0
Ok sahabat semua pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas tentang update algoritma Google terbaru di tahun 2018.

Dimana update algoritma Google terbaru tahun 2018 ini menciptakan sesuatu yang sangat-sangat baru bahkan menjadi sesuatu yang cukup mengkhawatirkan bagi segenap blogger yang aktif menekuni dunia blogging.

Hasil update algoritma terbaru tersebut ternyata dapat mengakibatkan turunnya peringkat sebuah blog atau website yang dimiliki oleh seorang blogger di mesin pencari Google.

Sehingga akibatnya pengunjung blog yang tadinya relatif bagus dimiliki oleh segenap blogger menjadi menurun dengan cukup signifikan.

Ok, sejatinya update algoritma Google terbaru ini sudah di buat atau di-update pada tahun 2017 akhir tepatnya di bulan Desember 2017.

Hanya saja entah kenapa update algoritma Google ini masih terasa bahkan sangat terasa sampai pada saat artikel ini kami tulis di bulan Maret tahun 2018.


Di mana hasil dari update algoritma terbaru ini sampai pada tahapan cukup mengkhawatirkan segenap blogger termasuk kami.

Di mana update artikel yang baru di buat cukup sulit untuk dapat tampil di halaman mesin pencari.

Jangankan untuk dapat tampil di halaman pertama mesin pencari. Artikel baru yang di buat tersebut tidak lagi menjadi cepat terindex oleh mesin pencari

Jika sebelumnya dalam hitungan jam bahkan menit sebuah artikel baru dengan isi, konten original dan cukup menarik dapat tampil dengan mudah di halaman mesin pencari.

Tapi sejak update algoritma gioglr terbatu yang sepertinya terus menerus di lakukan okeh google tanpa melakukan pemberitahuan kepada segenap webmaster membuat artikel baru yang di terbitkan tidak cukup cepat untuk dapat terindex di mesin pencari.

Sekalipun artikel tersebut original dan menarik juga telah di submit ke mesin pencari seperti melalui alat webmaster google.com.

Kejadian seperti ini entu saja merupakan sesuatu yang sangat merugikan bagi segenap blogger.

Mengapa demikian? Ya,  dengan adanya kesulitan tampilnya sebuah artikel baru yang telah dibuat di mesin pencari maka kemungkinan sebuah artikel untuk dapat ditemukan dan dibaca dengan cepat oleh segenap pengunjung internet pada suatu blog menjadi tidak mungkin sifatnya.

Pada akhirnya artikel baru tersebut seakan tida dapat menjadi sesuatu aset yang berharga pada sebuah blog jika tampilnya sebuah artikel baru harus melewati waktu yang lama.

Artikel yang dibuat, yang telah disusun sedemikian rupa oleh segenap para blogger, di dalamnya melakukan penelitian tentang kira-kira dimana atau mana keyword atau kata kunci yang biasanya akan mampu menarik pengunjung dari mesin pencari, menuliskannya dengan susunan kata dan kalimat yang cukup baik sampai kepada memasukkan gambar yang cukup relevan dengan artikel yang telah ditulis hingga saat mempublikasikan sebuah artikel yang di buat membutuhkan waktu tapi ternyata masih membutuhkan waktu juga untuk dapat terindex oleh mesin pencari Google dengan baik.

Lamanya proses index artijel baru sejak update algoritma google ini dapat terjadi berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu seperti yang kami alami.

Upaya mengatasi hal tersebut seperti dengan memasukkan artikel ke dalam google webmaster, fetch as google, bahkan dengan cara mengedit ulang artikel telah kami lakukan namun artikel yang baru kami buat tersebut belum juga dapat terindex mesin pencari google.

Dengan adanya update algoritma Google terbaru tahun 2018 ini kesulitan dalam membuat artikel tersebut ke semuanya itu seakan menjadi sesuatu yang sia-sia. Walaupun tentu saja tidak ada hal yang sia-sia.

Ok, Kembali kepada judul artikel kita saat ini tentang update algoritma Google terbaru tahun 2018 kita sekarang akan coba mencari tahu nama apa yang Google berikan untuk update algoritmanya saat ini.

Jika update algoritma Google sebelumnya diberikan nama semacam nama-nama hewan seperti google Panda dan nama burung seperti Humming Bird saat ini update algoritma terbaru dari Google diberikan nama Fred.

5 Perubahan Update Algoritma Google Fred


Selanjutnya kita akan membahas kira-kira seperti apakah update algoritma Google terbaru tahun 2018 yang bernama atau yang diberi nama Fred ini.

Dari apa yang kami ketahui setidaknya ada 5 hal yang menjadi perhatian Google dalam update algoritma terbarunya ini.

1. Link atau tautan
2. Keyword atau kata kunci dari sebuah social media
3. Sulitnya artikel baru terindex mesin pencari
4. Deskripsi artikel
5. Tag atau Label

Selanjutnya kita akan membahas tentang hal yang pertama yaitu link atau tautan, baik yang ada di dalam suatu blog maupun yang menuju ke blog lain adalah sesuatu yang sangat penting sifatnya. Hal demikian adalah merupakan suatu penerapan seo, search engine optimization, yang baik.

