0
Halo selamat pagi semua

Tema internet marketing, definisi dan manfaatnya akan kita bahas saat ini. Sebuah tema yang sepertinya tidak akan ada habis-habisnya untuk di bahas selama dunia terkembang dan teknologi internet masih ada.

Semoga pembahasan tentang dunia marketing ini dapat memberikan informasi yang cukup akurat dan komprehensif untuk anda semua.

Oke kita lanjutkan..

Internet Marketing. Definisi dan Manfaatnya

Cukup banyak diantara kita para pemula yang ingin menekuni dunia bisnis online belum memahami secara utuh apa yang dimaksud dengan internet marketing.

Masih cukup banyak kerancuan dalam pikiran segenap para pemula yang memiliki niat untuk mencari penghasilan online tentang dunia internet marketing. Hal ini cukup sering terdengar.

Padahal mengetahui secara tepat akan arti dari istilah internet marketing berikut manfaatnya adalah sangat penting guna mengurangi kesalahan pola fikir, mindset dalam mencari penghasilan di ranah online.

Sebenarnya definisi dari istilah internet marketing sangat sederhana. Terlalu banyaknya informasi, load information, yang di dapat membuat pengetahuan dasar tentang hal ini menjadi rancu dan bias.

Secara sederhana dapat kami sampaikan bahwa yang dimaksud denga istilah internet marketing adalah suatu proses penjualan, jualan, yang dilakukan secara online dengan bantuan saran internet.

Istilah internet marketing yang berarti pemasaran atau penjualan yang di lakukan di internet biasa saja, normal saja, tidak ada ubahnya dengan dengan pemasaran atau penjualan yang di lakukan di dunia offline.

Yang membedakan keduanya adalah bahwa dunia internet marketing adalah sebuah dunia penjualan dimana hal tersebut dilakukan di ranah maya dengan sarana internet sebagai sarana utama. Sementara pemasaran atau penjualan secara offline di lakukan dengan cara konvensional dengan menggunakan berbagai macam cara seperti memasang spanduk, menyebarkan brosur, door to door dan lain sebagainya.

Jadi sangat sederhana sekali, bahwa yang dimaksud dengan internet marketing atau dunia digital atau bisnis online adalah proses pemasaran, penjualan, jualan yang dilakukan dengan bantuan teknologi yang bernama internet.

Jadi inti dari pada definisi Digital marketing, inti dari pada internet marketing, inti dari pada bisnis online adalah suatu kegiatan pemasaran atau penjualan yang dilakukan di ranah maya, di ranah online dengan bantuan sarana internet. Itu saja. kata kuncinya hanya 2. Pemasaran dan Internet.

Dari definisi sederhana tentang istilah internet marketing di atas kita dapat lebih jelas mengetahui, sekaligus memahami bahwasanya dunia internet marketing adalah sebuah dunia pemasaran, penjualan yang di lakukan secara online.

Sedangkan inti dari dunia internet marketing adalah penjualan, jualan. Tidak ada yang aneh, tidak neko-neko. Sekali lagi kami sampaikan bahwa inti dari kegiatan internet marketing adalah penjualan, jualan. Tidak ada kata yang lain Intinya fokus pada kata penjualan.

Lalu bagaimana cara melakukan pemasaran atau penjualannya? Cara melakukan pemasaran atau penjualannya di lakukan dengan menggunakan sarana internet.

Perlu dipahami bahwa dunia internet marketing adalah dunia yang sangat luas. Ranah online adalah ranah yang sangat luas. Saling terkoneksi nya satu komputer dengan komputer lainnya di berbagai belahan dunia menimbulkan hubungan koneksi yang sangat luas di antara penggunanya.

Sebagai contoh kita yang berada di negara yang belum cukup maju bila terhubung dengan internet kita dapat berhubungan dengan orang lain di seluruh penjuru dunia yang telah maju. Itulah hebatnya, itulah dahsyatnya, kemajuan zaman khususnya dengan adanya teknologi internet. Dengan internet kita dapat berhubungan dengan siapa saja di belahan muka bumi ini secara online, real time.

Selanjutnya kita bicara tentang manfaat internet marketing.

