utang terhadap PDB: 104,85%

7. Islandia
Rasio utang terhadap PDB: 100,63%

8. Singapura
Rasio utang terhadap PDB: 98,71%

9. Spanyol
Rasio utang terhadap PDB: 98,60%

10. Perancis
Rasio utang terhadap PDB: 97,09%

Demikian artikel tentang 10 negara maju penimbun hutang tertinggi. Jika di rasa bermanfaat bantu share informasi di dalam artikel ini untuk dapat di ketahui oleh orang lain. Terima kasih

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top