Link atau tautan yang berada di dalam sebuah blog disebut juga sebagai internal link atau inbound di mana biasanya link ini menuju artikel-artikel sebelum artikel terbaru tersebut dibuat. Link inbound juga dapat di terima oleh sebuah blog atau situs dari sebuah blog atau situs yang menuliskan alamat blog atau situs yang kita miliki.

Sebuah link atau tautan yang menuju artikel ini juga biasa disebut sebagai related links. Menggunakan cara ini juga termasuk implementasi dari search engine optimization on page.

Selanjutnya adalah tentang link atau tautan menuju ke blog lain atau ke sebuah website lain link ini disebut sebagai external link atau outbound link.

Link keluar ini dapat juga dikatakan sebagai salah satu cara Seo offpage, juga biasa di sebut sebagai backlink. Di mana link ke luar dari sebuab blog ke dalam blog lain menandakan atau akan di anggap oleh mesin pencari bahwa blog tersebut menjadi sumber referensi, rekomendasi bagi blog yang memberikan tautan link keluar.

Yang artinya sebuah link yang ada pada suatu blog baik yang ada di dalam suatu blog maupun link keluar yang berkaitan dengan suatu artikel adalah cara optimasi agar sebuah artikel mampu mendapatkan perhatian mesin pencari untuk dapat tampil di halaman pencarian dengan lebih baik.

Jika dulu sebelu algiritma ggogle Fred, update algoritma Google terbaru tahun 2018 ini berlaku sebuah link internal maupun link eksternal belum menjadi sesuatu yang dianggap sangat penting bagi mesin pencari.

Maka melalui update algoritma Google terbaru di tahun 2018 ini hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting.

Buktinya adalah bahwa sebuah blog yang memiliki link ke dalam maupun link keluar namun tidak cukup memiliki tingkat relevansi yang tinggi dalam sebuah artikel maka artikel tersebut tidak akan mampu untuk tampil di halaman terbaik mesin pencari.

Update algoritma Google terbaru ini menjadikan tingkat relevansi sebuah link di dalam sebuab blog menjadi hal yang sangat menjadi perhatian google.

Oleh karenanya kepada segenap rekan-rekan blogger kami informasikan bahwa pembuatan internal link maupun outlink yang relevansinya tinggi pada artikel yang kita buat adalah menjadi suatu keniscayaan.

Tanpa itu maka artikel yang kita buat tidak akan mendapatkan perhatian yang cukup baik oleh mesin pencari Google.

Selanjutnya tentang keyword, kata kunci, yang ada di dalam sebuah akun sosial media seperti Facebook Twitter atau Instagram.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwasannya cukup banyak sumber pengunjung yang dapat kita usahakan untuk membuat sebuah blog di datangi oleh pengunjung. Dua diantaranya adalah dari hasil mesin pencari maupun sosial media.

Yang akan kita bahas kali ini adalah tentang sebuah keyword, kata kunci,  yang ditaruh oleh segenap blogger di dalam sebuah akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya untuk menjadikan atau membuat kata kunci tersebut dapat membantu sebuah artikel yang ada di mesin pencari menjadi lebih kuat posisinya di persaingan halaman mesin pencari.

Jika dulu sebelum Fred, update algoritma Google terbaru tahun 2018 ini hal tersebut sepertinya tidak menjadi sesuatu yang cukup penting bagi penilaian mesin pencari Google.

Maka saat ini dengan adanya Fred, update algoritma google terbaru hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting sifatnya.

Walaupun memang jika kita mau menguliti, menelisik sedikit lebih dalam memang ada yang namanya penulisan keyword atau kata kunci ke dalam sebuah akun sosial media menunjukkan indikasi adanya kecurangan oleh pemilik artikel.

Mengapa dapat di katakan demikian? Karena memang seharusnya hanya ada dua tipe pengunjung saja, yakni pengunjung organik dan Penghujung referrer dan keduanya mestinya terlihat dengan jelas, oleh mesin pencari google ketika seorang pengunjung mengunjungi sebuah blog.

Tapi dengan adanya cara seperti ini, menulis sebuah keyword atau kata kunci di sosial media, yang seharusnya pengunjung tersebut merupakan pengunjung refferal dari situs sosial media menjadi bias karena pengunjung tersebut akan berubah menjadi pengunjung organik di mata mesin pencari google.

Tentu saja hal ini dapat membuat sebuah artikel yang tidak cukup relevan dengan apa yang ingin di cari oleh pengunjung menjadi kuat di mata mesin pencari google.

Hingga pengunjung tersebut melakukan klik dan mengunjungi blog tersebut walau mungkin berakhir dengan rasa kecewa karena informasi yang di carinya tidak ada di sana.

Hal ini akhirnya dapat merugikan calon pengunjung blog yang mencari informasi langsung dari mesin pencari.

Hal demikian kiranya menjadi perhatian Google yang cukup penting, bahkan sangat penting dalam update algoritma google terbaru Fred di tahun 2018 ini.

Di sisi yang lain bagi para blogger kebijakan ini sedikitnya tentu akan merugikan.