Setelah kita mengetahui tentang definisi dari istilah internet marketing selanjutnya kita akan membahas lebih detail tentang bagaimana manfaat internet marketing bagi segenap pebisnis online dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa dunia internet marketing adalah dunia pemasaran online. Kelebihan dunia pemasaran online adalah mampu menciptakan, mampu membuka pasar yang lebih luas untuk segala jenis produk dan jasa.

Bilamana kita telah memiliki sebuah produk atau jasa kita dapat menjual produk dan jasa tersebut ke seluruh penjuru dunia tanpa batas.

Jika selama ini produk dan jasa yang kita miliki kita jual di ranah offline hanya terbatas di satu tempat saja, hanya terbatas di suatu daerah saja, hanya terbatas di satu negara saja, maka dengan bantuan teknologi internet proses pemasaran, penjualan produk dan jasa yang kita miliki dapat kita lakukan dengan lebih luas.

Penjualan di ranah online yang kita lakukan dapat menjadi luas, sangat luas, tidak hanya mencakup satu daerah saja, satu kota atau negara. Tetapi dapat meliputi seluruh negara yang ada di dunia.

Lalu hal apa selanjutnya yang dapat kita lakukan? Kembali kepada pembahasan di awal, jangan lupakan bahwasanya inti dari pada internet marketing adalah penjualan. Di mana proses penjualan tersebut dilakukan secara online.

Dengan memahami inti daripada istilah internet marketing, Digital marketing, atau bisnis online, maka melakukan usaha pemasaran, penjualan, melakukan bisnis di ranah online fokusnya adalah pada kata jual, menjual atau penjualan.

Jadi apa yang dilakukan dalam dunia internet marketing, bisnis online, maupun Digital marketing pada dasarnya sama dengan apa yang dilakukan di ranah offline yaitu jualan, menjual, penjualan.

Dalam hal pemasaran, penjualan yang kita lakukan di ranah online dapat kita lakukan dengan menggunakan berbagai macam cara.

Setidaknya ada empat cara yang dapat kita lakukan untuk memasarkan, menjual produk dan jasa yang kita miliki di ranah online.

1.  Kita dapat membuat sebuah situs atau blog untuk menampilkan karya kita, untuk menampilkan produk atau jasa yang kita miliki untuk dapat kita jual.

2. Kita dapat membuat akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya. Di mana kita dapat melakukan promosi di dalamnya.

Promosi di lakukan dalam rangka memperkenalkan produk atau jasa yang kita miliki untuk dapat diketahui dan dibeli orang.

3. Kita dapat membuat akun di website website e-commerce. Selanjutnya kita dapat menampilkan produk dan jasa kita di platform e-commerce tersebut.

Diantara cukup banyaknya situs yang menghususkan diri untuk menjadi tempat atau media penjualan adalah situs amazon, Bukalapak, dan Tokopedia.

Anda dapat mempromosikan seluruh produk dan jasa yang anda miliki di sana.

Tapi bagaimana kalau seandainya kita belum memiliki produk atau jasa yang sekiranya dapat dijual.

Tidak perlu khawatir. Teknologi internet menawarkan begitu banyak kemudahan kepada Anda untuk dapat menjual produk dan jasa yang tidak kita miliki.

Bilamana anda tidak atau belum memiliki suatu produk atau jasa anda tetap dapat melakukan pemasaran, penjualan dalam ranah Digital marketing dengan membantu menjualkan, memasarkan, mempromosikan, produk atau jasa yang orang lain miliki.

Istilah membantu memasarkan produk atau jasa orang lain ini di kenal juga dengan nama sistem afiliasi dan pelakunya di sebut afiliater. Bahasa umumnya adalah agen, makelar atau calo.

Anda tidak perlu khawatit sulit untuk menemukan di mana Anda dapat membantu menjualkan produk atau jasa orang lain.

Cukup banyak website yang menawarkan cara, sistem afiliasi, seperti ini diantaranya adalah amazon dan Lazada. Cukup dengan mengunjungi kedua website di atas maka Anda telah memiliki produk atau jasa yang dapat Anda bantu promosikan.

Ok, demikian yang dapat kami sampaikan informasi tentang internet marketing definisi dan manfaatnya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk anda semua.

Jika ada saran, kritik dan pendapat tentang dunia internet marketing silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top