0
Cara optimasi seo pada blog mutlak di lakukan oleh segenap blogger jika seorang blogger ingin mendapatkan pengunjung yang cukup. Baik pengunjung yang datang dari search engine maupun secara langsung.

Cara optimasi seo pada blog harus di upayakan senatural mungkin agar robot mesin pencari mau menjadikan artikel yang di buat dalam sebuah blog ramah search engine.

Cara optimasi seo untuk blog sebenarnya cukup sederhana. Hanya ada 2 cara secara garis besar yang harus di lakukan oleh segenap blogger untuk dapat menjadikan suatu blog ramah terhadap mesin pencari.

Cara optimasi seo pada blog

Namun demikian untuk dapat menjadikan suatu blog ramah mesin pencari tidak lah semudah yang di bayangkan. Dari 2 hal utama cara seo yang harus di lakukan di dalamnya meliputi cukup banyak hal. Di bawah ini kami jelaskan untuk anda.

2 Cara Optimasi SEO Pada Blog


Untuk mampu mendapatkan pengunjung ke dalam suatu blog cukup banyak raham cara yang dapat di gunakan. Namun pada dasarnya cara optimasi blog hanya terbagi atas 2 bagian saja.

Untuk mengetahui lebih lanjut kami akan bagikan informasi tentang 2 cara optimasi seo pada blog untuk anda.

1. SEO Onpage
SEO onpage adalah sebuah cara optimasi blog dengan melakukan pemaksimalan terhadap blog itu sendiri. Secara sedeehana yang di maksud dengan cara SEO onpage adalah dengan membuat sebuah blog dengan semaksimal mungkin.

Contohnya seperti:
1. Tema/Niche
Sebuah blog harus memiliki tema/niche yang jelas di dalamnya. Jika suatu blog akan membahas sebuah tema seperti tentang smartphone maka mulai lah untuk membuat nama blog yang berhubungan dengan tema/niche yang akan di bahas di dalam blog tersebut.

2. Blog lama
Jika mungkin pilih lah sebuah nama blog yang telah cukup lama eksis di internet dengan predikat yang cukup baik di mata google dan cukup aktif. Biasanya untuk memudahkan nama blog jenis ini dapat di lihat dari DA/PA nya.

Yang di maksud dengan DA adalah Domain Authority dan PA adalah Page Authority.

Domain Authority adalah sebuah nama blog yang di anggap telah memiliki cukup otoritas atau blog yang di anggap cukup baik di mata mesin pencari seperti google misalnya. Sementara Page Authority adalah sebuah halaman di dalam sebuah blog yang di anggap oleh mesin oencari relatif lebih baik dari halaman-halaman lain dari sebuah blog.

DA dan PA adalah tidak sama tapi memiliki hubungan yang saling menguatkan untuk sebuah blog agar blog tersebut dapat menjadi ramah mesin pencari.

Dapat memiliki sebuah blog yang memiliki DA/PA yang cukup besar adalah suatu keuntungan. Walaupun tentu saja blog baruboun tetap dapat memiliki kesempatan yang untuk dapat menarik perhatiab mesin pencari.

3. Nama Blog
Nama sebuah blog yang baik dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian mesin pencari. Semakin relevan nama suatu blog dengan tema bahasan yang ada di dalamnya maka suatu blog memiliki kesempatan untuk dapat meraih perhatian mesin pencari seperti google.

Sebagai contoh jika sebuah blog, misalnya akan membahas tentang topik smartphone atau teknologi maka menyisipkan kata smartphone atau teknologi atau bahkan nama yang lebih spesifik lagi dapat membantu sebuah blog untuk meraih perhatian mesin pencari.

4. Url Saling Terkait
Url adalah sebuah link atau tautan. Untuk dapat menciptakan sebuah blog yang baik di mata mesin pencari maka sebuah blog melalui artikel dan atau halaman-halamannya terhubung dengan baik melalui link atau tautan dari blog itu sendiri.

5. Update Rutin
Tidak ada cara yang lebih baik dari SEO Offpage selain untuk terua mengusahakan sebuah blog dapat melakukan update artikel secara rutin.

Perlu di pahami bahwa selurih mesin pencati selalu merayapi situs-situs yang ada di dunia ini. Situs-situs yang memiliki update rutin di dalam blognya secara rutin secara umum akan mendapatkab perhatian lebih besar dari mesin pencari.

Biasanya bagi segenap blogger melakukan update rutin artikel ke dalam suatu blog adalah kesulitan yang paling utama. Namun jika ingin memiliki suatu blog yang ramah mesin pencari update artikel adalag sesuatu yang mutlak harus di lakukan.

Update artikel rutin di dalam suatu blog tidak saja menjadi perhatian mesin pencari melainkan pengunjung blog. Karenanya mengusahakan untuk selalu dapat melakukan update pada pada blog adalah suatu keniscayaan yang harus di lakukan.

2. SEO Offpage
SEO Offpage adalah sebuah cara optimasi seo pada blog yang berhubungan dengan pihak luar. Secara sederhana seo offpage dapat di gambarkan sebagai sebuah cara untuk membuat blog lebih di kenal oleh mesin pencari maupun calon pengunjung dengan melibatkan pihak-pihak di luar blog itu sendiri.

Secara garis besar dapat kami gambarkan bahwa seo onpage meliputi hal-hal sebagai berikut:
1. Link atau tautan ke dalam Blog
Secara umum yang di maksud dengan cara seo offpage adalah sebuah cara yang di lakukan untuk mendapatkan semacamnya rekomendasi baik itu dari mesin pencari maupun para pengunjung yang telah datang ke dalam suatu blog.

Rekomendasi tersebut dapat di terima melalui berbagai macam cara seperti adanya sebuah link atau tautan dari sebuah blog atau situs lain dan atau atau dari sosial media.

2. Promosi
Cara SEO offpage selanjutnya adalah dengan cara promosi. Yang artinya blog yang anda miliki, kelola di promosikan ke berbagai arah melalui berbagai sarana. Seperti dengan menaruh link blog di profile akun sosmed, di iklan secara online maupun offline.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang cara optimasi SEO pada blog saat ini. Insyaallah dalam kesempatan lainnya kami akan memberikan informasi lebih lanjut.

Jika rekan-rekan merasa terbantu dengan artikel ini silahkan share artikel ini agar semakin banyak rekan lain yang mengetahui.

Jika ada saran, kritik dan pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar. Insyaallah kami akan segera menanggapi. Terima kasih

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top