Penulisan sebuah kalimat atau kata kunci di sosial media yang di lakukan merupakan salah satu cara yang di gunakan untuk dapat menjadikan sebuah artikel menjadi lebih kuat posisinya di mesin pencari. Dengan adanya kebijakan pembaruan algoritma mesin pencari google maka hal tersebut tidak lagi dapat dilakukan.

Yang ketiga imbas dari adanya update algoritma google terbaru,  Fred adalah sulitnya artikel baru untuk dapat terindex di halaman mesin pencari.

Yang keempat adalah bahwa dalam update algoritma google terbaru tahun 2018 Fred ini deskripsi dari sebuah artikel di jadikan sebagai salah satu pertimbangan mesin pencari google untuk menempatkan sebuah artikel di halaman mesin pencari.

Jika sebelumnya hal ini seperti tidak terlalu penting maka dalam perubahan algoritma google terbaru Fted deskripsi yang di buat dalam sebuah artikel menjadi cukup penting sebagai tambahan penguat sebuah artikel dapat tampil lebih baik di halaman mesin pencari.

Perubahan terakhir yang di bawa oleh pembaharuan algoritma google saat ini menurut kami adalah Tag atau Label.

Jika sebelum pembaharuan algoritma tag atau Label belum menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting bagi mesin pencari google tapi setelah pembaharuan algoritma saat ini sebuah tag atau label dalam suatu artikel menjadi salah satu faktor pendorong yang cukup signifikan untuk membuat sebuah artikel mampu berada di halaman pencarian google dengan posisi halaman pencarian terbaik.

Pembaruan algoritma google terbaru tahun 2018 yang di katakan sebagai update minor oleh pihak google bukannya tanpa alasan.

Dari beragam alasan yang mungkin membuat pihak google melakukan update algoritma saat ini menurut kami adalah adanya cukup banyak blog bersifat otomatis, auto blog, yang dapat melakukan update artikel dengan cepat menggunakan cara mengambil, mencuri, artikel-artikel dari blog lain. Blog otomatis seperti ini biasa di sebut sebagai blog AGC, Auto Generate Content.

Dengan cara demikian maka secara otomatis akan terjadi banyak duplikat artikel di dalam mesin pencari.

Di mana semakin banyak blog AGC maka akan semakin banyak pula artikel orisinil yang di ambil maka akan semakin banyak pula artikel duplikat dapat terjadi.

Hal ini tentunya akan berimbas kepada pengalaman pengunjung blog, selain tentunya akan merugikan blog-blog yang artikelnya di ambil tanpa izin oleh blog-blog AGC.

Dengan demikian dapat kita simpulkan sebagaimana update algoritma google sebelumnya bahwa tujuan dari update algoritma google terbaru Fred tahun 2018 ini di buat untuk kepentingan setiap calon pengunjung blog yang akan datang melalui mesin pencari.

Untuk meningkatkan kualitas pencarian di halaman mesin pencari dan memberikan pengalaman terbaik bagi segenap pengunjung mesin pencari google adalah tujuan google melakukan update algoritma google terbaru tahun 2018 saat ini

Ok, demikianlah yang dapat kami informasikan tentang adanya pembaruan algoritma mesin pencari google.

Setidaknya 5 hal tersebut yang dapat kami simpulkan dari adanya perubahan yang ada sejak berlakunya update algoritma Google terbaru tahun 2018.

Adapun hal yang kami, demikian pula rekan blogger yang lain, rasakan paling terberat adalah adanya kesulitan sebuah artikel baru ntuk dapat terindex dengan cepat seperti masa-masa sebelum Update Google agar algoritma terbaru tersebut berlaku.

Jika sebelum adanya update algoritma google terbaru ini artikel dapat terindex dengan cepat hanya dalam hitungan jam bahkan menit. Sementara saat ini artikel terbaru baru muncul di mesin pencari setelah beberapa hari.

Semoga saja efek dari pembaruan algoritma ini dapat segera berlalu. Aamiin..

Informasi terbaru yang kami dapatkan bahwa update algoritma google terbaru di tahun 2018 ini adalah update pelengkap dari update Google Fred dan bukan semata update algoritma google fred sebelumnya.

Nama update algoritma google terbaru di tahun 2018 ini bernama google brain. Mana yang benar? apakah update ini masih memiliki keterkaitan dengan update google Fredi sebelumnya atau memang update benar-benar update terbaru?? Kami rasa hanya Google dan Tuhan yang tau

Yang kami tau adalah bahwa saat ini pihak google sering melakukan pembaharuan algoritma tanpa memberikan informasi sebelum atau sesudahnya.

Cukup banyak dampak yang kita rasakan. Mungkin juga seperti tidak dapatnya kita melakukan pencarian kata kunci melalui mesin pencati google beberapa waktu ini karena adanya update algoritma google terbaru tahun 2018.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel tentang update algoritma google terbaru tahun 2018 ini dapat bermanfaat.

Jika rekan-rekan memiliki pendapat lain tentang update algoritma google terbaru ini dengan senang hati kami akan menerimanya. Salam sukses

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top