0
6 fakta tentang mandi yang wajib kamu ketahui ini kami bagikan kepada Anda agar Anda mendapatkan tambahan informasi dan pengetahuan tentang cara mandi yang benar guna memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh.

Sebagaimana telah di ketahui bahwa mandi adalah aktivitas menyegarkan. Bonusnya tubuh bersih dan harum. Preferensi orang soal mandi bisa berbeda. Bisa saja mandi adalah prioritas di negara tropis seperti Indonesia. Namun tidak di Eropa yang sejuk.

Hal ini pernah di buktikan Euromonitor lewat polling yang diikuti 6.000 konsumen dari seluruh dunia. Hasilnya, kebiasaan mandi berbeda-beda di banyak negara dan benua. Ternyata, orang-orang di Indonesia, Jepang, dan India adalah yang paling rajin mandi. Orang di Indonesia, khususnya, adalah yang paling banyak mandi menggunakan spons.


Dilihat dari aspek gender di beberapa negara, berdasarkan riset SCA membuktikan adanya perbedaan. Secara umum perempuan lebih sering mandi dari pria. Kecuali di Swedia, dimana pria cenderung lebih rajin mandi.

Apapun itu intinya mandi diperlukan untuk menghilangkan bau, debu, dan sel kulit mati. Selain menjaga kesehatan, kebersihan dan kerapian penampilan juga jadi tujuan. Menurut para pakar, Anda bisa saja memiliki pemahaman yang kurang tepat tentang mandi.

6 Cara Mandi Yang Benar Menurut Para Pakar


1. Frekuensi 
Menurut John Oxford, Profesor Virologi di Queen Mary's School of Medicine and Dentistry, Anda tidak disarankan terlalu sering mandi. Ini bisa menyebabkan minyak alami kulit yang membantu menjaga kelembapan dapat terkikis, kulitpun kering.

2. Durasi 
Saran dari Dr Anjali Mahto, konsultan dermatologis dan juru bicara British Skin Foundation, mandi tidak lebih dari 20 menit. Setelah itu jaga kelembaban kulit, pakailah lotion setelah mandi, saat pori-pori terbuka.

3. Sabun 
Dr Robyn Chutkan dari Digestive Center for Women, Maryland juga menyarankan Anda rajin mencuci tangan. Sebisa mungkin dengan air hangat, selama 20 detik. Ini akan mengusir virus dan bakteri. Anda tidak perlu memakai cairan pembersih tangan.

Sementara itu menurut Dr Mahto, kulit Anda menipis seiring usia. Jadi kurangi penggunaan sabun bertahap untuk menghindari kulit kering mengelupas.

4. Pancuran 
Selain harus berhati-hati menggunakan pancuran, gunakanlah wastafel untuk membersihkan wajah. Pakar perawatan kulit Kaye Scott bilang cipratan air keran wastafel dapat membantu menutup pori-pori dan merangsang sirkulasi.

5. Penggosok tubuh 
Menurut Dermatologis, Sam Bounti sel kulit mati bisa menempel di loofah atau pouf. Bersihkan dengan cara basahi, masukkan ke microwave 30 sampai 60 detik. Atau cuci dengan mesin dan keringkan. Simpan di tempat terbuka.

6. Keramas 
Panasnya air dan menggosok kulit kepala terlalu keras akan mengaktifkan kelenjar sebaceous. Menurut Andrew Barton, penata rambut di Urban Retreat, Harrods ini membuat rambut berminyak. Lebih baik Anda menggunakan air suam-suam.

Demikian artikel tentang 6 fakta tentang mandi yang harus wajib kamu ketahui. Jika di rasa bermanfaat bantu share agar orang lain dapat mengetahui informasi in. Terima kasih

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top